Setelah Andrea Dovizioso Pensiun, Ini 5 Pembalap Tertua di MotoGP 2023

Ada Marc Marquez

Andrea Dovizioso pensiun pada pertengahan musim 2022. Pembalap yang saat itu berusia 36 tahun adalah pembalap paling senior di grid MotoGP.

Setelah Dovizioso tak ada lagi di paddock, maka status pembalap tertua pun diwarisi pembalap lainnya. Simak siapa pembalap yang termasuk ke dalam deretan pembalap paling senior di MotoGP 2023.

1. Aleix Espargaro

Setelah Andrea Dovizioso Pensiun, Ini 5 Pembalap Tertua di MotoGP 2023Aleix Espargaro (motogp.com)

Berusia 33 tahun, Aleix Espargaro kini jadi pembalap tertua di MotoGP 2023. Pembalap asal Spanyol itu lahir di Granollers pada 30 Juli 1989.

Aleix sudah mengaspal di kelas MotoGP sejak 2010. Sejak itu, ia sudah mengumpulkan delapan podium di kelas premier yang satu di antaranya adalah kemenangan.

Pembalap Aprilia Racing ini baru saja merengkuh musim terbaik sepanjang kariernya. Pada 2022, ia merebut kemenangan pertamanya di GP Argentina dan menempati peringkat ke-4 pada klasemen akhir.

2. Johann Zarco

Setelah Andrea Dovizioso Pensiun, Ini 5 Pembalap Tertua di MotoGP 2023Johann Zarco (motogp.com)

Setelah Aleix, pembalap senior lainnya di MotoGP adalah Johann Zarco. Pembalap Prancis berusia 32 tahun ini lahir di Cannes pada 16 Juli 1990.

Zarco turun balap di kelas para raja sejak 2017 dan telah mengemas 15 podium. Sayangnya, pembalap tim Prima Pramac Racing ini masih memburu kemenangan pertamanya di MotoGP.

Baca Juga: Menggeber Suzuki GSX-RR Jadi Momen Terbaik Aleix Espargaro

3. Pol Espargaro

Setelah Andrea Dovizioso Pensiun, Ini 5 Pembalap Tertua di MotoGP 2023Pol Espargaro (motogp.com)

Pol Espargaro, adik kandung dari Aleix Espargaro, juga masuk dalam daftar pembalap tertua di MotoGP 2023. Spaniard berusia 31 tahun lahir di Granollers, 10 Juni 1991.

Pol sudah berkompetisi di kelas utama sejak 2014. Ia sudah meraih total delapan podium. Pembalap yang kini membalap untuk tim GASGAS Factory Racing Tech3 itu masih berjuang menjadi kampiun di MotoGP.

4. Takaaki Nakagami

Setelah Andrea Dovizioso Pensiun, Ini 5 Pembalap Tertua di MotoGP 2023Takaaki Nakagami (motogp.com)

Takaaki Nakagami yang berusia 30 tahun termasuk dalam pembalap senior di grid musim 2023. Satu-satunya pembalap asal Jepang ini lahir di Chiba pada 9 Februari 1992.

Nakagami sudah sejak 2018 membalap untuk tim LCR Honda Idemitsu di MotoGP. Namun, ia belum pernah naik podium. Hasil terbaiknya adalah finis P4 dalam beberapa seri Grand Prix.

Kendati begitu, Nakagami pernah meraih pole position di GP Teruel pada 2020. Ia mencatatkan diri sebagai pembalap Jepang pertama yang jadi polesitter sejak terakhir kali Makoto Tamada meraihnya pada 2004.

5. Marc Marquez

Setelah Andrea Dovizioso Pensiun, Ini 5 Pembalap Tertua di MotoGP 2023Marc Marquez (motogp.com)

Untuk musim 2023, Marc Marquez masuk ke dalam barisan pembalap yang berusia tertua di MotoGP. The Baby Alien yang lahir di Cervera, Spanyol, pada 17 Februari 1993 itu sebentar lagi akan berusia 30 tahun.

Marquez sudah mendominasi kelas premier sejak 2013. Saat itu, meskipun seorang rookie ia mampu merebut gelar juara dunia MotoGP. Pembalap tim Repsol Honda ini sudah mengoleksi enam gelar juara dunia.

Meski mereka terhitung tak muda lagi, kelima pembalap di atas kaya pengalaman di atas lintasan. Pembalap muda jangan anggap remeh, ya. Ingat, usia hanyalah angka!

Baca Juga: Kini Satu Tim, Joan Mir Kagumi Sosok Marc Marquez

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya