Comscore Tracker

5 Pembalap Ducati dengan Trofi Podium Terbanyak

Pabrikan Borgo Panigale sudah capai dua ratus podium

Usai gelaran MotoGP Inggris, Minggu (7/8/2022), Ducati meraih milestone terbaru sepanjang perjalanan balap mereka di kelas premier. Pabrikan asal Borgo Panigale telah membukukan jumlah podium sebanyak dua ratus kali.

Dari jumlah tersebut, tim pabrikan Ducati merebut 159 podium, sementara 41 podium lainnya dipersembahkan oleh pembalap tim satelit. Terbanyak adalah Pramac Racing (34), disusul oleh Gresini (3), Avintia/Esponsorama Racing (3), dan Mooney VR46 Racing Team (1).

Dari segi pembalap, sudah ada lebih dari dua puluh pembalap yang menyumbangkan podium untuk Ducati. Namun, di antara mereka, ada lima pembalap yang memberikan podium terbanyak. Siapa saja?

1. Casey Stoner (42)

5 Pembalap Ducati dengan Trofi Podium TerbanyakCasey Stoner (motogp.com)

Sudah pensiun hampir 1 dekade lalu, Casey Stoner masih menjadi pembalap Ducati dengan catatan podium terbanyak. Saat memacu Desmosedici, pembalap asal Australia itu mengoleksi 42 podium.

Dari jumlah tersebut, 23 di antaranya adalah kemenangan. Raihan yang juga membuat Stoner menjadi pembalap Ducati dengan kemenangan terbanyak.

Bukan itu saja, pembalap yang membalap untuk Ducati pada 2007—2010 tersebut masih menjadi satu-satunya pembalap Ducati yang bisa merebut gelar juara dunia. Ia mendapatkan titel juara pada 2007, musim pertamanya bersama Ducati.

2. Andrea Dovizioso (40)

5 Pembalap Ducati dengan Trofi Podium TerbanyakAndrea Dovizioso (motogp.com)

Setelah Stoner, Andrea Dovizioso adalah rider andalan Ducati berikutnya yang memberikan podium terbanyak. Pembalap asal Italia ini mencatatkan 40 podium, yang 14 di antaranya adalah kemenangan.

Dovizioso mengaspal bersama Ducati pada 2013—2020. Pembalap yang sempat berjuluk DesmoDovi itu pernah menjadi tiga kali runner-up MotoGP, tepat di belakang Marc Marquez.

Baca Juga: Sederet Julukan Andrea Dovizioso di MotoGP, Bukan Hanya DesmoDovi

3. Loris Capirossi (23)

5 Pembalap Ducati dengan Trofi Podium TerbanyakLoris Capirossi (motogp.com)

Podium pertama Ducati dipersembahkan oleh Loris Capirossi. Pada seri MotoGP Jepang 2003 di Sirkuit Suzuka, pembalap berjuluk Capirex merebut podium ke-3.

Secara total, Capirossi menyetor 23 podium untuk Ducati, termasuk 7 kemenangan. Pembalap asal Italia ini membela Ducati pada 2003—2007 dan 2011.

4. Jack Miller (18)

5 Pembalap Ducati dengan Trofi Podium TerbanyakJack Miller (motogp.com)

Jack Miller telah merebut delapan belas podium selama berkarier di MotoGP bersama Ducati. Dari jumlah tersebut, dua di antaranya adalah kemenangan.

Sayangnya, tahun ini adalah musim terakhirnya bersama tim Borgo Panigale. Mulai 2023, Miller akan membela tim KTM.

5. Francesco Bagnaia (14)

5 Pembalap Ducati dengan Trofi Podium TerbanyakFrancesco Bagnaia (motogp.com)

Sementara ini, Francesco Bagnaia masih mengoleksi 14 podium untuk Ducati, yang 8 di antaranya adalah kemenangan. Bagnaia masih punya banyak waktu untuk menambah raihan podiumnya lantaran masih terikat kontrak hingga 2024.

Sejak promosi ke kelas MotoGP, Bagnaia selalu menggeber Desmosedici. Ia digadang-gadang menjadi pembalap terkuat Ducati. Ia punya kans besar untuk memberikan gelar juara dunia kedua setelah Casey Stoner.

Tak diragukan lagi, saat ini Ducati adalah pabrikan terkuat di MotoGP. Motornya ganas, para pembalapnya pun buas. Dengan pembalap yang berjumlah delapan orang, raihan podium Ducati kemungkinan besar akan cepat bertambah.

Baca Juga: Kemenangan Tak Terduga Francesco Bagnaia di GP Inggris, Bukan Favorit!

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya