Ducati Dominasi Sesi Kualifikasi MotoGP, 8 Kali Pole Position Beruntun

Start terdepan dari seri Prancis hingga San Marino

Ducati terlalu digdaya di MotoGP 2023. Barangkali itu yang ada di benak banyak penggemar balap motor. Akan tetapi, memang itulah adanya.

Secara kuantitas ataupun kualitas, pabrikan Borgo Panigale memang paling kuat. Tengok saja jumlah pembalap Ducati yang berjumlah delapan. Itu sepertiga lebih dari total 22 pembalap reguler musim ini. Belum lagi kualitas Desmosedici yang mumpuni. Hanya Aprilia dan KTM yang mulai bisa menyaingi.

Keunggulan lain Ducati terlihat pada hasil balapnya. Dari 12 seri yang telah digelar, Ducati memenangi 9 sprint dan main race di antaranya. Selain itu, Ducati juga mendominasi sesi kualifikasi. Penggeber Desmosedici merebut 10 pole position yang 8 di antaranya diraih secara beruntun. Ini merupakan rentetan pole position terpanjang bagi Ducati di MotoGP.

1. Ada 3 pembalap Ducati yang merebut 8 pole position beruntun

Ducati Dominasi Sesi Kualifikasi MotoGP, 8 Kali Pole Position Beruntunpotret Jorge Martin (motogp.com)

Di sesi kualifikasi, konsistensi Ducati seolah tak terdandingi. Ada 3 pembalapnya yang mampu merebut 8 pole position secara beruntun. Itu mereka raih dari MotoGP seri Prancis hingga seri San Marino. Mereka adalah Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team), dan Jorge Martin (Prima Pramac Racing).

Bagnaia menjadi polesitter beruntun di Prancis, Italia, dan Jerman. Lalu Bezzecchi melanjutkannya dengan jadi polesitter di Belanda dan Inggris. Bagnaia lalu kembali meraih pole position, kali ini dua kali beruntun di Austria dan Catalunya. Pada seri San Marino, giliran Jorge Martin yang jadi polesitter.

Sebenarnya ada satu pembalap Ducati lain yang merebut pole position, yaitu Alex Marquez (Gresini Racing). Sayangnya, ia menjadi polesitter di luar rangkaian pole position beruntun itu. Alex Marquez menjadi polesitter di seri Argentina. Ia jadi pembalap Ducati pertama yang merebut pole position musim ini.

2. Hanya ada dua pembalap pabrikan lain yang pernah jadi polesitter

Ducati Dominasi Sesi Kualifikasi MotoGP, 8 Kali Pole Position Beruntunpotret Marc Marquez (motogp.com)

MotoGP musim 2023 jadi eranya pembalap yang memacu motor pabrikan Borgo Panigale. Dari selusin seri yang sudah digelar, hanya ada 1 Honda dan 1 Aprilia yang start dari grid terdepan. Sisa seri lainnya jadi milik Ducati.

Marc Marquez menjadi pembalap yang merebut pole position pada seri pertama di Portugal. Kemudian ada Aleix Espargaro yang menjadi polesitter seri Spanyol di Sirkuit Jerez, sedangkan pembalap lain belum mampu menembus dominasi Ducati Desmosedici.

3. Daftar peraih pole position MotoGP hingga seri San Marino

Ducati Dominasi Sesi Kualifikasi MotoGP, 8 Kali Pole Position Beruntunpotret Francesco Bagnaia dan Aleix Espargaro (motogp.com)

Sejak awal musim di seri Portugal hingga seri San Marino, enam pembalap sudah merebut pole position. Paling banyak tentu saja Bagnaia dengan enam kali jadi yang tercepat di sesi kualifikasi. Berikutnya ada Bezzecchi yang dua kali jadi polesitter.

Berikut ini peraih pole position di MotoGP 2023 hingga seri San Marino:

  • GP Portugal - Marc Marquez (Honda);
  • GP Argentina - Alex Marquez (Ducati);
  • GP Amerika - Francesco Bagnaia (Ducati);
  • GP Spanyol - Aleix Espargaro (Aprilia);
  • GP Prancis - Francesco Bagnaia (Ducati);
  • GP Italia - Francesco Bagnaia (Ducati);
  • GP Jerman - Francesco Bagnaia (Ducati);
  • GP Belanda - Marco Bezzecchi (Ducati);
  • GP Inggris - Marco Bezzecchi (Ducati);
  • GP Austria - Francesco Bagnaia (Ducati);
  • GP Catalunya - Francesco Bagnaia (Ducati); dan
  • GP San Marino - Jorge Martin (Ducati).

Seri Grand Prix berikutnya akan digelar di Sirkuit Internasional Buddh, India, pada 22—24 September 2023. Lintasan di sirkuit ini jadi lintasan teranyar bagi para pembalap MotoGP. Siapa yang bakal merebut pole position, ya?

Baca Juga: Ducati Malu-malu Akui Mau Rekrut Marquez

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya