Comscore Tracker

5 Pembalap MotoGP yang Selalu Finis pada Awal Musim 2022

Melewati chequered flag pada tujuh balapan

Dari 24 pembalap MotoGP 2022, ada 5 pembalap yang bisa tampil mengesankan. Mereka selalu menyelesaikan balapan sejak awal musim. Sebagian dari pembalap ini bukan yang tercepat, tetapi jadi yang paling konsisten.

Sayangnya, tak semuanya mampu finis di posisi terdepan dan mendapatkan banyak poin. Hanya sebagian yang mampu melewati garis finis dengan mendulang poin yang tinggi. Kendati demikian, selalu menuntaskan balapan tetap jadi sebuah prestasi tersendiri.

1. Fabio Quartararo

5 Pembalap MotoGP yang Selalu Finis pada Awal Musim 2022Fabio Quartararo (motogp.com)

Fabio Quartararo tak hanya jadi pemimpin klasemen sementara. Pembalap tim pabrikan Yamaha ini juga tampil konsisten sepanjang musim. Dari tujuh balapan yang digelar, ia selalu bisa menyelesaikan balapan dan mengemas poin.

El Diablo merebut posisi ke-9 pada MotoGP Qatar. Di Indonesia, ia merebut podium ke-2. Pada gelaran MotoGP Argentina dan Amerika Serikat, Quartararo harus puas finis di tempat ke-8 dan ke-7.

Pembalap asal Prancis ini baru merasakan kemenangan pada MotoGP Portugal. Saat balapan berikutnya di Spanyol, Quartararo kembali merebut podium ke-2. Terakhir, balapan di kandang sendiri di Prancis, pembalap bernomor 20 itu finis di posisi ke-4.

2. Aleix Espargaro

5 Pembalap MotoGP yang Selalu Finis pada Awal Musim 2022Aleix Espargaro dari tim Aprilia Racing (motogp.com)

Aleix Espargaro bersaing ketat dengan Fabio Quartararo pada peringkat klasemen sementara. Jika Quartaro mengoleksi 102 poin di puncak klasemen, Aleix mengantongi 98 poin di peringkat berikutnya.

Hasil gemilang Aleix Espargaro tak lepas dari penampilan apiknya dalam tujuh balapan pada awal musim ini. Mengendarai Aprilia RS-GP, ia selalu bisa finis dan menyabet poin. Pada seri pertama di Qatar, Aleix finis di posisi ke-4. Di Sirkuit Mandalika, Indonesia, Aleix finis di tempat ke-9.

Saat melakoni balapan di Argentia, pembalap Aprilia Racing ini mencetak sejarah. Ia merebut kemenangan pertamanya di ajang Grand Prix.

Saat balapan di Amerika Serikat, Aleix harus puas finis di posisi ke-11. Setelahnya, ia kembali tampil konsisten. Selama tiga balapan beruntun di Portugal, Spanyol, dan Prancis, Aleix Espargaro selalu finis di posisi ke-3.

Baca Juga: Fabio Quartararo Mendapat Durian Runtuh kendati Sulit Menyusul

3. Maverick Vinales

5 Pembalap MotoGP yang Selalu Finis pada Awal Musim 2022Maverick Vinales (motogp.com)

Aprilia Racing dan dua pembalapnya tampil konsisten musim ini. Selain Aleix Espargaro, Maverick Vinales pun selalu finis pada tiap balapan. Bedanya, Vinales tak selalu mendapatkan poin.

Saat seri pertama di Qatar, Vinales finis di posisi ke-12. Pada balapan di Indonesia, meski tak mendapatkan poin, pembalap asal Spanyol ini menuntaskan balapan di tempat ke-16.

Untuk MotoGP seri Argentina, Amerika Serikat, dan Portugal, pembalap berjuluk Top Gun itu melewati garis finis di urutan ke-7, ke-10, dan ke-10. Ia kemudian finis di Spanyol di posisi ke-14. Pada seri Prancis, Vinales kembali finis di tempat ke-10.

4. Takaaki Nakagami

5 Pembalap MotoGP yang Selalu Finis pada Awal Musim 2022Takaaki Nakagami (motogp.com)

Takaaki Nakagami tak selalu mendulang poin pada balapan awal musim 2022. Meski begitu, pembalap LCR Honda ini selalu menyelesaikan balapan dan melewati chequered flag.

Di Qatar, Nakagami menuntaskan balapan di tempat ke-10. Ia lalu finis di posisi ke-19 di Indonesia. Pada balapan di Argentina dan Amerika Serikat, pembalap asal Jepang itu finis di urutan ke-12 dan ke-14.

Nakagami tak mendapatkan poin di Portugal karena finis di posisi ke-16. Namun, pada dua seri balapan berikutnya di Spanyol dan Prancis, ia finis meyakinkan di posisi ke-7.

5. Luca Marini

5 Pembalap MotoGP yang Selalu Finis pada Awal Musim 2022Luca Marini (motogp.com)

Luca Marini terkenal sebagai pembalap yang gemar belajar dan tampil konsisten. Saat melakoni tahun pertamanya di kelas MotoGP pada 2021, Marini selalu finis balapan. Ia tak sekalipun berstatus did not finish (DNF) alias gagal finis.

Marini tampaknya ingin mengulangi rekor konsistensinya tersebut. Sejak awal musim 2022, adik tiri Valentino Rossi ini selalu mampu melewati garis finis.

Pada seri MotoGP Qatar, Marini jadi pembalap ke-13 yang menuntaskan balapan. Di Indonesia, ia selesai di posisi ke-14. Hasil lebih baik ia dapatkan di Argentina saat finis di tempat ke-11.

Pada GP Amerika Serikat, Marini tak mendapatkan poin lantaran finis di tempat ke-17. Di Portugal, pembalap tim Mooney VR46 Racing Team ini finis di posisi ke-12. Di Spanyol, Marini kembali mendapat poin nihil setelah finis di urutan ke-16. Hasil terbaik Marini adalah finis di posisi ke-9 pada MotoGP Prancis.

Mampu tampil konsisten dan menyelesaikan setiap balapan MotoGP jadi kehebatan tersendiri. Masih tersisa empat belas balapan pada musim ini. Bisakah kelima pembalap itu terus menuntaskan tiap seri balapnya?

Baca Juga: Impresif di MotoGP 2022, Aprilia Pertahankan Aleix Espargaro

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya