Marco Bezzecchi Runner-Up di Assen, Kukuhkan Status Rookie Tercepat

Bisa liburan musim panas dengan semringah

Marco Bezzecchi sukses jadi rookie tercepat pada balapan MotoGP seri Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2022). Rider yang mengendarai Ducati Desmosedici GP21 itu berhasil menuntaskan balapan sebagai runner-up di depan para pembalap lainnya.

Hasil ini jelas saja membuat Bezzecchi dan tim Mooney VR46 Racing semringah. Pasalnya, mereka mendapat tambahan poin berharga sebelum liburan musim panas. Bahkan, mampu merebut podium pertama mereka di kelas MotoGP.

Lalu, bagaimana dengan performa para pembalap debutan lainnya? Simak ulasannya berikut ini!

1. Marco Bezzecchi (2)

Marco Bezzecchi Runner-Up di Assen, Kukuhkan Status Rookie TercepatMarco Bezzecchi (motogp.com)

Marco Bezzecchi tampil kuat sejak sesi latihan bebas. Pembalap bernomor 72 itu bahkan mampu tampil trengginas saat sesi kualifikasi. Hasilnya, ia memulai balapan dari urutan ke-4 di grid.

Keunggulan ini tentunya tak disia-siakan oleh Bezzecchi. Apalagi setelah terjadi insiden antara Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro, Bezzecchi pun mewarisi posisi ke-2 di lintasan.

Secara konsisten, murid Valentino Rossi itu terus berada di posisi podium di belakang Francesco Bagnaia. Hingga menyentuh garis finis, kedudukan Bezzecchi pun tak berubah.

“Sejujurnya aku tak bisa berkata-kata. Fantastis untuk bisa bisa membuat hasil ini jadi mungkin. Tim kami bekerja luar biasa musim ini. Terima kasih untuk semua pihak, keluargaku, pacaku. Sekarang, aku bisa liburan dengan bahagia,” kata Bezzecchi kepada reporter MotoGP saat wawancara sebelum menaiki podium.

Pada klasemen sementara, Bezzecchi kini bertengger di posisi ke-14 dengan raihan 55 poin. Ia berada tepat di atas rekan setimnya, Luca Marini.

2. Fabio Di Giannantonio (14)

Marco Bezzecchi Runner-Up di Assen, Kukuhkan Status Rookie TercepatFabio Di Giannantonio (motogp.com)

Fabio Di Giannantonio tampil cukup kompetitif di Sirkuit Assen. Saat balapan, pembalap tim Gresini Racing itu sempat bersaing untuk posisi sepuluh besar.

Sayangnya, Diggia tak bisa mempertahankan tempatnya hingga akhir balapan. Start dari urutan ke-15, rider asal Italia itu finis di posisi ke-14. Ia harus puas mendapat tambahan 2 poin dan total mengumpulkan 18 poin pada klasemen sementara.

Baca Juga: 9 Fakta di Balik Sosok Marco Bezzecchi, Pembalap Tuan Rumah GP Italia

3. Remy Gardner (19)

Marco Bezzecchi Runner-Up di Assen, Kukuhkan Status Rookie TercepatRemy Gardner (motogp.com)

Remy Gardner tak mendapat tambahan poin di MotoGP Belanda. Pembalap debutan tim Tech3 KTM itu tak terlalu kompetitif di atas RC16.

Start dari urutan ke-19, ia finis di posisi yang sama. Remy Gardner baru mengoleksi 9 poin pada klasemen sementara musim ini dan menempati peringkat ke-23.

4. Raul Fernandez (DNF)

Marco Bezzecchi Runner-Up di Assen, Kukuhkan Status Rookie TercepatRaul Fernandez (motogp.com)

Raul Fernandez tak menuntaskan balapan di Sirkuit Assen. Pembalap asal Spanyol ini harus kembali ke pitbox lantaran terkena cedera arm pump pada lengan kanannya.

Rider tim Tech3 KTM itu belum bisa menjaga tren positifnya di MotoGP. Padahal pada dua balapan sebelumnya, ia bisa finis di posisi poin saat balapan di Catalunya dan Jerman. Raul Fernandez saat ini mengoleksi 5 poin.

5. Darryn Binder (DNF)

Marco Bezzecchi Runner-Up di Assen, Kukuhkan Status Rookie TercepatDarryn Binder (motogp.com)

Darryn Binder tak membayangkan akan mengakhiri balapan di Assen lebih awal. Pembalap debutan tim WithU Yamaha RNF ini terjatuh setelah melewati beberapa putaran.

Pada klasemen sementara, ia mengemas 10 poin berkat penampilan apik di MotoGP Indonesia dan Catalunya. Ia berada di peringkat ke-21.

 

Sudah menjalani separuh musim di kelas MotoGP, para rookie menunjukkan kemampuan adaptasinya di atas motor terganas di dunia. Lima pekan ke depan mereka akan menikmati waktu santai pada liburan musim panas. Setelahnya, barulah mereka bersiap untuk melibas Sirkuit Silverstone, Inggris, yang dijadwalkan tanggal 7 Agustus 2022.

Baca Juga: Marco Bezzecchi Ingin Mencicipi Podium Pertamanya pada 2022

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya