Miguel Oliveira Kurang Beruntung di MotoGP 2023, Sering Ditabrak!

Cedera berpengaruh kepada performa balap

Miguel Oliveira menjadi penghuni papan tengah di MotoGP 2023. Sepanjang musim, ia kesulitan bersaing di barisan depan. Itu terjadi bukan karena kesalahannya sendiri. Dalam beberapa kesempatan, ia ditabrak pembalap lain hingga cedera.

Akibat cedera itulah Oliveira kehilangan banyak kesempatan. Misalnya saja empat kali absen balapan. Cedera yang beragam pun berpengaruh kepada performa balapnya. Pembalap tim satelit CrytoDATA RNF Aprilia ini tercatat tujuh kali did not finish (DNF) alias gagal menuntaskan balapan.

Kecelakaan apa saja yang membuat Miguel Oliveira didera banyak cedera? Simak ulasannya berikut ini!

1. Oliveira tertabrak Marc Marquez di main race seri Portugal

Miguel Oliveira Kurang Beruntung di MotoGP 2023, Sering Ditabrak!Marc Marquez, Jorge Martin, dan Miguel Oliveira terlibat kecelakaan di Sirkuit Portimao. (motogp.com)

GP Portugal adalah balapan kandang bagi Miguel Oliveira. Balapan yang digelar di Sirkuit Algarve ini sejatinya bisa jadi ladang bagi Oliveira untuk mendulang poin tinggi. Pasalnya, Oliveira memulai balapan dengan apik dan sempat memimpin di barisan depan.

Sayangnya, keunggulan Oliveira tak bertahan lama. Pada lap berikutnya, ia terlibat kecelakaan beruntun yang disebabkan Marc Marquez. Saat berusaha menyalip Jorge Martin, Marquez justru menabraknya sehingga keduanya menabrak Oliveira yang ada di depan. Akibat kecelakaan ini, Oliveira menderita kerusakan pada ligamen paha kanannya. Ia baru kembali mengaspal dua seri berikutnya di GP Amerika Serikat.

2. Tertabrak Fabio Quartararo di main race seri Spanyol

Miguel Oliveira Kurang Beruntung di MotoGP 2023, Sering Ditabrak!ilustrasi balap MotoGP (motogp.com)

Pada beberapa seri berikutnya, Miguel Oliveira kembali terlibat kecelakaan parah. Kali ini giliran Fabio Quartararo yang menyenggol Oliveira di tikungan dua Sirkuit Jerez. Keduanya lalu terlempar ke luar lintasan. Saking parahnya kecelakaan, red flag pun sempat berkibar.

Akibat kecelakaan ini, Oliveira menderita cedera dislokasi bahu bagian kiri. Pada akhirnya, cedera ini mengubah ritme balapnya. Oliveira melewatkan seri Prancis di Sirkuit Le Mans. Kendati ia kembali mengaspal di Sirkuit Mugello, Sachsenring, dan Assen, hasilnya tak memuaskan.

Baca Juga: Bertemu Risman di Mandalika, Miguel Oliveira: Kamu Bawa Keberuntungan!

3. Pernah juga menabrak Aleix Espargaro di sprint race seri Qatar

Miguel Oliveira Kurang Beruntung di MotoGP 2023, Sering Ditabrak!potret Miguel Oliveira (motogp.com)

Pada akhir musim, Miguel Oliveira mencoba kembali kompetitif. Sayangnya, ia malah terlibat kecelakaan fatal lainnya. Kali itu kecelakaan terjadi karena kesalahannya sendiri.

Oliveira terlibat kecelakaan dengan Aleix Espararo dan Enea Bastianini di tikungan enam pada lap pembuka sesi sprint GP Qatar. Pembalap Portugal ini pun mengalami cedera pada tulang belikat bahu kanan. Ia harus absen pada sesi main race hari berikutnya.

4. Meski banyak absen dan tak finis balapan, bos Aprilia tetap percaya kepada Miguel Oliveira

Miguel Oliveira Kurang Beruntung di MotoGP 2023, Sering Ditabrak!Massimo Rivola (motogp.com)

Sepanjang musim 2023, Miguel Oliveira hanya meraih 76 poin. Pembalap yang telah lima kali menang di MotoGP bersama KTM ini menempati peringkat ke-16 di klasemen akhir. Kendati begitu, Massimo Rivola tetap yakin bahwa Olivera bisa tampil kompetitif.

Rivola ingin agar Oliveira pulih dari cederanya dengan sempurna. Terutama, ia ingin agar Olivera kembali punya kepercayaan diri. Seperti Enea Bastianini yang sempat cedera panjang, tetapi bisa kembali menjadi pemenang pada seri Malaysia.

“(Cedera) juga terjadi dengan Enea dan aku sangat senang melihatnya menang lagi. Itu berarti kamu bisa mendapatkan kembali kepercayaan dirimu. Itu juga berarti pesan untuk Miguel. (Kemenangan) itu akan datang. Ia punya tiap peluang dan itu akan datang,” kata CEO Aprilia Racing itu dikutip Speedweek.

Untuk 2024, Miguel Oliveira masih akan mengendarai Aprilia RS-GP. Hanya saja, ia akan berseragam tim Trackhouse Racing sebagai penerus tim RNF. Pada musim berikutnya, bisakah Oliveira bernasib lebih mujur dan meraih hasil balap lebih baik?

Baca Juga: Augusto Fernandez dan Miguel Oliveira Crash di Tikungan 1 Mandalika

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya