Tuan Rumah Juara Umum di Indonesia Masters Super 100, Borong 3 Gelar!

Wakil Indonesia sapu bersih babak final

Indonesia sukses keluar sebagai juara umum ajang Indonesia Masters 2023 Super 100. Rangkaian turnamen ini berlangsung di Medan, Sumatra Utara, Indonesia pada 5--10 September 2023.

Tuan rumah berhasil menyabet 3 gelar dari 3 atlet bulu tangkis Indonesia yang bertanding di babak final Indonesia Masters 2023. Ketiga sektor tersebut adalah tunggal putri, ganda putra, dan ganda putri.

1. Ester Nurumi Tri Wardoyo sabet gelar di sektor tunggal putri

Tuan Rumah Juara Umum di Indonesia Masters Super 100, Borong 3 Gelar!Ester Nurumi Tri Wardoyo (instagram.com/badminton.ina)

Ester Nurumi Tri Wardoyo yang merupakan pemain nonunggulan sukses menyabet gelar di sektor tunggal putri. Bermain di rumah sendiri tentu memberikan semangat tersendiri bagi wakil andalan Indonesia ini. Ester berhasil mengalahkan beberapa pemain unggulan di Indonesia Masters 2023 Super 100 tersebut.

Di babak final, Ester mampu mengatasi perlawanan tunggal putri Taiwan, Chiu Pin-Chian. Ester menang dua set langsung dengan skor 21-15 dan 21-19. Duel tunggal putri sesama pemain nonunggulan ini berlangsung selama 43 menit.

Baca Juga: Bintang Muda Pelatnas Tanpa Beban di Indonesia Masters 2023 Sumut

2. Sektor ganda putra diraih Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani

Tuan Rumah Juara Umum di Indonesia Masters Super 100, Borong 3 Gelar!Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani (instagram.com/badminton.ina)

Dari sektor ganda putra, Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani sukses keluar sebagai juara Indonesia Masters 2023 Super 100. Pasangan andalan tuan rumah ini merupakan ganda putra unggulan keempat. Sabar/Reza harus melawan ganda putra Jepang, Kakeru Kumagai/Kota Ogawa, yang bukan pasangan unggulan di babak final.

Pasangan Indonesia yang memang lebih diunggulkan menang dua set langsung dengan skor 21-18 dan 21-15. Pertandingan ini juga berlangsung cukup singkat dengan durasi 29 menit. Duel ganda putra Indonesia vs. Jepang ini merupakan pertemuan pertama bagi kedua pasangan.

3. Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto kunci kemenangan di sektor ganda putri

Tuan Rumah Juara Umum di Indonesia Masters Super 100, Borong 3 Gelar!Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto (instagram.com/badminton.ina)

Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto berhasil meraih gelar Super 100 pertama di tahun 2023 ini. Ganda putri andalan Indonesia tersebut keluar sebagai juara di Indonesia Masters 2023 sebagai unggulan pertama yang tak terbendung hingga naik ke podium tertinggi. Di partai puncak, mereka berhasil mengalahkan ganda putri Taiwan, Chang Ching Hui/Yang Ching Tun, dua set langsung dengan skor 22-20 dan 21-10. Duel ganda putri ini berdurasi 39 menit. Pertandingan sektor ini juga merupakan final ideal karena pasangan Taiwan tersebut merupakan unggulan di posisi kedua.

4. India dan Malaysia masing-masing meraih satu gelar di sektor tunggal putra dan ganda campuran

Tuan Rumah Juara Umum di Indonesia Masters Super 100, Borong 3 Gelar!Kiran George (instagram.com/badminton.ina)

Dua sektor lainnya berhasil diraih oleh India dan Malaysia pada gelaran Indonesia Masters 2023 Super 100. Tunggal putra India, Kiran George, sukses mengatasi perlawanan wakil Jepang, Koo Takahashi, dua set langsung dengan skor yang cukup ketat, 21-19 dan 20-22. Pertandingan tunggal putra ini berlangsung selama 56 menit.

Sementara itu, Malaysia meraih satu gelar dari sektor ganda campuran. Roy King Yap/Valeree Siow menang atas ganda campuran Jepang, Hiroki Nishi/Akari Sato, melalui pertarungan tiga set dengan skor 13-21, 21-14, dan 21-14. Duel antara ganda campuran Malaysia vs. Jepang ini berdurasi 47 menit.

Indonesia masih akan menggelar Indonesia Masters II 2023 yang juga merupakan turnamen BWF Super 100 di Surabaya pada 24-29 Oktober 2023 mendatang. Bagaimana peluang para wakil bulu tangkis di Indonesia di turnamen tersebut?

Baca Juga: Tommy Sugiarto Gagal Raih Tiket Final Indonesia Masters 2023

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya