4 Wakil Putra Indonesia di QF Kejuaraan Dunia BWF 2022

Ada peluang saling jumpa di semifinal

BWF World Championships (BWC) 2022 memasuki quarter final (QF) atau babak delapan besar. Turnamen tahunan di Tokyo, Jepang, tersebut akan berlangsung hingga Minggu (28/8/2022) mendatang.

Dari 7 wakil bulu tangkis Indonesia di sektor putra yang bertanding pada babak ketiga hari ini, Kamis (25/8/2022), 4 di antaranya memastikan tiket ke babak delapan besar. Inilah empat wakil putra Indonesia di QF Kejuaraan Dunia BWF 2022.

1. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

4 Wakil Putra Indonesia di QF Kejuaraan Dunia BWF 2022Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (instagram.com/badminton.ina)

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi wakil pertama putra Indonesia di QF Kejuaraan Dunia BWF 2022. Ganda putra Indonesia yang merupakan unggulan ketiga ini lolos setelah mengalahkan pasangan Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel.

Meski sempat tertinggal pada awal-awal set pertama, Ahsan/Hendra mampu membekukan kemenangan dengan skor 21-18. Pada set kedua, ganda putra Indonesia ini juga menang tipis dengan skor 23-21.

2. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

4 Wakil Putra Indonesia di QF Kejuaraan Dunia BWF 2022Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga meraih kemenangan. Pasangan Indonesia yang diunggulkan di posisi kelima ini sukses mengatasi perlawanan ganda putra tuan rumah, Jepang, Akira Koga/Taichi Saito.

Fajar/Rian menang dua set langsung dengan skor 21-19 dan 21-16. Pertandingan sektor ganda putra ini berlangsung selama 45 menit.

Baca Juga: 5 Unggulan Tunggal Putra Tumbang di Kejuaraan Dunia 2022, Momota Juga!

3. Jonatan Christie

4 Wakil Putra Indonesia di QF Kejuaraan Dunia BWF 2022Jonatan Christie (instagram.com/badminton.ina)

Tunggal putra juga berhasil meloloskan wakil putra Indonesia ke QF Kejuaraan Dunia BWF 2022. Jonatan Christie yang berstatus unggulan ketujuh ini menyingkirkan wakil Taiwan, Wang Tzu Wei, pada babak sebelumnya.

Walaupun sempat ketat pada akhir set pertama, Jonatan akhirnya bisa menang dengan skor 23-21. Ia juga membukukan kemenangan dengan skor 21-16 pada set kedua. Dengan hasil ini, Jonatan revansdari pertemuan terakhir mereka.

4. Anthony Sinisuka Ginting

4 Wakil Putra Indonesia di QF Kejuaraan Dunia BWF 2022Anthony Sinisuka Ginting (pbsi.id)

Tunggal putra Indonesia lainnya, Anthony Sinisuka Ginting, menyusul Jonatan ke babak delapan besar. Ginting yang merupakan unggulan keenam mampu mengatasi perlawanan tunggal putra China, Shi Yu Qi.

Menang cukup mudah pada set pertama dengan skor 21-11, Ginting harus kehilangan set kedua setelah kalah 13-21. Terjadi kejar-mengejar poin pada set penentuan, tetapi Ginting mampu meraih kemenangan dengan skor 21-18. Ini menjadi kemenangan pertamanya setelah tujuh kali pertemuan dengan Shi Yu Qi.

5. Tiga wakil kandas

4 Wakil Putra Indonesia di QF Kejuaraan Dunia BWF 2022Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (instagram.com/badminton.ina)

Tiga wakil Indonesia harus terhenti pada babak ketiga atau babak enam belas besar BWF World Championships 2022. Berikut hasil selengkapnya:

  • Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Ben Lane/Sean Vendy (Inggris) 15-21 dan 9-21
  • Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari vs Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (China) 16-21 dan 14-21
  • Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Seo Seung Jae/Shoi Sol Gyu (Korea) 21-23 dan 12-21

Dengan hasil ini, Indonesia dipastikan tanpa wakil di sektor ganda campuran di Kejuaraan Dunia BWF 2022. Sementara, keempat wakil putra Indonesia yang lolos berkesempatan saling jumpa pada laga semifinal jika sama-sama lolos.

Babak delapan besar Kejuaraan Dunia BWF 2022 akan berlangsung besok, Jumat (26/8/2022). Pertandingan pertama dimulai pada pukul 08.00 WIB. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi wakil Indonesia pertama yang bertanding.

Baca Juga: Kalah Telak, Kevin/Marcus Tersingkir di Kejuaraan Dunia 2022

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya