Lin Jarvis Kecewa Franco Morbidelli Tak Sesuai Harapan

Yamaha berharap lebih pada Morbidelli

Franco Morbidelli masih belum bisa tampil maksimal pada musim 2022. Selama enam balapan terakhir, pembalap asal Italia-Brasil itu hanya pernah sekali finis di posisi sepuluh besar.

Raihan 18 poin pada klasemen sementara hanya menempatkan Franco Morbidelli pada peringkat ke-16. Selisih dengan Fabio Quartararo, rekan setimnya, yang memuncaki klasemen pun mencapai 71 poin.

Saat seri balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Morbidelli hanya mampu membawa pulang satu poin. Tak heran jika Lin Jarvis kecewa dengan performa pembalap bernomor 21 itu. Yuk, simak ulasan lengkap seputar pendapat bos Yamaha tersebut terhadap Franco Morbidelli berikut ini!

1. Franco Morbidelli pernah jadi runner up juara dunia MotoGP

Lin Jarvis Kecewa Franco Morbidelli Tak Sesuai Harapanpotret Franco Morbidelli (motogp.com)

Pencapaian terbaik Franco Morbidelli selama berkarier di kelas premier adalah menjadi runner up kejuaraan dunia musim 2020. Penampilan Morbidelli yang konsisten membuatnya mampu mengungguli Fabio Quartararo yang tampil kuat pada awal musim.

Hasil itu jadi pertimbangan bagi Yamaha untuk mempromosikan Morbidelli sebagai pembalap tim pabrikan. Ia merupakan pilihan utama untuk menggantikan Maverick Vinales yang hengkang pada pertengahan musim 2021.

2. Performa Franco Morbidelli musim 2022 belum sesuai harapan

Lin Jarvis Kecewa Franco Morbidelli Tak Sesuai Harapanpotret Franco Morbidelli (motogp.com)

Harapan Yamaha agar Franco Morbidelli bisa berkontribusi ternyata tak kunjung terwujud. Tahun 2021 jadi salah satu musim terburuk bagi Morbidelli lantaran ia berkutat dengan cedera berkepanjangan. 

Memasuki musim 2022, performa Morbidelli tak kunjung membaik. Alumni VR46 Racing Academy itu masih kesulitan beradaptasi dengan YZR-M1 yang dinilai tak lagi mudah dikendarai.

“Kami punya kecepatan yang baik saat pemanasan. Itu salah satu hal baik. (Namun, kondisi balapan di Sirkuit Jerez berbeda). Setelah hanya tiga putaran, suhu ban depan jauh lebih tinggi dari biasanya. Selama balapan aku tak bisa mendorong untuk seluruh putaran,” kata Morbidelli dilansir Corsedimoto.

Baca Juga: Lin Jarvis Tak Menyangka Quartararo Pimpin Klasemen MotoGP 2022

3. Lin Jarvis kecewa dengan hasil balapan Morbidelli

Lin Jarvis Kecewa Franco Morbidelli Tak Sesuai Harapanpotret Lin Jarvis, bos tim pabrikan Yamaha (motogp.com)

Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, tak menutupi rasa kecewanya. Manajer berpengalaman asal Inggris itu merasa kecewa dengan performa salah satu pembalap tim pabrikannya. Di Sirkuit Jerez, Franco Morbidelli menyelesaikan balapan dengan selisih 27 detik di belakang Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo yang terlebih dahulu melewati garis finis.

“Itu mengecewakan, aku berharap lebih baik lagi. Morbidelli punya pengaturan motor yang bagus. Kami mengubah sesuatu pada motornya. Sejujurnya, aku berharap lebih banyak,” kata Lin Jarvis dikutip Corsedimoto.

4. Sama dengan bos Yamaha, Morbidelli pun kecewa dengan hasil yang ia dapatkan

Lin Jarvis Kecewa Franco Morbidelli Tak Sesuai Harapanpotret Franco Morbidelli (motogp.com)

Kekecewaan Lin Jarvis sampai ke telinga Morbidelli. Pembalap berusia 27 tahun itu tak mencoba membela diri. Finis di posisi ke-15 dan hanya mengumpulkan poin yang minimal tentu jadi hasil yang tak memuaskan.

“Aku juga merasa kecewa,” ungkap Morbidelli seperti dikutip Corsedimoto.

5. Masa depan Morbidelli di Yamaha masih aman hingga 2023

Lin Jarvis Kecewa Franco Morbidelli Tak Sesuai Harapanpotret Franco Morbidelli (motogp.com)

Meski mengecewakan, posisi Franco Morbidelli di Yamaha akan aman sampai musim depan. Morbidelli jadi salah satu pembalap MotoGP yang kontraknya masih panjang. Ia memegang kontrak dengan Yamaha hingga akhir 2023; berbeda dengan kebanyakan rider lain yang kontraknya selesai pada akhir musim ini.

Meski begitu, sulit membayangkan apakah pabrikan Iwata masih menginginkan Morbidelli jika performanya tak kunjung membaik. Sementara itu, beberapa rider dari tim KTM dan Toprak Razgatlioglu masuk radar Yamaha untuk memperkuat skuad tim garpu tala pada musim 2023.

Bursa pembalap untuk musim depan masih panas. Kendati memegang kontrak hingga tahun depan, Morbidelli harus lekas memberikan hasil yang memuaskan jika tak ingin terus mengecewakan para petinggi Yamaha. Mungkinkah Morbidelli akan tampil apik pada seri balapan berikutnya?

Baca Juga: Bos Yamaha Tak Begitu Senang dengan Hasil Tim WithU RNF MotoGP

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya