Tembus Laga Final, Perjalanan Fajar/Rian di All England 2023

Akankah menjadi gelar kedua tahun ini?

All England 2023 sudah memasuki babak akhir. Laga final turnamen BWF Super 1000 ini digelar hari ini, Minggu (19/3/2023), di Utilita Arena Birmingham, Inggris.

Indonesia sendiri sudah memastikan satu gelar dari sektor ganda putra. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan berhadapan dengan seniornya,  Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan pada laga final All England 2023.

Capaian ini menjadi final kedua Fajar/Rian pada tahun 2023. Berikut perjalanan ganda putra terbaik dunia ini di All England 2023 hingga partai final.

1. Susah payah kalahkan pasangan Korea

Tembus Laga Final, Perjalanan Fajar/Rian di All England 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Baru memulai laga perdana, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sudah harus berhadapan dengan pasangan Korea, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae. Sebelumnya, ganda putra Korea ini baru saja menjadi runner-up pada turnamen German Open 2023.

Kang/Seo yang memang masih on fire sukses merebut set pertama dengan skor tipis 22-20. Namun, Fajar/Rian yang merupakan ganda putra terbaik dunia ini berhasil mengeluarkan permainan terbaiknya.

Ganda putra unggulan pertama ini menang pada dua set berikutnya dengan skor 21-12 dan 21-19. Laga sengit ini berlangsung dalam durasi 1 jam 6 menit.

2. Singkirkan ganda putra Taiwan di babak kedua

Tembus Laga Final, Perjalanan Fajar/Rian di All England 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Selanjutnya di babak kedua, Fajar/Rian berhadapan dengan ganda putra Taiwan, Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan. Pertandingan ini merupakan pertemuan ketiga bagi kedua pasangan dan Fajar/Rian yang memang lebih diunggulkan ini unggul head to head dengan 2-0.

Tak perlu waktu lama, Fajar/Rian menang dua set langsung dengan skor 22-20 dan 21-15. Pertandingan ganda putra ini berlangsung dengan cukup cepat hanya 29 menit saja.

Baca Juga: Perjalanan The Daddies Menuju Final All England 2023, Mampukah Juara?

3. Menang laga derbi pada perempat final

Tembus Laga Final, Perjalanan Fajar/Rian di All England 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Pada babak delapan besar, Fajar/Rian harus melawan rekan senegaranya sendiri yang juga merupakan juara bertahan pada All England, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana. Dengan hasil ini, Indonesia dipastikan meraih satu tiket di semifinal All England 2023.

Laga derbi Indonesia akhirnya dimenangkan oleh Fajar/Rian dua set langsung dengan skor 21-18 dan 21-13 dalam durasi 38 menit. Ganda putra terbaik dunia ini menambah keunggulan rekor pertemuan mereka menjadi 5-1 atas Fikri/Bagas.

4. Taklukkan ganda putra China di semifinal

Tembus Laga Final, Perjalanan Fajar/Rian di All England 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Lolos ke semifinal, Fajar/Rian sudah ditunggu oleh ganda putra China, He Ji Ting/Zhou Hao Dong. Sebelumnya, pasangan China tersebut sudah mengalahkan ganda putra terbaik Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi melalui pertarungan tiga set.

Pertandingan ganda putra antara Indonesia vs China ini menjadi pertemuan keempat bagi kedua pasangan. Fajar/Rian kembali memenangkan pertandingan dua set langsung. Sebelumnya, ganda putra terbaik dunia ini juga sudah menang dua kali atas pasangan China tersebut.

5. Ciptakan all Indonesian final

Tembus Laga Final, Perjalanan Fajar/Rian di All England 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (instagram.com/fajaralfian95)

Kemenangan Fajar/Rian memastikan Indonesia meraih satu gelar All England 2023. Diunggulkan di posisi pertama sekaligus ganda putra terbaik dunia saat ini, Fajar/Rian sangat siap menghadapi senior mereka, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Di sisi lain, Ahsan/Hendra sendiri juga mengalahkan pasangan China, Liang Wei Keng/Wang Chang, melalui pertandingan dramatis untuk menantang Fajar/Rian di partai final. Ganda putra unggulan ketiga ini menang dengan skor 21-15, 19-21 dan 29-27.

Kedua ganda putra Indonesia ini sudah sering bertemu dan saling mengalahkan. Head to head keduanya untuk sementara ini adalah 3-2 untuk keunggulan Ahsan/Hendra. Pertemuan terakhir mereka pada ajang Kejuaraan Dunia 2022 dimenangi oleh Ahsan/Hendra.

Laga final All England 2023 berlangsung, Minggu (19/3/2023) sejak sore hari pukul 17.00 WIB. Pertandingan ganda putra sendiri baru dimulai pada partai keempat. Simak pertandingan penentuan gelar juara All England 2023 sektor ganda putra sesaat lagi, yuk!

Baca Juga: 6 Unggulan Ganda Putra yang Gagal Melaju ke Final All England 2023

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya