Lolos ke BWF World Tour Final, 5 Prestasi Terbaik Fikri/Bagas di 2023

Belum meraih gelar tahun ini

Indonesia memastikan satu wakilnya lolos ke BWF World Tour Final 2023. Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana meraih satu tiket terakhir di sektor ganda putra pada turnamen yang akan digelar di Hangzhou, China, tersebut.

Meski belum meraih gelar apa pun sepanjang turnamen BWF 2023, Fikri/Bagas sempat beberapa kali menjadi runner-up tahun ini. Berikut deretan prestasi terbaik Fikri/Bagas di tahun 2023.

1. Runner-up Orleans Masters 2023

Lolos ke BWF World Tour Final, 5 Prestasi Terbaik Fikri/Bagas di 2023Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (pbsi.id)

Mendapatkan hasil yang kurang maksimal di beberapa turnamen terakhir yang diikutinya, Fikri/Bagas akhirnya bisa menembus babak final pada turnamen Orleans Masters 2023. Fikri/Bagas merupakan pasangan unggulan ketiga pada turnamen BWF super 300 tersebut. Sayangnya, ganda putra andalan Indonesia ini gagal meraih gelar.

Fikri/Bagas takluk atas pasangan China, Chen Bo Yang/Liu Yi pada laga final yang berlangsung di Prancis tersebut. Ganda putra Indonesia takluk dua set langsung dengan skor 19-21 dan 17-21 dalam durasi 43 menit. Ini menjadi kekalahan pertama Fikri/Bagas atas pasangan yang kala itu bermain dari babak kualifikasi.

2. Runner-up Thailand Open 2023

Lolos ke BWF World Tour Final, 5 Prestasi Terbaik Fikri/Bagas di 2023Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (pbsi.id)

Fikri/Bagas kembali lolos ke babak final pada turnamen Thailand Open 2023. Rangkaian turnamen BWF super 500 ini digelar di Bangkok, Thailand, pada 30 Mei sampai 4 Juni 2023. Fikri/Bagas yang merupakan pasangan nonunggulan sukses menembus laga final dan berhadapan dengan ganda putra China, Liang Wei Keng/Wang Chang.

Sayangnya, Fikri/Bagas gagal mengatasi perlawanan yang kala itu berstatus pasangan unggula ketiga di turnamen tersebut. Ganda putra andalan Indonesia ini kalah dua set langsung dengan skor 10-21 dan 15-21 dalam durasi 28 menit. Pertandingan ini merupakan pertemuan pertama bagi kedua pasangan pada ajang turnamen BWF.

Baca Juga: 9 Update Peringkat Ganda Putra Dunia Usai China Masters 2023

3. Runner-up Denmark Open 2023

Lolos ke BWF World Tour Final, 5 Prestasi Terbaik Fikri/Bagas di 2023Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (pbsi.id)

Memasuki turnamen Eropa, Fikri/Bagas langsung membuat kejutan dengan melaju ke babak final Denmark Open 2023. Pasangan Indonesia ini bukan pasangan unggulan pada turnamen BWF super 750 tersebut. Sebelumnya, Fikri/Bagas menangi perang saudara atas Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang saat itu merupakan unggulan pertama melalui pertarungan tiga set di semifinal.

Fikri/Bagas harus melawan ganda putra terbaik Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang merupakan unggulan kelima. Sayangnya, pasangan Indonesia kembali tanpa gelar karena kalah dua set langsung dengan skor 13-21 dan 17-21. Duel ganda putra di babak final ini berlangsung selama 33 menit.

4. Runner-up French Open 2023

Lolos ke BWF World Tour Final, 5 Prestasi Terbaik Fikri/Bagas di 2023Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (instagram.com/badminton.ina)

Gagal di Denmark Open 2023, Fikri/Bagas kembali melesat ke babak final pada turnamen French Open 2023 yang digelar sepekan kemudian. Ini merupakan final keempat Fikri/Bagas sepanjang tahun 2023. Sayangnya, ganda putra Indonesia satu ini belum juga pecah telur dan kembali harus puas menjadi runner-up pada turnamen BWF super 750 tersebut.

Fikri/Bagas gagal mengatasi perlawanan pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, yang saat itu berstatus pasangan unggulan ketujuh. Ganda putra Indonesia ini kalah melalui pertarungan tiga set dengan skor 14-21, 21-10, dan 18-21 dalam durasi 1 jam 2 menit. Dengan hasil ini, Fikri/Bagas gagal menyumbangkan gelar kedua bagi Indonesia setelah sebelumnya Jonatan Christie sukses meraih gelar di sektor tunggal putra.

5. Semifinal Thailand Masters 2023

Lolos ke BWF World Tour Final, 5 Prestasi Terbaik Fikri/Bagas di 2023Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (pbsi.id)

Fikri/Bagas berhasil melaju ke semifinal atau babak empat besar Thailand Masters 2023. Saat itu, ganda putra andalan Indonesia ini berstatus pasangan unggulan ketiga pada turnamen BWF super 300 tersebut. Sayangnya, langkah Fikri/Bagas terhenti setelah dihadang oleh pasangan Taiwan, Su Ching Heng/Ye Hong Wei.

Fikri/Bagas harus mengakui keunggulan pasangan Taiwan tersebut melalui pertarungan tiga set dengan skor sangat ketat, yaitu 17-21, 21-13, dan 19-21. Duel ganda putra di babak empat besar Thailand Masters 2023 berlangsung selama 1 jam. Dengan hasil ini, Indonesia gagal menciptakan all Indonesian final di sektor ganda putra. Meski demikian, Indonesia tetap meraih gelar Thailand Masters 2023 melalui Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Itulah deretan pencapaian terbaik Fikri/Bagas sepanjang tahun 2023 ini. Meski belum berhasil meraih gelar, ganda putra Indonesia ini akan memulai debutnya pada BWF World Tour Finals 2023 mendatang. Fikri/Bagas akan menamani Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang sudah lebih dulu lolos ke turnamen penutup akhir tahun tersebut.

Baca Juga: Profil Juara All England 2022, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya