Road to Champion Apriyani/Fadia di Hong Kong Open 2023, Mulus! 

Sajikan comeback epik di final

Indonesia sukses meraih satu gelar Hong Kong Open 2023 melalui sektor ganda putri. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti mampu menunjukkan permainan terbaiknya pada ajang turnamen BWF Super 500 ini. 

Pasangan andalan Indonesia ini berhasil mempersembahkan satu gelar untuk Indonesia sekaligus menjadi ganda putri pertama Indonesia yang menjadi juara pada turnamen yang berlangsung di Hong Kong Coliseum, Hong Kong, tersebut. Relatif mulus, intip road to champion atau perjalanan Apriyani/Fadia menjadi juara di Hong Kong Open 2023.

1. Menanti laga derbi di babak pertama

Road to Champion Apriyani/Fadia di Hong Kong Open 2023, Mulus! Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (pbsi.id)

Ganda putri Indonesia mendapat draw yang kurang menyenangkan. Dua pasangan andalan Indonesia langsung berhadapan di babak pertama Hong Kong Open 2023. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti harus melawan rekan senegaranya, Febriana Dipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Pertandingan ini merupakan pertemuan pertama bagi mereka di turnamen BWF. Apriyani/Fadia yang memang lebih diunggulkan menang dua set langsung dengan skor ketat, 21-19 dan 21-19. Laga derbi ganda putri Indonesia ini berdurasi 44 menit. 

Baca Juga: Apriyani/Fadia Juara Hong Kong Open 2023 Usai Catat Comeback

2. Menang cukup mudah di babak kedua

Road to Champion Apriyani/Fadia di Hong Kong Open 2023, Mulus! Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (pbsi.id)

Apriyani/Fadia berhadapan dengan pasangan India, Treesa Jolly/Gayatri Gopichand Pullela, pada babak kedua. Ini merupakan pertemuan kedua bagi mereka. Sebelumnya, pasangan Indonesia menang dua set langsung pada ajang Swiss Open 2023.

Apriyani/Fadia yang merupakan unggulan ketujuh mampu mengatasi perlawanan ganda putri terbaik India tersebut. Apriyani/Fadia lagi-lagi menang dua set langsung dengan skor yang cukup mudah, 21-8 dan 21-14. Pertandingan ganda putri ini berlangsung selama 36 menit.

3. Kembali menang straight set atas pasangan China

Road to Champion Apriyani/Fadia di Hong Kong Open 2023, Mulus! Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (instagram.com/badminton.ina)

Apriyani/Fadia berhadapan dengan pasangan China, Li Wen Mei/Liu Xuan Xuan, di babak delapan besar. Kedua pasangan belum pernah bertemu. Pasangan China tersebut melaju ke quarter final setelah ganda putri Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, yang merupakan unggulan kedua memilih mundur. 

Apriyani/Fadia yang memang lebih diunggulkan berhasil meraih kemenangan dua set langsung dengan skor 21-15 dan 21-13. Pertandingan ganda putri ini berlangsung cukup alot dalam durasi 42 menit. Dengan hasil ini, pasangan Indonesia unggul head to head dengan skor 1-0 atas pasangan China tersebut. 

4. Taklukkan pasangan Denmark di semifinal

Road to Champion Apriyani/Fadia di Hong Kong Open 2023, Mulus! Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (pbsi.id)

Memasuki babak empat besar atau semifinal, Apriyani/Fadia kembali bertemu pasangan nonunggulan. Kali ini ada ganda putri andalan Denmark, Maiken Fruergaard/Sara Thygesen, yang menantang mereka. Ini merupakan pertemuan pertama bagi kedua pasangan. 

Di set pertama, Apriyani/Fadia berhasil mengunci kemenangan dengan skor 21-16. Terjadi kejar mengejar poin di set kedua. Namun, Apriyani/Fadia kembali memenangkan pertandingan setelah unggul dengan skor 23-21. Duel ganda putri di semifinal Hong Kong Open 2023 ini berdurasi 51 menit. 

5. Comeback epik pada laga final

Road to Champion Apriyani/Fadia di Hong Kong Open 2023, Mulus! Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (instagram.com/badminton.ina)

Di babak final, Apriyani/Fadia menantang ganda putri terbaik Malaysia, Thinaah Muralitharan/Tan Pearly. Laga final ganda putri antara Indonesia vs. Malaysia ini merupakan pertemuan kelima bagi kedua pasangan. Rekor pertemuan keduanya juga imbang, yaitu 2-2. Apriyani/Fadia menang di pertemuan terakhir mereka pada ajang BWF World Tour Finals 2022.

Kalah di set pertama dengan skor 14-21, Apriyani/Fadia sukses memaksakan terjadinya rubber set setelah menang tipis dengan skor 24-22 di set kedua. Kembali bermain konsisten dan mampu mengeluarkan permainan terbaiknya, Apriyani/Fadia mengunci kemenangan di set ketiga dengan skor 21-9. Duel ganda putri ini berlangsung cukup lama, yaitu 1 jam 13 menit. 

Dengan hasil ini, Apriyani/Fadia merupakan ganda putri Indonesia pertama yang sukses menjadi juara pada ajang Hong Kong Open. Mampukah ganda putri andalan Indonesia ini menjaga konsistensi untuk terus tampil prima pada rangkaian BWF World Tour 2023 tersisa?  

Baca Juga: Jonatan Christie Persembahkan Gelar ke-2 dari Hong Kong Open 2023

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya