Kerikil Sirkuit Mandalika Jadi Masalah Serius Jelang MotoGP

Keamanan sirkuit dianggap kurang mumpuni

Jakarta, IDN Times - Kualitas Sirkuit Pertamina Mandalika benar-benar disorot oleh penyelenggara MotoGP. Banyaknya kerikil yang muncul di atas lintasan, membuat keamanan balapan MotoGP pada 20 Maret 2022 nanti terganggu.

Usai sesi tes pramusim, tim keselamatan MotoGP telah meninjau ulang kekurangan dari Sirkuit Mandalika. Mereka melakukan survei kepada para pembalap.

Rata-rata sepakat kalau Sirkuit Mandalika harus lebih bersih. Sebab, kerikil yang muncul di lintasan bisa membawa masalah buat para pembalap.

"Kami melewati tes tanpa masalah. Tapi, kami khawatir kalau balapan dengan kondisi macam ini," ujar Kepala Tim Keselamatan MotoGP, Franco Uncini, dilansir GPOne.

1. Bakal segera diselesaikan

Kerikil Sirkuit Mandalika Jadi Masalah Serius Jelang MotoGPLuca Marini di Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Aldila Muharma)

Uncini akan berdiskusi dengan MGPA selaku pengelola MotoGP seri Indonesia. Mereka berharap sudah ada solusi yang ditemukan dalam waktu satu bulan ke depan.

Arsitek yang terlibat dalam pembangunan, Mark Hughes, pun langsung merespons masalah ini. Dia bersama Jarno Zaffelli, insinyur yang sempat memperbaiki masalah genangan di Sepang, akan menyelesaikan prolem tersebut.

"Kami masih punya beberapa hari. Benar kalau banyak kerikil di aspal yang mulai terangkat. Tapi, masalah ini bisa diatasi Masih ada kerusakan yang parah di beberapa titik. Paling parah terletak di tikungan 1 dan lima. Tikungan terakhir juga ada masalah. Tapi, kami akan memberikan solusi tepat," ujar Hughes.

Baca Juga: Tak Ada MotoGP, Bagaimana Nasib Sirkuit Pertamina Mandalika?

2. Pembalap sempat mengeluh

Kerikil Sirkuit Mandalika Jadi Masalah Serius Jelang MotoGPLuka di lengan Francesco Bagnaia. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Masalah kerikil di Sirkuit Mandalika memang sudah menjadi keluhan yang umum dari para pembalap. Francesco Bagnaia bahkan sempat mendekati tim IDN Times ke media center untuk memamerkan luka akibat kerikil yang menghantamnya.

Tak cuma Pecco, Fabio Quartararo juga mengakui kalau sempat ada kerikil yang menghantam tubuhnya. Fenomena ini tentu mereka khawatirkan karena menjadi tanda bahaya.

3. Banyak aspek yang harus diperbaiki

Kerikil Sirkuit Mandalika Jadi Masalah Serius Jelang MotoGPSirkuit Mandalika (Twitter.com/@MotoGP)

Sebenarnya bukan hanya soal kerikil. Pembalap juga menyoroti racing line yang tak banyak di Sirkuit Mandalika.

Mereka sebenarnya sudah memberi masukan kepada MGPA agar sirkuit disiksa mobil atau motor jelang balapan. Tujuannnya agar terbentuk banyak racing line dan cengkeraman aspal menjadi lebih baik.

Baca Juga: Kisah Kerikil yang Masuk ke Leher Fabio Quartararo

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya