3 Manuver Epik Francesco Bagnaia di MotoGP Jerez, Agresif!

Bukti kehebatan seorang juara dunia

MotoGP Spanyol yang dihelat di Sirkuit Jerez pada Minggu (28/4/2024) berlangsung menegangkan. Beberapa pembalap menyuguhkan pertarungan spektakuler yang layak dikenang. Salah satunya adalah duel antara Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Marc Marquez (Gresini Racing).

Marquez yang merebut pole position punya kans menang balapan. Namun, Bagnaia yang start dari urutan ke-7 tak kehilangan ambisi untuk jadi kampiun. Bagnaia yang mengendarai Desmosedici GP24 pun akhirnya jadi protagonis sepanjang balapan.

Bagnaia dengan bangga melewati garis finis sebagai pemenang. Juara dunia MotoGP dua kali itu berhasil menahan serangan dari juara dunia MotoGP enam kali, Marc Marquez. Bagi Bagnaia, seri Spanyol jadi salah satu balapan paling penting dalam kariernya.

“Aku punya catatan luar biasa di GP Thailand tahun lalu. Balapan ini bagus, tetapi balapan pada 2023 tak kalah menariknya, juga di Mugello 2022. Ada banyak sekali, tetapi (balapan di Jerez) ini pasti masuk lima besar,” kata Francesco Bagnaia dilansir Corsedimoto.

Setidaknya ada tiga manuver epik yang dilakukan Bagnaia sepanjang melakoni main race di Sirkuit Jerez. Dengan manuver tersebut, ia bisa berada di posisi terdepan dan menjadi yang tercepat. Simak ulasannya berikut ini!

1. Francesco Bagnaia menyalip dua motor sekaligus pada lap pertama

3 Manuver Epik Francesco Bagnaia di MotoGP Jerez, Agresif!potret Francesco Bagnaia (motogp.com)

Francesco Bagnaia tak berhasil start dari baris terdepan. Dengan hasil kualifikasi yang tak maksimal, Bagnaia hanya memulai balapan dari urutan ke-7. Mau tak mau, ia harus melakoni start dengan agresif.

Bagnaia pun melakukan tepat apa yang direncanakannya. Pada lap pertama, ia melakukan manuver terpenting selama balapan. Di titik pengereman di tikungan enam, Bagnaia menyalip dua motor sekaligus. Ia melewati Marco Bezzecchi (Pertamina Mandalika VR46 Racing Team) dan Jorge Martin (Pramac Racing) dari sisi luar garis balap.

Dengan manuver itu, Bagnaia langsung berada di posisi ke-2 dan bisa memburu posisi pertama yang akhirnya ia dapatkan. Rider tim pabrikan Ducati itu mengakui bahwa manuver ini adalah aksi paling penting yang dilakukannya sepanjang balapan.

“Fase awal ini menandai 60 persen balapanku,” kata Francesco Bagnaia seperti dilansir Motorsport-total.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Nikmati Duel Lawan Marc Marquez di GP Spanyol 2024

2. Francesco Bagnaia bertahan sekaligus menyerang Marquez

3 Manuver Epik Francesco Bagnaia di MotoGP Jerez, Agresif!potret Marc Marquez (motogp.com)

Memimpin jalannya balapan pada banyak putaran, Francesco Bagnaia ditantang Marc Marquez pada lima lap terakhir. Marquez yang berhasil merebut posisi ke-2 dari Marco Bezzecchi dengan pasti menyusul Bagnaia. Duel di antara dua juara dunia pun tak terhindarkan.

Bagnaia menggunakan taktik yang mirip dengan balapan pada musim 2021 di Aragon. Kala itu, ia langsung membalas serangan Marquez setiap kali ia disalip. Di Jerez ini, duel menentukan terjadi pada lap 21 dan 22, tepatnya di tikungan 9 dan 10.

Pada lap 21, Marquez melewati Bagnaia di bagian dalam tikungan 9. Namun, Bagnaia tak tinggal diam. Ia langsung kembali mengejar Marquez dan masuk dari sisi dalam tikungan berikutnya. Marquez pun mencoba menutup celah tersebut sehingga sedikit senggolan terjadi. Roda depan Bagnaia mengikis bagian tangan kanan baju balap marquez.

Marquez yang tak bisa berbuat banyak membiarkan Bagnaia memimpin. Satu lap kemudian, Marquez kembali mencoba menyalip Bagnaia di tikungan sembilan. Hanya saja, kali ini ia tak bisa mempertahankan garisnya sehingga Bagnaia kembali bisa merebut posisinya dengan mudah.

3. Francesco Bagnaia mencetak new all-time lap record di Sirkuit Jerez

3 Manuver Epik Francesco Bagnaia di MotoGP Jerez, Agresif!Francesco Bagnaia menang di Sirkuit Jerez musim 2024. (motogp.com)

Diserang Marc Marquez dengan brutal, Francesco Bagnaia merespons dengan mengeluarkan rekor kecepatan terbaiknya. Pada tiga lap terakhir, Bagnaia mencetak new all-time lap record dengan mencatatkan waktu 1 menit 37,449 detik. Pencapaian tersebut termasuk luar biasa karena ia melakukannya ketika sudah melakoni 22 dari total 25 lap.

Dengan menjadi pembalap paling cepat di lintasan, Bagnaia pun menjadi kampiun. Marquez tak bisa lagi mengejarnya. Bagnaia finis 0,4 detik di depan Marquez dan menjadi kampiun di Sirkuit Jerez untuk ketiga kalinya secara beruntun.

MotoGP seri berikutnya akan digelar di Sirkuit Le Mans, Prancis. Balapan bertajuk Michelin Grand Prix de France dijadwalkan pada 10—12 Mei 2024. Duel seperti apa yang nantinya terjadi?

Baca Juga: Pasang Surut Francesco Bagnaia pada Awal MotoGP 2024

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya