2 Pembalap Ini Selalu Mendulang Poin di MotoGP 2023, Siapa Saja?

Poin hingga seri Inggris

MotoGP 2023 diwarnai banyak drama. Mulai dari bertambahnya jumlah balapan, seringnya terjadi kecelakaan, memblenya performa beberapa pabrikan, hingga banyaknya cedera yang mendera. Hampir semua pembalap terdampak.

Balapan pun tak pernah diikuti semua pembalap reguler. Dalam sembilan seri, ada saja pembalap yang absen karena cedera. Kebanyakan pembalap pun banyak tak finis balapan karena berbagai alasan.

Kendati begitu, ternyata masih ada, lho, 2 pembalap yang bisa konsisten finis pada 9 Grand Prix yang telah dilombakan. Kedua rider ini juga selalu mendulang poin pada tiap main race yang digelar. Siapa mereka? Simak ulasannya berikut ini!

1. Franco Morbidelli konsisten meraih poin, tetapi tidak akan bersama Yamaha pada 2024

2 Pembalap Ini Selalu Mendulang Poin di MotoGP 2023, Siapa Saja?potret Franco Morbidelli (motogp.com)

Franco Morbidelli bisa tampil konsisten. Pembalap tim Monster Energy Yamaha ini mampu finis pada semua balapan main race yang telah dihelat sampai dengan seri Inggris. Dari sembilan Grand Prix tersebut, ia selalu mengemas poin.

Kini Morbidelli menempati peringkat ke-12 pada klasemen sementara dengan raihan 59 poin. Hasil balapan terbaiknya adalah finis P4 di MotoGP Prancis. Ini juga merupakan hasil terbaiknya sejak seri Spanyol pada 2021 lalu.

Sayangnya, tahun 2023 adalah musim terakhir Morbidelli dengan Yamaha. Pabrikan Iwata sudah memastikan akan menggantinya dengan Alex Rins untuk 2024. Masa depan Morbidelli belum pasti. Namun, ia berusaha untuk tetap mendapat tempat di MotoGP lantaran tak ingin hijrah ke WorldSBK.

Morbidelli masih percaya diri dengan kemampuan dan kualitas balapnya. Bagaimanapun, ia pernah menjadi runner-up MotoGP 2020. Hasil konsisten pada paruh pertama musim ini ia jadikan modal agar tampil lebih baik lagi.

“Aku masih muda, punya motivasi. Aku punya banyak hal untuk ditawarkan. Aku ingin punya kesempatan untuk memperebutkan kejuaraan dan memenangkan balapan. Aku berencana melakukan itu, bangkit kembali mulai dari paruh kedua musim ini,” kata rider Italia ini dilansir Crash.

Baca Juga: 9 Pembalap yang Jadi Juara Dunia MotoGP pada Usia 30-an, Jagoan!

2. Augusto Fernandez, satu-satunya rookie di MotoGP 2023, juga selalu meraup poin

2 Pembalap Ini Selalu Mendulang Poin di MotoGP 2023, Siapa Saja?potret Augusto Fernandez (motogp.com)

Selain Franco Morbidelli, pembalap konsisten lainnya adalah Augusto Fernandez. Pembalap tim GASGAS Factory Racing Tech3 ini adalah satu-satunya rookie di grid musim 2023. Secara mengejutkan, ia beradaptasi dengan cepat dan sangat baik di kelas premier.

Sampai dengan seri Inggris, Fernandez menempati peringkat ke-13 dengan capaian 49 poin. Hasil terbaiknya terjadi di MotoGP Prancis. Ketika beraksi di Sirkuit Le Mans, juara dunia Moto2 2022 ini mampu bertahan saat balapan dan finis di urutan ke-4.

Dalam satu kesempatan, ia mengungkapkan salah satu alasannya bisa tampil apik di MotoGP. Ia cukup terbantu oleh Dani Pedrosa, terutama ketika pembalap penguji KTM tersebut menjalani balapan wildcard di Sirkuit Jerez. Data yang dihasilkan Pedrosa mudah untuk diikuti Fernandez.

“Gaya membalapnya sangat bagus dan data telemetri menunjukkan seberapa cepatnya Pedrosa. Seperti yang kita lihat di Jerez, ia sangat cepat, secepat pembalap pabrikan atau bahkan lebih cepat. Namun, dengan cara yang lebih mudah dipahami,” kata Spaniard dilansir Crash.

Kendati kualitas balapnya tak diragukan, posisi Fernandez untuk 2024 terancam. Ia bisa saja tergusur karena KTM telah memastikan Pedro Acosta naik kelas ke MotoGP. Acosta bisa saja mengambil kursi milik Fernandez atau Pol Espargaro.

3. Hasil main race Franco Morbidelli dan Augusto Fernandez hingga seri Inggris

2 Pembalap Ini Selalu Mendulang Poin di MotoGP 2023, Siapa Saja?ilustrasi balap MotoGP (motogp.com)

Franco Morbidelli dan Augusto Fernandez menuai hasil unik. Meski tak melulu berada di posisi depan, sejauh ini mereka selalu finis dan konsisten mencetak poin. Itu sudah jadi pencapaian tersendiri.

Berikut ini hasil balap Franco Morbidelli di MotoGP 2023 sampai dengan seri Inggris:

  1. GP Portugal - P14;
  2. GP Argentina - P4;
  3. GP Amerika - P8;
  4. GP Spanyol - P11;
  5. GP Prancis - P10;
  6. GP Italia - P10;
  7. GP Jerman - P12;
  8. GP Belanda - P9; dan
  9. GP Inggris - P14.

Sementara itu, di bawah ini hasil balap Augusto Fernandez setelah sembilan seri:

  1. GP Portugal - P13;
  2. GP Argentina - P11;
  3. GP Amerika - P10;
  4. GP Spanyol - P13;
  5. GP Prancis - P4;
  6. GP Italia - P15;
  7. GP Jerman - P11;
  8. GP Belanda - P10; dan
  9. GP Inggris - P11.

Paruh kedua musim 2023 menyisakan 11 seri balap. Perjalanan Franco Morbidelli dan Augusto Fernandez masih panjang. Mampukah mereka menjaga konsistensinya?

Baca Juga: Alex Marquez Tetap Berada di Gresini Racing pada MotoGP 2024

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya