MotoGP Unlimited Berubah Jadi 'Limited', Belum Tayang di Indonesia

Bahkan, belum tayang di Jepang, asal 3 pabrikan MotoGP

Pertengahan bulan Maret 2022 seharusnya jadi minggu yang paling menyenangkan bagi penggemar MotoGP di Indonesia. Bagaimana tidak, tanggal 18—20 Maret 2022 adalah waktunya GP Indonesia, ajang balap motor yang ditunggu fan MotoGP Indonesia sejak 25 tahun lalu.

Beberapa hari sebelumnya pun seharusnya menjadi momen yang menggembirakan. Para fans MotoGP menunggu tayangan docuseries yang jika sesuai jadwal seharusnya rilis pada tanggal 14 Maret 2022. Sayangnya, docuseries berjudul MotoGP Unlimited itu belum tayang di Indoneisa. Fan MotoGP pun dibuat sedikit kecewa.

1. Amazon Prime menjadwalkan rilis 'MotoGP Unlimited' pada 14 Maret 2022

MotoGP Unlimited Berubah Jadi 'Limited', Belum Tayang di IndonesiaMotoGP Unlimited (motogp.com)

MotoGP Unlimited secara resmi dijadwalkan tayang pada 14 Maret 2022. Docuseries dengan jumlah 8 episode ini secara eksklusif tayang di Amazon Prime.

Dilansir dari laman MotoGP.com, pada tanggal tersebut seharusnya MotoGP Unlimited tersedia di Amazon Prime Prancis, Italia, Inggris Raya, Amerika Serikat, dan di sebagian besar belahan dunia. Meski tak dirinci lebih lanjut negara mana saja yang dimaksud dengan sebagian besar belahan dunia itu.

2. Baru tayang di Eropa dan Amerika Serikat

MotoGP Unlimited Berubah Jadi 'Limited', Belum Tayang di IndonesiaFabio Quartararo saat pemutaran perdana MotoGP Unlimited. (motogp.com)

Pada tanggal 14 Maret 2022 lalu, MotoGP Unlimited ternyata hanya tayang di Eropa dan Amerika Serikat. Sementara itu, untuk sebagian besar belahan dunia lainnya belum bisa melihat docuseries ini.

Belum ada kabar kapan MotoGP Unlimited akan bisa ditonton di Indonesia. Bahkan, untuk Jepang saja belum tayang.

Baca Juga: Bocah Peniru Komentator MotoGP Makan Malam dengan Enea Bastianini

3. Belum tayang di negara dengan basis penggemar MotoGP yang besar

MotoGP Unlimited Berubah Jadi 'Limited', Belum Tayang di IndonesiaPara pembalap kelas utama saat pemutaran perdana docuseries MotoGP Unlimited. (motogp.com)

Tiga pabrikan besar MotoGP, yaitu Honda, Yamaha, dan Suzuki berasal dari Jepang. Salah satu pembalap utama di kelas premier, Jack Miller, berasal dari Australia.

Dari sisi penggemar, fans MotoGP banyak berada di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara, khususnya India dan Indonesia. Namun, sampai dengan tulisan ini dibuat, Amazon Prime dan The MediaPro Studio belum menayangkan MotoGP Unlimited di negara-negara tersebut.

4. Saat tayang pertama kali, 'MotoGP Unlimited' disulihsuarakan ke bahasa Inggris

MotoGP Unlimited Berubah Jadi 'Limited', Belum Tayang di IndonesiaPemutaran perdana MotoGP Unlimited (motogp.com)

Selain area tayang yang tak merata, ada satu isu lain yang membuat fans kecewa. Dilansir The Race, saat docuseries ini diluncurkan di Amerika Serikat dan Inggris, hanya ada satu opsi penayangan, yaitu audio yang telah disulihsuarakan ke bahasa Inggris.

Sebagian besar pembalap MotoGP memang berasal dari Spanyol dan Italia. Namun, penayangan tanpa pilihan suara asli terasa tak menyenangkan. Apalagi, masih merujuk pada The Race, suara dubbing berasal dari suara yang dihasilkan oleh komputer. Tak heran jika tayangan ini jadi tak nyaman ditonton.

5. Rating yang tinggi

MotoGP Unlimited Berubah Jadi 'Limited', Belum Tayang di IndonesiaFrancesco Bagnaia dan Alex Rins (motogp.com)

Terlepas dari tak meratanya jadwal tayang dan masalah sulih suara, docuseries ini dinilai memiliki konten yang bagus. Merujuk pada IMDB, MotoGP Unlimited memiliki rating 6,4.

Penilaian itu tentu akan lebih tinggi lagi jika peluncurannya berjalan dengan mulus. Serial dokumenter tentang MotoGP musim 2021 ini seharusnya tak kalah seru dibandingkan Drive to Survive milik Formula 1.

 

Belum tayangnya MotoGP Unlimited tentu sangat disayangkan. Untung saja penggemar Indonesia masih terobati dengan gelaran MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, pada 18—20 Maret 2022.

Baca Juga: MotoGP Unlimited Jadi Judul Docuseries MotoGP di Amazon Prime

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya