Road to Champion Fajar/Rian All England 2024, Back to Back!

Gelar kedua All England untuk Fajar/Rian

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses mempertahankan gelar juara All England. Ganda putra andalan Indonesia kembali menjadi juara pada turnamen tertua BWF super 1000 tersebut.

Fajar/Rian yang berstatus sebagai pasangan unggulan ketujuh ini berhasil melesat ke babak final yang berlangsung pada, Minggu (17 Maret 2024). Simak aksi heroik road to champion perjalan Fajar/Rian menjadi juara di All England 2024!

1. Kalahkan pasangan Taiwan di babak pertama

Road to Champion Fajar/Rian All England 2024, Back to Back!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan pelatih (instagram.com/badminton.ina)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bertemu dengan pasangan Taiwan, Fang Chih Lee/Fang Jen Lee di babak pertama All England 2024. Ini merupakan pertemuan keempat bagi kedua pasangan. Meski Fajar/Rian lebih diunggulkan, pasangan Taiwan unggul head to head dengan 2-1.

Fajar/Rian juga menang dalam pertemuan terakhir mereka pada ajang Malaysia Open 2024. Pada babak pertama All England 2024 ini, Fajar/Rian menang dengan skor yang cukup mudah, yaitu 21-13 dan 21-9. Hasil ini sekaligus menyamai rekor pertemuan mereka menjadi 2-2.

Baca Juga: 6 Unggulan Ganda Putra yang Gagal Menembus Final All England 2024

2. Di babak kedua singkirkan pasangan Jepang

Road to Champion Fajar/Rian All England 2024, Back to Back!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Selanjutnya, pada babak kedua All England 2024 Fajar/Rian harus menghadapi pasangan Jepang, Akira Koga/Taichi Saito. Kedua pasangan juga sudah pernah bertemu dan saling mengalahkan. Ini merupakan pertemuan keenam bagi mereka.

Di babak kedua All England 2024, Fajar/Rian menang melalui pertarungan tiga set dengan skor 18-21 21-17, dan 21-18. Duel ganda putra ini berdurasi 1 jam 12 menit. Dengan hasil ini, Fajar/Rian semakin unggul head to head menjadi 5-1.

3. Kembali taklukkan pasangan Taiwan di perempat final

Road to Champion Fajar/Rian All England 2024, Back to Back!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Memasuki perempat final atau babak delapan besar, Fajar/Rian kembali harus melawan pasangan Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin. Sebelumnya, ganda putra terbaik Taiwan ini sukses menaklukkan pasangan China, Liang Wei Keng/Wang Chang, yang diunggulkan di posisi kedua di turnamen ini. Lee/Wang menang melalui pertarungan ketat tiga set.

Berdurasi 45 menit, Fajar/Rian menang dua set langsung dengan skor 21-14 dan 24-22 atas pasangan Taiwan tersebut di babak delapan besar. Fajar/Rian akhirnya bisa revans setelah kalah dalam dua kali pertemuan terakhir mereka. Kemenangan ini juga sekaligus memperpanjang rekor pertemuan mereka menjadi 5-3 untuk keunggulan Fajar/Rian.

4. Taklukkan pasangan unggulan Jepang di semifinal

Road to Champion Fajar/Rian All England 2024, Back to Back!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Pada laga semifinal, Fajar/Rian dipastikan bertemu dengan pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang merupakan unggulan keenam. Sebelumnya, ganda putra terbaik Jepang ini sudah menyingkirkan pasangan China, He Ji Ting/Ren Xiang Yu. Hoki/Kobayashi juga menang melalui pertarungan tiga set.

Meski secara peringkat tidak jauh berbeda, Fajar/Rian mampu menunjukkan kualitas permainan terbaik mereka. Ganda putra Indonesia ini menang dua set langsung dengan skor 21-18 dan 218. Hasil ini juga memastikan Fajar/Rian unggul head to head dengan skor 4-3.

5. Kandaskan impian pasangan Malaysia di partai final

Road to Champion Fajar/Rian All England 2024, Back to Back!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik (instagram.com/badminton.ina)

Pada laga puncak, Fajar/Rian bertemu dengan ganda putra terbaik Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang merupakan unggulan kelima. Ini merupakan final All England kedua bagi kedua pasangan. Sebelumnya, Aaron/Soh juga melaju ke final All England pada 2019 dan kalah atas pasangan Indonesia lainnya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Fajar/Rian kembali bermain energik pada laga penutup All England 2024. Ganda putra terbaik Indonesia ini menang dua set langsung dengan skor 21-16 dan 21-16. Kemenangan ini sekaligus menyamai rekor pertemuan mereka menjadi 4-4.

Lewat hasil ini, Fajar/Rian memastikan Indonesia menjadi juara umum All England 2024 dengan torehan dua gelar. Sebelumnya, Jonatan Christie sudah mempersembahkan gelar All England 2024 pertama bagi Indonesia di sektor tunggal putra.

Baca Juga: 5 Fakta Jonatan Christie Juara di All England 2024

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya