Marco Bezzecchi Jadi Rookie yang Finis Terbaik di MotoGP Valencia

Hasil balapan terakhir para rookie musim 2022

Marco Bezzecchi berhasil menutup musim 2022 sebagai rookie yang finis terbaik. Pada seri MotoGP Valencia yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (6/11/2022), Bezzecchi finis di posisi ke-11 mengungguli pembalap debutan lainnya.

Balapan di lintasan sepanjang 4 km tersebut sekalian jadi momen terakhir bagi beberapa pembalap. Mulai musim depan, ada pembalap yang pindah kelas, ada juga yang pindah kompetisi. Bagaimana performa pembalap debutan di seri terakhir ini? Simak ulasannya, yuk!

1. Marco Bezzecchi (11)

Marco Bezzecchi Jadi Rookie yang Finis Terbaik di MotoGP ValenciaMarco Bezzecchi (motogp.com)

Marco Bezzecchi lagi-lagi jadi rookie terbaik. Setelah melewati sesi latihan dan kualifikasi yang sulit di Valencia, Bezzecchi bisa tampil maksimal saat balapan.

Pembalap Mooney VR46 Racing Team ini memulai balapan dari urutan ke-18 di grid. Setelah melahap 27 lap, ia pun finis di posisi ke-11. Peraih gelar Rookie of The Year ini mengoleksi total 111 poin pada klasemen kejuaraan MotoGP 2022.

2. Raul Fernandez (12)

Marco Bezzecchi Jadi Rookie yang Finis Terbaik di MotoGP ValenciaRaul Fernandez (motogp.com)

Raul Fernandez menutup seri terakhir musim 2022 dengan hasil apik. Pembalap tim Tech3 KTM ini finis di posisi ke-12. Saat kualifikasi, Fernandez menjadi yang tercepat ke-23, tetapi lantaran Takaaki Nakagami menerima hukuman mundur tiga grid, Fernandez pun start dari urutan ke-22. Finis di zona poin tentu memuaskan.

Pada klasemen akhir, Raul Fernandez mengumpulkan 14 poin. Ini menjadi musim terakhirnya bersama KTM. Mulai musim depan, ia akan memperkuat tim RNF Aprilia.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Sukses Jadi Juara MotoGP 2022

3. Remy Gardner (13)

Marco Bezzecchi Jadi Rookie yang Finis Terbaik di MotoGP ValenciaRemy Gardner (motogp.com)

Remy Gardner mengakhiri seri terakhirnya dengan finis di posisi poin. Pembalap yang selama semusim memperkuat tim Tech3 KTM ini finis di posisi ke-13 setelah start dari urutan ke-20. Pada klasemen akhir, Gardner mengemas 13 poin kejuaraan.

Grand Prix Valencia adalah balapan terakhir Remy Gardner di MotoGP. Juara dunia Moto2 2021 ini mulai musim depan akan turun balap di World Superbike memperkuat tim satelit GRT Yamaha.

4. Fabio Di Giannantonio (15)

Marco Bezzecchi Jadi Rookie yang Finis Terbaik di MotoGP ValenciaFabio Di Giannantonio (motogp.com)

Fabio Di Giannantonio juga mengakhiri musim 2022 dengan mendulang poin. Rookie tim Gresini Racing ini start dari urutan ke-19 dan finis di posisi ke-15.

Pada klasemen final, Fabio Di Giannantonio mengoleksi 24 poin. Ia menempati posisi runner-up di antara para rookie.

5. Darryn Binder (DNF)

Marco Bezzecchi Jadi Rookie yang Finis Terbaik di MotoGP ValenciaDarryn Binder (motogp.com)

Darryn Binder harus puas mengakhiri musim tanpa menuntaskan balapan. Pembalap debutan tim WithU RNF Yamaha itu terjatuh setelah hanya menuntaskan sekitar empat putaran.

Sepanjang musim yang melombakan 20 seri balap, Darryn meraih 12 poin. Sayangnya, ini menjadi musim terakhirnya di MotoGP. Mulai musim 2023, ia turun balap di kelas Moto2 bersama tim Liqui Moly Husqvarna Intact GP.

 

MotoGP Valencia menjadi seri penghabisan untuk musim 2022. Marco Bezzecchi, Fabio Di Giannantonio, dan Raul Fernandez masih akan mengaspal di kelas premier musim depan. Sementara itu, dua rookie lainnya pindah kompetisi: Darryn Binder turun ke Moto2, sedangkan Remy Gardner beralih ke World Superbike.

Baca Juga: Pembalap MotoGP yang Raih Rookie of the Year dalam 6 Tahun Terakhir

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya