5 Pembalap MotoGP yang Pole Position Usai Tercepat di Q1

Menggila pada sesi kualifikasi

Dalam dua balapan perdana MotoGP 2023, ada fenomena unik yang terjadi. Secara beruntun, peraih pole position pada sesi kualifikasi (Q2) adalah pembalap yang sebelumnya menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi pertama (Q1).

Hanya sepuluh pembalap tercepat pada sesi latihan bebas yang bisa langsung ke Q2. Sisanya harus berjuang menjadi dua teratas dalam penyisihan pada sesi Q1 agar berkesempatan mengikuti Q2.

Fenomena pembalap tercepat pada Q1 langsung menjadi pole sitter jarang terjadi. Setidaknya, dalam 3 tahun terakhir, yang total melombakan 40 balapan, hanya ada 5 pembalap yang bisa melakukan itu. Siapa saja?

1. Alex Marquez di GP Argentina 2023

5 Pembalap MotoGP yang Pole Position Usai Tercepat di Q1Alex Marquez (motogp.com)

Sirkuit Termas de Rio Hondo memberi sensasi luar biasa bagi Alex Marquez. Pembalap Gresini Racing ini membuktikan diri bisa kembali kompetitif di MotoGP. Setelah 2 tahun terseok-seok bersama Honda, Alex Marquez kini tampil ganas bersama Ducati.

Alex Marquez sejatinya tampil penuh drama di Argentina. Ia harus melewati sesi Q1 dan menjadi yang tercepat. Namun, ia sempat terjatuh dan motornya terbakar.

Meski mengalami drama, ia tampil prima pada sesi Q2. Pada akhir sesi, ia berani menggunakan jenis ban slick pada kondisi trek yang mengering usai hujan. Pertaruhannya terbayar, Alex Marquez menjadi peraih pole position di Sirkuit Termas de Rio Hondo.

Hasil Alex Marquez di GP Argentina 2023:

  • sesi Q1: P1;
  • sesi Q2: P1;
  • balapan sprint: P5; dan
  • balapan Grand Prix: P3.

2. Marc Marquez di GP Portugal 2023

5 Pembalap MotoGP yang Pole Position Usai Tercepat di Q1Marc Marquez (motogp.com)

Dengan mengendarai Honda yang tak kompetitif, Marc Marquez tampil memble pada sesi latihan bebas di GP Portugal 2023. Pembalap Repsol Honda itu pun mesti mengikuti sesi Q1 karena terlempar dari barisan sepuluh besar pembalap tercepat.

Meski begitu, ia malah memberi kejutan. Pada sesi Q1, Marc Marquez menjadi pembalap tercepat sekaligus mencetak rekor putaran di Sirkuit Portimao. Ini berkat strateginya yang memanfaatkan slipstream Joan Mir.

Hebatnya lagi, Marc Marquez kembali mencetak rekor saat sesi Q2. Ia pun menjadi yang tercepat dan mengamankan pole position. Lagi-lagi berkat strategi slipstream usai mengikuti Enea Bastianini.

Hasil Marc Marcquez di GP Portugal 2023:

  • sesi Q1: P1;
  • sesi Q2: P1;
  • balapan sprint: P3; dan
  • balapan Grand Prix: DNF.

Baca Juga: Alex Marquez Dapat Pujian Berkat Performa Impresif selama Tes Pramusim

3. Fabio Di Giannantonio di GP Italia 2022

5 Pembalap MotoGP yang Pole Position Usai Tercepat di Q1Fabio Di Giannantonio (motogp.com)

Rookie merebut pole position jarang terjadi. Meski begitu, Fabio Di Giannantonio sukses melakukannya pada balapan kandang di Sirkuit Mugello, Italia, pada 2022.

Harus menjalani sesi Q1 justru jadi keuntungan tersendiri bagi Diggia. Rider tim Gresini Racing ini tampil kompetitif dan jadi yang tercepat pada kondisi lintasan yang mulai diselimuti hujan.

Saat memasuki sesi Q2, ia makin kompetitif karena sudah mengetahui kondisi lintasan. Setelah beberapa kali mengatur standar kecepatan, ia akhirnya merebut pole position karena mampu unggul 0,088 detik dari rookie lainnya, Marco Bezzecchi. Diggia pun menyegel pole position pertamanya.

Hasil Fabio Di Giannantonio di GP Italia 2022:

  • sesi Q1: P1;
  • sesi Q2: P1; dan
  • balapan Grand Prix: P11.

4. Jorge Martin di GP Amerika 2022

5 Pembalap MotoGP yang Pole Position Usai Tercepat di Q1Jorge Martin (motogp.com)

Jorge Martin tak sempat mencoba flying lap pada sesi latihan bebas lantaran terjatuh. Setelah bergegas ke pit dan mengganti motornya, ia tak punya cukup waktu untuk mencetak putaran tercepat. Martin pun harus mengikuti sesi Q1.

Baru pada sesi kualifikasi pertama itulah ia bisa tampil unggul. Catatan waktu pembalap Pramac Racing ini tak terkejar sehingga berhak memasuki Q2 di GP Amerika 2022.

Setelah jadi yang tercepat pada sesi Q1, Martin percaya diri melakoni Q2. Hasilnya menggembirakan. Ia jadi yang tercepat dengan selisih tipis 0,003 detik dari pembalap Ducati lainnya, Jack Miller. Martin unggul lantaran menguasai sektor terakhir Circuit of the Americas.

Hasil Jorge Martin di GP Amerika 2022:

  • sesi Q1: P1;
  • sesi Q2: P1; dan
  • balapan Grand Prix: P8.

Martin sejatinya pernah dua kali jadi polesitter usai menjadi yang tercepat pada sesi Q1. Selain di GP Amerika, ia melakukannya di GP Austria 2021.

5. Francesco Bagnaia di GP Emilia Romagna 2021

5 Pembalap MotoGP yang Pole Position Usai Tercepat di Q1Francesco Bagnaia (motogp.com)

Lintasan yang basah membuat Francesco Bagnaia tak bisa tampil maksimal pada sesi latihan bebas di GP Emilia Romagna 2021. Akibatnya, Pembalap pabrikan Ducati itu harus terlempar dari posisi sepuluh besar dan wajib mengikuti sesi Q1.

Cukup mengejutkan, ternyata sesi Q1 tersebut diisi nama-nama yang biasanya mengisi posisi depan, seperti Bagnaia, Fabio Quartararo, dan Joan Mir. Di antara ketiganya, hanya Bagnaia yang akhirnya melaju ke sesi Q2.

Pada sesi Q2, Bagnaia bisa melanjutkan performa apiknya. Ia menjadi yang tercepat, disusul rekan setimnya saat itu, Jack Miller. Ini adalah pole position keempat Bagnaia secara beruntun

Hasil Francesco Bagnaia di GP Emilia Romagna 2021:

  • sesi Q1: P1;
  • sesi Q2:  P1; dan
  • balapan Grand Prix: DNF.

Sesi kualifikasi bisa sangat menentukan hasil balapan. Jika start dari posisi terdepan, maka peluang menyegel kemenangan pun makin besar. Pembalap peraih pole position memang layak dapat apresiasi.

Baca Juga: Tuah Marc Marquez di Portimao yang Antiklimaks

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya