MotoGP 2022 Jadi Ajang Reuni, Banyak yang Kumpul Lagi!

Bisa saling memotivasi

MotoGP musim 2022 hanya tinggal hitungan hari dimulai. Seri pertama akan berlangsung pada 6 Maret 2022 di Sirkuit Losail, Qatar. Sebanyak 24 pembalap yang tergabung dalam 12 tim akan bersaing untuk memperebutkan gelar juara.

Menariknya, dari jumlah tersebut, ada beberapa pembalap yang reuni dalam satu tim, karena pernah membela panji yang sama di kelas berbeda, baik di Moto3 dan Moto2. Kerbersamaan mereka di tim MotoGP saat ini tak ubahnya seperti reuni. Siapa saja sih mereka? Simak ulasannya di bawah ini dilansir dari berbagai sumber.

1. Brad Binder dan Miguel Oliveira

MotoGP 2022 Jadi Ajang Reuni, Banyak yang Kumpul Lagi!Miguel Oliveira dan Brad Binder (motogp.com)

Brad Binder dan Miguel Oliveira saat ini membela Red Bull KTM Factory Racing. Sudah sejak tahun lalu mereka satu tim, setelah Oliveira menggantikan Pol Espargaro yang pindah ke Repsol Honda.

Sebelumnya, mereka pernah bertandem di Red Bull KTM Ajo Moto3 pada 2015. Sempat berpisah pada 2016, setahun kemudian mereka kembali satu tim di Moto2, yaitu Red Bull KTM Ajo yang mulai menjajaki kelas intermediate.

Binder dan Oliveira menjadi pasangan yang pernah bersama di semua kelas. Tak heran hubungan pribadi keduanya begitu dekat.

Baca Juga: Kerikil Sirkuit Mandalika Jadi Masalah Serius Jelang MotoGP

2. Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio

MotoGP 2022 Jadi Ajang Reuni, Banyak yang Kumpul Lagi!Tim Gresini Racing, Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio (motogp.com)

Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio adalah pembalap andalan tim Gresini Racing. Baru pada 2022, mereka kembali berpasangan setelah cukup lama berpisah.

Pada 2016, Bastianini dan Digia berjuang bersama di kelas Moto3 di bawah naungan Honda Gresini. Setelah setahun bersama, keduanya berpisah.

Bastianini jadi kutu loncat karena pindah ke tim-tim berbeda hingga naik ke kelas MotoGP pada 2021 membela Avintia Esponsorama. Sementara Diggia juga sempat bergabung ke tim lain sebelum akhirnya kembali lagi membela Gresini Moto2 pada musim 2021.

3. Luca Marini dan Marco Bezzecchi

MotoGP 2022 Jadi Ajang Reuni, Banyak yang Kumpul Lagi!Luca Marini, Valentino Rossi, dan Marco Bezzecchi (motogp.com)

Pada MotoGP musim 2022 Luca Marini dan Marco Bezzecchi memperkuat Mooney VR46 Racing Team. Keduanya merupakan anggota dari VR46 Riders Academy asuhan Valentino Rossi.

Saat membalap di kelas Moto2, Marini dan Bezzecchi sempat bertandem dalam tim balap yang juga milik The Doctor, yaitu SKY Racing Team VR46 pada 2020. Ketika itu Marini menjadi runner-up, sementara Bezzecchi menempati peringkat empat di klasemen akhir.

4. Remy Gardner dan Raul Fernandez

MotoGP 2022 Jadi Ajang Reuni, Banyak yang Kumpul Lagi!Raul Fernandez dan Remy Gardner (instagram.com/raulfernandez_25)

Remy Gardner dan Raul Fernandez adalah satu-satunya pasangan yang berstatus rookie di MotoGP musim ini. Keduanya kini membela tim Tech3 KTM Factory Racing.

Pada 2021, keduanya berlaga di kelas Moto2 membela tim Red Bull KTM Ajo. Mereka punya hubungan yang menarik karena sempat bersitegang. Sebab, Gardner dan Fernandez berduel memperebutkan gelar juara dunia Moto2. Hasilnya Gardner meraih titel, sementara Fernandez harus puas sebagai runner-up.

Tampaknya rivalitas mereka akan berlanjut di MotoGP tahun ini. Sebagai pembalap debutan, keduanya memperebutkan titel Rookie of the Year.

5. Ada juga yang sebelumnya pernah setim di kelas MotoGP

MotoGP 2022 Jadi Ajang Reuni, Banyak yang Kumpul Lagi!Francesco Bagnaia dan Jack Miller (motogp.com)

Berbeda dengan empat pasangan di atas, duet Aleix Espargaro - Maverick Vinales, dan Francesco Bagnaia - Jack Miller juga bisa dibilang reuni. Hanya saja, mereka tidak setim di kelas berbeda, tetapi sebelumnya mereka rekan satu skuad di kelas MotoGP.

Pada musim 2022 ini, Aleix dan Vinales memperkuat tim Aprilia Racing. Sebelumnya, mereka adalah mantan rekan setim di Suzuki Ecstar MotoGP pada 2015—2016. Mereka berpisah setelah Aleix bergabung dengan Aprilia dan Vinales membela Yamaha.

Untuk duet Bagnaia dan Miller, saat ini keduanya memperkuat Ducati Lenovo Team. Sebelumnya mereka merupakan rider untuk Pramac Racing MotoGP pada 2019—2020.

Itulah beberapa pasang pembalap MotoGP yang reuni setelah dulunya pernah setim di kelas atau skuad berbeda. Namun, harap dicatat bahwa saat turun ke lintasan, semua rekan akan berubah menjadi rival. Makin tak sabar untuk melihat duel-duel seru di MotoGP.

Baca Juga: Kebersihan Sirkuit Mandalika Bakal Dirawat Demi Ajang MotoGP 2022

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya