Ini Formasi Lengkap Crew Chief Tim MotoGP 2023, Siap Kompetisi!

Ada pembalap dan crew chief yang reunian

Pada MotoGP musim 2023 banyak terjadi perubahan formasi pembalap. Sembilan dari 22 pembalap menempati tim baru. Perubahan ini juga terjadi di belakang layar. Beberapa pembalap akan bekerja sama dengan crew chief baru.

Crew chief atau kepala kru punya peran krusial dalam tim. Terutama dalam menentukan irama kerja di garasi balap. Crew chief juga jadi jembatan penghubung antara apa yang dirasakan pembalap terhadap motornya dengan mekanik yang meracik pengaturan motor.

Meski sebagian baru berpasangan, kebanyakan dari mereka sudah bekerja sama pada gelaran tes resmi pascamusim di Valencia, November 2022 lalu. Musim 2023 nanti, mereka sudah siap berkompetisi!

1. Ducati

Ini Formasi Lengkap Crew Chief Tim MotoGP 2023, Siap Kompetisi!Marco Bezzecchi dan Matteo Flamigni (motogp.com)

Di garasi Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia tetap ditemani Cristian Gabbarini. Gabbarini adalah kepala kru Bagnaia sejak 2019. Berbeda dengan Bagnaia, Enea Bastianini punya kepala kru baru.

Bastinini akan didampingi oleh Marco Rigamonti, eks crew chief di garasi Johann Zarco. Crew chief Bastianini musim sebelumnya, Alberto Giribuola, kini menjadi Koordinator Teknis di KTM.

Karena kepala krunya pindah bersama Bastianini, Johann Zarco dari tim Pramac Racing punya pasangan baru. Musim depan, Zarco reuni dengan Massimo Branchini. Zarco dan Branchini pernah bersama merebut gelar juara dunia Moto2 musim 2015 dan 2016. Rekan setim Zarco, Jorge Martin, tetap bersama Daniele Romagnoli.

Di garasi tim Gresini Racing, kedua pembalapnya ditemani crew chief anyar. Fabio Di Giannantoino kini bersama Frankie Carchedi, mantan crew chief Joan Mir di tim Suzuki. Sedangkan Alex Marquez akan didampingi Donatello Giovanotti yang tahun lalu membantu Di Giannantonio.

Tak ada perubahan formasi crew chief di garasi balap Mooney VR46 Racing Team. Luca Marini masih tetap bersama David Munoz, dan Marco Bezzecchi tetap ditemani Matteo Flamigni. Keduanya adalah orang kepercayaan Valentino Rossi.

2. Yamaha

Ini Formasi Lengkap Crew Chief Tim MotoGP 2023, Siap Kompetisi!Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo (motogp.com)

Yamaha hanya akan menurunkan satu tim pabrikan saja pada musim 2023. Di tim Monster Energy Yamaha, kedua pembalapnya masih ditemani kepala kru yang sama.

Fabio Quartararo masih mengandalkan Diogo Gubellini yang telah mendukungnya sejak 2019. Sedangkan Franco Morbidelli masih tetap bekerja sama dengan Patrick Primmer.

Baca Juga: Beda Pecco Bagnaia dan Casey Stoner Menurut Crew Chief Andal Ducati

3. Aprilia

Ini Formasi Lengkap Crew Chief Tim MotoGP 2023, Siap Kompetisi!Aleix Espargaro dan Antonio Jimenez (motogp.com)

Kapten tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro, tetap didampingi Antonio Jimenez untuk musim depan. Sementara Maverick Vinales punya kepala kru baru.

Musim lalu, Vinales didampingi Giovanni Mattarollo. Mulai 2023, Vinales akan bekerja sama dengan Jose Manuel Cazeaux.

Cazeaux adalah eks kepala kru yang menemani Alex Rins dari 2017—2022 di tim Suzuki Ecstar. Vinales dan Cazeaux reuni karena pada 2015 dan 2016 mereka pernah berpasangan saat masih di Suzuki.

Pindah dari Yamaha, tim RNF kini menjadi tim satelit Aprilia. Dua pembalapnya punya crew chief baru. Miguel Oliveira akan didampingi Giovanni Mattarollo, yang tahun lalu mendampingi Vinales.

Sedangkan Raul Fernandez akan dibantu oleh Noe Herrera. Fernandez dan Herrera pun reuni karena mereka pernah setim saat merebut runner-up Moto2 musim 2021.

4. KTM

Ini Formasi Lengkap Crew Chief Tim MotoGP 2023, Siap Kompetisi!Brad Binder di garasi balap tim KTM (motogp.com)

Red Bull KTM Factory Racing kedatangan pembalap anyar. Jack Miller yang musim lalu memperkuat Ducati kini akan menggeber KTM RC16. Miller membawa kepala krunya dari Ducati, Cristian Pupulin, ke KTM. Pupulin sudah bersama Miller sejak 2018. Di Ducati, Pupulin telah bekerja selama 21 tahun.

Rekan setim Miller yang merupakan pembalap andalan KTM, Brad Binder, tetap bersama kepala kru lamanya. Binder masih didampingi Andres Madrid yang menemaninya sejak 2021.

5. GASGAS

Ini Formasi Lengkap Crew Chief Tim MotoGP 2023, Siap Kompetisi!Augusto Fernandez (motogp.com)

Tim anyar rasa lama GASGAS Factory Racing Tech3 diperkuat oleh Pol Espargaro dan rookie Augusto Fernandez. Pol reuni bersama crew chief lamanya, Paul Trevathan. Kepala kru asal Selandia Baru ini pernah menemani Pol Espargaro pada 2017—2020.

Augusto Fernandez, kompatriot Pol dan satu-satunya pembalap debutan musim 2023 akan ditemani Alex Merhand. Musim 2022 lalu Merhand mendampingi Remy Gardner.

6. Honda

Ini Formasi Lengkap Crew Chief Tim MotoGP 2023, Siap Kompetisi!Marc Marquez dan Santi Hernandez (motogp.com)

Honda banyak melakukan perubahan di garasi balapnya. Di tim Repsol Honda, Marc Marquez memang masih berkolaborasi dengan Santi Hernandez, kepala kru yang sudah bersamanya sejak 2011. Namun, Marquez punya rekan setim baru. The Baby Alien akan bertandem dengan Joan Mir.  

Mir sendiri akan didampingi oleh Giacomo Guidotti, mantan crew chief Takaaki Nakagami sejak tiga tahun terakhir. Sebelumnya, Mir dipasangkan dengan Roman Aurin, tetapi Aurin kemudian ditempatkan di tim testing HRC.

Lantaran Guidotti pindah ke garasi Repsol Honda, pembalap tim LCR Honda Takaaki Nakagami akan memiliki kepala kru baru. Nakagami akan didampingi Klaus Nohles. Selama tiga tahun terakhir, Nohles mendampingi Stefan Bradl.

Rekan setim Nakagami di LCR Honda, Alex Rins, akan disandingkan dengan Christophe Bourguignon sebagai crew chief-nya. Sebelumnya, Bourguignon mendampingi Alex Marquez.

7. Daftar crew chief dan pembalap MotoGP musim 2023

Ini Formasi Lengkap Crew Chief Tim MotoGP 2023, Siap Kompetisi!ilustrasi balap MotoGP (motogp.com)

Formasi kepala kru dan pembalap MotoGP musim 2023 sudah lengkap. Setiap tim sudah siap berkompetisi untuk menjadi yang terbaik di atas lintasan.

Berikut ini daftar crew chief pembalap MotoGP 2023:

Ducati Lenovo:

  • Francesco Bagnaia: Cristian Gabbarini;
  • Enea Bastianini: Marco Rigamonti.

Pramac Racing:

  • Johann Zarco: Massimo Branchini;
  • Jorge Martin: Daniele Romagnoli.

Gresini Racing:

  • Fabio di Giannantonio: Frankie Carchedi;
  • Alex Marquez: Donatello Giovanotti.

Mooney VR46 Racing Team:

  • Luca Marini: David Munoz;
  • Marco Bezzecchi: Matteo Flamigni.

Monster Energy Yamaha:

  • Fabio Quartararo: Diogo Gubellini;
  • Franco Morbidelli: Patrick Primmer.

Aprilia Racing:

  • Aleix Espargaro: Antonio Jimenez;
  • Maverick Vinales: Jose Manuel Cazeaux.

CryptoData Aprilia RNF:

  • Miguel Oliveira: Giovanni Mattarollo;
  • Raul Fernandez: Noe Herrera.

Red Bull KTM Factory Racing:

  • Brad Binder: Andres Madrid;
  • Jack Miller: Cristian Pupulin.

GASGAS Factory Racing Tech3:

  • Pol Espargaro: Paul Trevathan;
  • Augusto Fernandez: Alex Merhand.

Repsol Honda:

  • Marc Marquez: Santi Hernandez;
  • Joan Mir: Giacomo Guidotti.

LCR Honda:

  • Takaaki Nakagami: Klaus Nohles;
  • Alex Rins: Christophe Bourguignon.

 

MotoGP musim 2023 akan melombakan 21 seri Grand Prix. Tim yang solid akan sangat menentukan pencapaian dari setiap pabrikan. Dengan pasangan pembalap dan crew chief di atas, siapakah yang akan jadi yang terbaik? Nantikan musim depan.

Baca Juga: Mengenal Crew Chief MotoGP 2022, Tangan Kanan Rider di Garasi Balap

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya