3 Merek yang Jadi Sponsor Utama VR46 Racing Team, Ada dari Indonesia

Tim milik Valentino Rossi di MotoGP

Musim 2024 menandai tahun ketiga keikutsertaan VR46 Racing Team di kelas premier MotoGP. Jika ditarik rentang waktu lebih panjang, maka tim balap milik Valentino Rossi ini sudah lahir sejak 2014 silam di kelas Moto3. Mereka lalu masuk ke Moto2 pada 2017. Tujuan tim yang bermarkas di Tavulia ini adalah mendukung talenta muda Italia agar bisa tampil kompetitif di ajang Grand Prix.

VR46 Racing Team bukan tim sembarangan. Selama 1 dekade mengaspal di kompetisi kelas dunia, berbagai prestasi telah direngkuh. Bersama Francesco Bagnaia, tim ini pernah merebut gelar juara dunia Moto2 2018.

Tak hanya itu, pada 2020, tim balap ini memenangi kejuaraan dunia tim kelas intermediate. Prestasi lain pun terus mengikuti. Dalam 2 tahun keikutsertaannya di kelas premier, VR46 Racing Team telah mengoleksi 3 kemenangan, 9 podium, dan gelar Rookie of the Year 2022 lewat Marco Bezzecchi. Ia juga menempati posisi tiga besar dalam klasemen akhir MotoGP 2023.

Selama berdiri hingga saat ini, ada tiga merek yang jadi sponsor utama VR46 Racing Team. Salah satunya tentu saja dari Tanah Air. Apa saja merek tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

1. Sky, perusahaan TV berbayar asal Italia

3 Merek yang Jadi Sponsor Utama VR46 Racing Team, Ada dari Indonesiapotret Francesco Bagnaia di Moto2 musim 2018 (motogp.com)

Sky menjadi merek pertama dan terlama yang menjadi sponsor VR46 Racing Team. Sejak 2014 hingga 2021, perusahaan televisi berbayar asal Italia ini menjadi penyokong utama. Kemitraan keduanya menghasilkan nama Sky Racing Team VR46 untuk kelas Moto3.

Tim ini menggeber motor KTM RC250GP yang dikendarai Romano Fenati dan Francesco Bagnaia. Saat musim perdananya, tim milik The Doctor sudah mendulang empat kemenangan lewat Fenati yang menutup kejuaraan di peringkat ke-5 klasemen. Bertahan selama 7 tahun, kemitraan mereka di kelas ringan berakhir pada 2020.

Di kelas Moto2, Sky Racing Team VR46 mulai mengaspal pada 2017. Setahun kemudian, tim ini merebut gelar juara dunia lewat Bagnaia. Di kelas intermediate, kerja sama Sky dan VR46 Racing berlangsung hingga pengujung musim 2021.

Selain di Moto3 dan Moto2, logo perusahaan Sky juga sempat mejeng di kelas premier selama semusim. Pada 2021, Luca Marini naik ke kelas MotoGP dengan membawa atribut tim. Kendati bekerja sama dengan tim Esponsorama Ducati, Marini tetap menggunakan livery Sky Racing Team VR46 pada motor dan baju balapnya.

Baca Juga: Pertamina Enduro VR46 Siap Menyelesaikan PR di MotoGP 2024

2. Mooney, perusahaan keuangan asal Italia

3 Merek yang Jadi Sponsor Utama VR46 Racing Team, Ada dari Indonesiapotret Marco Bezzecchi (motogp.com)

Kehilangan Sky sebagai sponsor utama, Valentino Rossi dikabarkan akan mendapatkan dana segar dari Aramco, perusahaan minyak asal Arab Saudi. Sayangnya, kabar ini tak menjadi kenyataan. Sebagai gantinya, tim VR46 Racing mendapatkan sponsor dari Mooney, sebuah perusahaan asal Italia yang beroperasi di bidang perbankan dan pembayaran.

Sepanjang 2022 dan 2023, tim ini menggunakan nama Mooney VR46 Racing Team. Luca Marini dan Marco Bezzecchi menjadi pembalap andalan di kelas MotoGP. Sedangkan, di Moto2, tim ini diperkuat Celestino Vietti dan Niccolo Antonelli, tetapi hanya semusim lantaran VR46 Racing menghentikan keikutsertaannya di kelas intermediate.

3. Pertamina Lubricants, perusahaan pelumas asal Indonesia

3 Merek yang Jadi Sponsor Utama VR46 Racing Team, Ada dari Indonesiapotret Marco Bezzecchi (motogp.com)

Memasuki 2024, tim milik Valentino Rossi mendapatkan sponsor utama anyar. VR46 Racing Team dan PT Pertamina Lubricants berkolaborasi dan menghasilkan nama Pertamina Enduro VR46 Racing Team. Kerja sama ini akan berlangsung selama 3 musim hingga 2026.

Logo produk pelumas asal Indonesia ini akan ditempatkan pada baju balap, helm, area teknis, dan seluruh aset komunikasi VR46 Racing Team. Ini juga ada pada motor Ducati Desmosedici GP23 yang ditunggangi Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio alias Diggia. Livery mereka dibalut warna kuning khas Rossi yang mencolok.

MotoGP 2024 melombakan 21 seri balap. Dengan begitu, ada banyak kesempatan bagi Bezzecchi dan Diggia untuk merebut podium bahkan kemenangan. Prestasi apa yang bakal direngkuh Pertamina Enduro VR46 Racing Team musim ini, ya?

Baca Juga: Warisan Rossi Bikin Kikuk Pertamina Enduro VR46 dengan Ducati

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya