Kisah Deniz Oncu yang Sukses Merebut Kemenangan di Moto3, Puas!

Pembalap kelas ringan andalan Turki

Kemenangan Deniz Oncu di Moto3 Austria pada Minggu (20/8/2023) adalah kemenangan keduanya di ajang Grand Prix. Memanfaatkan kelengahan Daniel Holgado dan Ayumu Sasaki yang sedang berduel, Oncu menyalip keduanya tepat di tikungan terakhir Sirkuit Red Bull Ring. Oncu menang dengan selisih tipis 0,005 detik dari Holgado.

Kemenangan pembalap Turki ini menarik untuk dibahas. Pasalnya, Oncu sudah lama menunggu untuk tampil jadi pembalap terkuat saat balapan. Kemenangan pertamanya ia raih pada gelaran Moto3 Jerman di Sirkuit Sachsenring pertengahan Juni lalu. Bak tersengat semangat ekstra, ia makin tampil digdaya di lintasan.

Seperti apa kisah kemenangan pertama pembalap kelas ringan andalan Turki ini? Simak ulasannya!

1. Deniz Oncu mengaspal di ajang Grand Prix sejak 2020, tetapi berkali-kali gagal menang

Kisah Deniz Oncu yang Sukses Merebut Kemenangan di Moto3, Puas!Deniz Oncu berduel dengan Izan Guevara. (motogp.com)

Deniz Oncu pertama kali mengaspal semusim penuh di Moto3 2020. Setahun berikutnya, ia baru merebut podium pertamanya dan mengoleksi total tiga podium pada akhir musim. Memasuki 2022, Oncu makin konsisten, tetapi belum bisa meraih kemenangan.

Oncu bukannya tak bisa merangsek ke barisan terdepan. Pada 2022, ia hampir saja merebut kemenangan pertamanya. Saat beraksi di seri Valencia, Oncu terlibat duel sengit dengan juara dunia Izan Guevara. Selisih keduanya hanya terpaut 0,062 detik untuk kemenangan Guevara.

Kendati begitu, Oncu selalu finis balapan pada tiap Grand Prix yang dilombakan musim itu. Hasil terbaiknya adalah tiga kali finis podium: P3 di Inggris serta P2 di Australia dan Valencia. Ia kemudian bertengger di peringkat ke-5 klasemen akhir dengan total raihan 200 poin.

Baca Juga: Mario Aji Tetapkan Target Tinggi di Moto3 2023

2. Baru merebut kemenangan pada 2023, pecah telur

Kisah Deniz Oncu yang Sukses Merebut Kemenangan di Moto3, Puas!Deniz Oncu (motogp.com)

Memasuki 2023, pembalap berusia 20 tahun tersebut tak mengubur mimpinya untuk menang. Deniz Oncu sejatinya sempat mengalami kesulitan pada awal musim. Ia pernah finis di barisan belakang. Titik terang baru muncul di seri Italia saat finis P2.

Pada Grand Prix seri berikutnya di Jerman, Oncu tampil makin trengginas. Pembalap Turki terus bersaing di barisan depan dengan menempel pemimpin balapan saat itu, Ayumu Sasaki. Keduanya berjarak sekitar 12 detik dari rival di belakangnya.

Oncu dan Sasaki berduel terutama pada putaran terakhir. Oncu harus mempelajari aksi Sasaki agar bisa menyalip di tempat yang tepat. Namun, Sasaki bertahan dengan apik di banyak tikungan.

Tak mau kalah, Oncu bertahan dengan tak melakukan kesalahan. Ia tetap tenang mempelajari gerak-gerik Sasaki, membuntutinya, dan tak membiarkannya pergi. Tepat di tikungan terakhir Sirkuit Sachsenring, Oncu melancarkan serangannya sehingga membuat Sasaki tak berdaya. Oncu menang dengan selisih 0,095 detik saja dan merebut kemenangan pertamanya.

“Aku banyak kehilangan (kemenangan) pada banyak balapan dengan jarak tipis di lintasan lurus. Pada akhirnya, kali ini aku yang menang. Itu adalah klik yang aku cari,” ungkap Oncu seperti dilansir Corsedimoto.

3. Deniz Oncu kini jadi pembalap populer di Turki

Kisah Deniz Oncu yang Sukses Merebut Kemenangan di Moto3, Puas!Deniz Oncu (motogp.com)

Deniz Oncu kini menyamai prestasi kakaknya, Can Oncu, yang juga pemenang balapan Moto3. Can adalah pencetak rekor pembalap termuda yang memenangi balapan Grand Prix di Valencia pada 2018. Ia meraihnya pada usia 15 tahun dan 115 hari saat menjadi pembalap wildcard.

Kemenangan Oncu pun jadi kabar baik bagi dunia balap Turki. Selain punya pembalap pemenang di ajang World Superbike lewat Toprak Razgatlioglu, Turki sekarang punya kampiun di ajang Grand Prix. Oncu pun bertransformasi menjadi salah satu atlet balap terkenal di negaranya.

“Dampak (kemenangan) cukup besar. Aku menerima ribuan pesan di media sosial. Aku juga masuk di semua program televisi yang biasanya hanya melaporkan acara olahraga besar. ‘Deniz Oncu memenangi GP’, namaku terbaca di mana-mana. Itu membuatku sangat bangga,” kata pembalap Red Bull KTM Ajo ini dilansir Speedweek.

Prestasi Deniz Oncu kian menanjak. Dua kemenangan yang ia raih sejauh ini bakal menambah semangatnya untuk makin kompetitif. Berapa kemenangan lagi yang bisa ia raih hingga akhir musim, ya?

Baca Juga: Daniel Holgado dan Diogo Moreira Cetak Sejarah di Moto3 Portugal

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya