Marc Marquez, Joan Mir, dan Cal Crutchlow Comeback di MotoGP Aragon

Mereka akan meramaikan persaingan di lintasan

Gelaran MotoGP Aragon yang berlangsung pada Minggu (18/9/2022) akan menyuguhkan tayangan berbeda. Pasalnya, ada beberapa pembalap yang comeback setelah lama tak terlihat.

Marc Marquez, Joan Mir, dan Cal Crutchlow comeback di MotoGP Aragon untuk memperkuat tim masing-masing. Marquez dengan Repsol Honda, Mir dengan Suzuki Ecstar, dan Crutchlow dengan tim satelit Yamaha.

1. Marc Marquez sudah pulih dari cedera

Marc Marquez, Joan Mir, dan Cal Crutchlow Comeback di MotoGP AragonMarc Marquez (motogp.com)

Operasi keempat Marc Marquez sukses memulihkan kondisi humerusnya. Dalam 2 hari tes MotoGP di Misano, pembalap berusia 29 tahun ini bisa memacu RC213V lebih dari 100 putaran dan menempati peringkat ke-13 pembalap tercepat.

Dengan kondisi yang membaik, Marquez pun memutuskan untuk turun balap di Sirkuit Aragon. Itu berarti ia akan comeback ke balapan MotoGP usai rehat selama lebih dari 100 hari.

“Kami akan berada di GP Aragon, tentu saja turun balap. Setelah berbicara dengan tim dokter, kami memutuskan bahwa cara terbaik untuk memulihkan kondisiku adalah dengan kembali berada di atas motor, menambah kilometer untuk musim depan,” kata Marquez dikutip The Race.

2. Marc Marquez pun bersiap untuk MotoGP 2023

Marc Marquez, Joan Mir, dan Cal Crutchlow Comeback di MotoGP AragonMarc Marquez (motogp.com)

Di Sirkuit Aragon, Marc Marquez punya rekor yang mengesankan. Sejauh ini, ia mencatatkan lima kemenangan di sirkuit sepanjang 5,1 km tersebut.

Meski begitu, tampaknya target Marquez di balapan nanti bukan merebut kemenangan. Honda mengonfirmasi bahwa tujuannya adalah untuk meningkatkan kebugaran Marquez di atas motor, plus menilai performanya selama balapan akhir pekan yang intens.

Lebih jauh, balapan di Aragon akan jadi ajang latihan bagi Marquez untuk tampil maksimal musim depan. Pada MotoGP 2023 nanti, Marquez bertandem dengan Joan Mir.

Baca Juga: Marc Marquez Yakin Honda Kuat Saat Tandem dengan Joan Mir

3. Joan Mir pulih dari cedera dengan kondisi 90 persen

Marc Marquez, Joan Mir, dan Cal Crutchlow Comeback di MotoGP AragonJoan Mir (motogp.com)

Pembalap tim Suzuki Ecstar, Joan Mir, juga akan comeback pada seri MotoGP Aragon. Mir sempat cedera tulang talus dan ligamen pada pergelangan kakinya. Setelah beristirahat dan absen dari seri San Marino, kini Mir merasa siap untuk kembali mengaspal.

“Aku sangat senang bisa datang ke Aragon, tidak mudah melewatkan balapan dan menonton TV di rumah! Akhirnya, aku pulih dengan baik dari cedera pergelangan kaki. Aku pikir kebugaranku akan berada di kisaran 90 persen pada akhir pekan ini. Bukan hal yang buruk,” kata Mir dilansir laman MotoGP.

Joan Mir akan tetap menjalani pemeriksaan medis lebih lanjut di sirkuit jelang sesi latihan bebas hari Jumat. Ini merupakan protokol standar saat seorang pembalap pulih dari cedera.

4. Cal Crutchlow jadi pengganti Andrea Dovizioso

Marc Marquez, Joan Mir, dan Cal Crutchlow Comeback di MotoGP AragonCal Crutchlow (motogp.com)

Tak hanya Marquez dan Mir, Cal Crutchlow juga balik ke lintasan MotoGP untuk menggantikan Andrea Dovizioso yang pensiun. Pembalap yang kini menjadi test rider Yamaha tersebut memperkuat tim WithU RNF Yamaha pada enam seri balap terakhir musim 2022.

Dimulai dari Aragon, Crutchlow juga akan turun balap di Motegi, Buriram, Philip Island, Sepang, dan Ricardo Tormo. Ia bersanding dengan rookie Darryn Binder.

5. Cal Crutchlow targetkan balapan yang apik di Aragon

Marc Marquez, Joan Mir, dan Cal Crutchlow Comeback di MotoGP AragonCal Crutchlow saat shakedown test di Sirkuit Sepang. (motogp.com)

Cal Crutchlow akan memacu YZR-M1 spesifikasi pabrikan yang ditinggalkan Andrea Dovizioso. Bagi Crutchlow, peran pembalap pengganti jadi tantangan tersendiri.

“Kembali lagi balapan bukan hal mudah. Tak ada yang seperti balapan. Kamu bisa menguji apa pun yang kamu mau, merasakan semuanya, dan memiliki ritme seperti balapan. Akan tetapi, ketika melihat penampilan pembalap lain musim ini, kompetisinya begitu kuat.

Jadi, aku hanya akan melakukan pekerjaanku sebaik mungkin agar hasilnya cukup bagus untuk Yamaha. Karena dengan begitu kami dapat memberikan informasi tentang kondisi motor saat ini,” kata rider asal Inggris itu dilansir Crash.

Marc Marquez, Joan Mir, dan Cal Crutchlow tentu ingin hasil maksimal pada balapan comeback-nya di Aragon. Menurut kamu, siapa yang akan finis paling depan?

Baca Juga: Joan Mir Ingin Nikmati Seri-Seri Terakhir Bersama Suzuki

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya