Deretan Pembalap MotoGP 2023 yang Cedera, Tambah Lagi!

Bastianini kembali cedera, Rins masih belum pulih

MotoGP seri Catalunya yang berlangsung pada Minggu (3/9/2023) diwarnai kecelakan parah. Kecelakaan yang terjadi di tikungan 1 dan 2 sirkuit sepanjang 4,7 km itu melibatkan total 6 pembalap, termasuk 2 pembalap pabrikan Ducati, Enea Bastianini dan Francesco Bagnaia. Namun, hanya satu pembalap yang menderita cedera cukup serius. Cedera pembalap lain termasuk ringan.

Korban kecelakaan di Catalunya tersebut menambah panjang daftar pembalap yang cedera sepanjang musim 2023 ini. Siapa saja sederet pembalap yang telah atau masih didera cedera? Simak ulasannya berikut ini!

1. Pembalap yang masih cedera

Deretan Pembalap MotoGP 2023 yang Cedera, Tambah Lagi!Enea Bastianini (motogp.com)

Alex Rins (LCR Honda) sudah absen balapan sejak seri Jerman, pertengahan Juni 2023 lalu. Hingga seri San Marino yang bakal digelar Minggu ini, Rins dipastikan masih absen dan tak akan mengikuti balapan. Cedera patah tulang fibula dan tibia kaki kanan Rins ini disebabkan oleh kecelakaan yang terjadi pada sesi sprint seri Italia.

Pembalap lain yang bakal absen di seri San Marino adalah Enea Bastianini (Ducati Lenovo). The Beast yang menjadi penyebab kecelakaan di seri Catalunya mengalami cedera retak tulang engkel kaki kiri dan retak tulang telunjuk tangan kiri. Selain San Marino, ia pun dipastikan absen pada seri India dan Jepang.

Ini bukan cedera pertama Bastianini musim ini. Sebelumnya, Bastianini menderita cedera tulang belikat pada bahu kanannya lantaran tertabrak Luca Marini di sesi sprint seri Portugal. Cedera ini membuatnya absen pada lima seri balap.

Rekan setim Bastianini, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), juga mengalami cedera akibat kecelakaan highside di Catalunya. Ia juga sempat terlindas Brad Binder pada bagian kaki. Beruntungnya, tak ada cedera parah yang ia derita. Bagnaia "hanya" menderita luka memar pada kaki kanan dan kirinya. Ia masih bertekad untuk tampil pada homerace di San Marino.

Cedera tersebut bukan yang pertama bagi Bagnaia. Di seri Prancis, Bagnaia terlibat kecelakaan dengan Maverick Vinales. Akibatnya, juara dunia bertahan ini merasakan sakit pada engkel kaki kanan dan mengalami keretakan tulang talus.

Selain Bastianini dan Bagnaia, kecelakaan di seri Catalunya pun membuat Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) cedera ringan. Bezzecchi mengalami cedera jari dan tangan kiri. Ia juga merasakan sakit pada kaki kanannya. Bezzecchi berharap bisa tampil pada balapan kandang di Sirkuit Misano.

2. Pembalap yang sempat cedera tetapi sudah pulih

Deretan Pembalap MotoGP 2023 yang Cedera, Tambah Lagi!potret Pol Espargaro (motogp.com)

Selain Rins, Bastianini, Bagnaia, dan Bezzecchi, sederet pembalap lain juga sempat didera cedera. Beberapa di antaranya bahkan cedera parah sehingga harus absen pada banyak seri Grand Prix. Namun, kini kondisi mereka sudah pulih.

Pol Espargaro (GASGAS Factory Racing Tech3) mungkin yang menderita cedera terparah musim ini. Spaniard kecelakaan pada sesi latihan kedua (FP2) di seri Portugal yang membuatnya cedera patah tulang mandibula pada rahangnya, patah tulang rusuk, tulang belakang, hingga cedera leher. Pol absen pada delapan seri beruntun. Ia bisa pulih dan sudah kembali balapan sejak seri Inggris.

Sementara itu, Marc Marquez (Repsol Honda) absen pada tiga seri balapan di Argentina, Amerika, dan Spanyol juga karena kecelakaan di seri Portugal. Saat itu Marquez menderita retak tulang ibu jari kanan. Marquez cedera setelah menabrak Miguel Oliveira.

Marquez absen lagi di seri Jerman dan Belanda karena cedera lain. Penyebabnya adalah kecelakaan dalam sesi pemanasan di Sirkuit Sachsenring. Di sini Marquez cedera retak tulang ibu jari tangan kiri dan retak tulang rusuk kedua. Kini Marquez sudah pulih.

Sama seperti Marquez, Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF Aprilia) juga dua kali cedera. Setelah ditabrak Marquez di seri Portugal, Oliveira menderita cedera pada ligamen paha kanannya. Ia pun terpaksa absen di seri Argentina.

Sialnya lagi, Oliveira kembali cedera usai tertabrak Fabio Quartararo di seri Spanyol. Kali ini ia cedera dislokasi tulang bahu kiri dan mengalami kerusakan ligamen. Lantaran cedera ini, Oliveira absen di seri Prancis.

Tandem Marquez, Joan Mir (Repsol Honda), juga sempat mengalami cedera yang membuatnya absen balapan. Mir mengalami kecelakaan tunggal pada sesi sprint seri Argentina. Akibatnya, ia menderita trauma pada lehernya. Mir kembali cedera di seri Prancis. Kali ini pada bagian tulang di jari kelingking tangan kanannya. Mir absen di balapan Italia, Jerman, dan Belanda.

Ada juga pembalap lain yang cedera, tetapi masih bisa terus mengikuti balapan. Jorge Martin (Pramac Racing) mengalami cedera patah jari kaki di Portugal. Alex Marquez (Gresini Racing) cedera robek harmstring dengan ligamen paha yang terkilir di Amerika. Sementara itu, Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) cedera pada tulang karpal tangan kanannya di seri Prancis.

3. Pembalap yang cedera karena insiden di luar balapan

Deretan Pembalap MotoGP 2023 yang Cedera, Tambah Lagi!potret Fabio Quartararo (motogp.com)

Selain pembalap yang cedera lantaran terlibat kecelakaan saat balapan, ada juga pembalap yang cedera karena masalah di luar lintasan. Raul Fernandez (CryptoDATA RNF Aprilia), misalnya, didera cedera arm pump dan memilih melakukan operasi usai balapan di Jerez. Ia absen di seri Prancis.

Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) juga terkena arm pump di Prancis. Cedera ini terjadi lantaran pijat fisioterapis yang terlalu agresif. Sementara itu, Aleix Espargaro (Aprilia Racing) mengalami kesakitan usai terjatuh saat berlatih sepeda di Sirkuit Mugello jelang seri Italia. Aleix terluka pada bagian punggung, lengan, dan tumit. Meski begitu, Quartararo dan Aleix tetap mengikuti semua seri.

MotoGP musim 2023 masih menyisakan sembilan seri balap. Selalu ada potensi kecelakaan pada setiap serinya. Selain Alex Rins, Enea Bastianini, Francesco Bagnaia, Marco Bezzecchi, Pol Espargaro, Marc Marquez, Miguel Oliveira, Joan Mir, Jorge Martin, Alex Marquez, Luca Marini, Raul Fernandez, Fabio Quartararo, dan Aleix Espargaro, semoga tak ada pembalap lain yang menyusul cedera.

Baca Juga: 9 Rekor MotoGP di Sirkuit Misano, Siapa Pencetaknya?

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya