5 Kali Pole Position Beruntun, Bagnaia Samai Rekor Rossi

Murid yang samai rekor gurunya

Setelah Valentino Rossi, Francesco Bagnaia menjadi pembalap Italia pertama yang meraih pole position atau posisi terdepan lima kali beruntun. Rossi meraih pole position di GP Malaysia pada 2003 hingga GP Spanyol pada musim berikutnya.

Pada musim 2021, jebolan VR46 Academy ini mencetak rekor pole yang gemilang. Bagnaia meraih lima kali pole position secara beruntun dari GP Aragon hingga GP Algavre. Beberapa di antaranya menjadi all-time lap record.

1. GP Algarve, Portugal

5 Kali Pole Position Beruntun, Bagnaia Samai Rekor RossiFrancesco Bagnaia (motogp.com)

Pembalap tim Ducati ini mencatatkan waktu lap 1 menit 38,725 detik. Perolehan waktu ini mengantarkannya menjadi all-time lap record di Sirkuit International Algavre, Portugal, pada sesi kualifikasi Sabtu (6/11/2021).

Francesco Bagnaia unggul dari rekan setimnya, Jack Miller, dan pembalap Suzuki, Joan Mir. Sementara, juara dunia Fabio Quartararo hanya menempati posisi ketujuh di starting grid.

Pada hasil balapan yang berlangsung pada minggu (7/11/2021), Bagnaia berhasil meraih podium pertama, mengungguli Joan Mir di podium kedua dan Jack Miller di podium akhir.

2. GP Emilia Romagna, Misano, Italia

5 Kali Pole Position Beruntun, Bagnaia Samai Rekor RossiFrancesco Bagnaia (instagram.com/ducaticorse)

Pada sesi kualifikasi MotoGP di Misano (23/10/2021), pembalap bernomor 63 ini meraih waktu lap 1 menit 33,045 detik. Ia berada di depan Jack Miller dan Luca Marini.

Sayangnya, pada sesi balap, Bagnaia terjatuh sehingga harus merelakan Fabio Quartararo merebut gelar juara dunia 2021. Marc Marquez kemudian berhasil menjadi juara pada balapan di Sirkuit Misano ini, disusul Pol Espargaro dan Enea Bastianini di poisisi kedua dan ketiga.

Baca Juga: Francesco Bagnaia dan Ducati Sama-sama Luar Biasa

3. GP Amerika, COTA

5 Kali Pole Position Beruntun, Bagnaia Samai Rekor RossiFrancesco Bagnaia (visordown.com)

Pada MotoGP Amerika yang berlangsung di Sirkuit COTA, Austin (2/10/2021), Bagnaia meraih waktu lap 2 menit 02,781 detik. Ia mengungguli Fabio Quartararo dan Marc Marquez pada sesi kualifikasi ini.

Pada hasil balapan, ternyata Marc Marquez masih merajai Sirkuit COTA. Marquez merebut podium pertama, disusul Quartararo di posisi kedua. Sementara, Bagnaia harus puas di posisi ketiga.

4. GP San Marino, Misano, Italia

5 Kali Pole Position Beruntun, Bagnaia Samai Rekor RossiFrancesco Bagnaia (motogp.com)

Francesco Bagnaia meraih waktu lap 1 menit 31,065 detik pada sesi kualifikasi GP San Marino, Misano (18/9/2021). Ia unggul dari rekan setimnya, Jack Miller, dan pembalap Yamaha, Fabio Quartararo.

Bagnaia berhasil mengubah raihan pole position-nya menjadi kemenangan. Ia unggul dari Fabio Quartararo dan Enea Bastianini.

5. GP Aragon, Spanyol

5 Kali Pole Position Beruntun, Bagnaia Samai Rekor RossiFrancesco Bagnaia dan Marc Marquez (autoracing1.com)

Pada sesi kualifikasi di GP Aragon, Spanyol (11/9/2021), Bagnaia mencatatkan waktu lap 1 menit 46,322 detik. Rekan setimnya, Jack Miller, meraih posisi kedua. Sementara, posisi ketiga ditempati Fabio Quartararo.

Pada sesi balapan, Francesco Bagnaia terlibat pertarungan sengit dengan Marc Marquez. Di sini Bagnaia menunjukkan performa terbaiknya dan berhasil meraih kemenangan. Sementara, Marquez finis di podium kedua, disusul Joan Mir di podium ketiga.

Meski sudah kehilangan kesempatan untuk merebut gelar juara dunia musim ini, Bagnaia tetap menorehkan prestasi. Ia membuktikan diri sebagai pembalap yang patut diperhitungkan.

Besar kemungkinan Bagnaia bisa menambah raihan pole position beruntunnya. Jika ini terjadi, Francesco Bagnaia akan mengalahkan rekor Valentino Rossi. Apakah ini tanda akan ada pembalap Italia yang mendominasi MotoGP?

Baca Juga: Ada Andil Valentino Rossi dalam Kemenangan Francesco Bagnaia

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya