5 Pembalap Asal Portugal yang Pernah Mengaspal di MotoGP

Nama Miguel Oliveira jadi yang paling hebat

Agustus 2020 jadi bulan bersejarah bagi dunia balap Portugal. Pasalnya, negeri yang terletak di Semenanjung Iberia itu akhirnya punya pembalap yang bisa menang di kelas MotoGP.

Lima tahun sebelumnya, pembalap ini pula yang mencetak sejarah sebagai rider Portugal pertama yang menang di ajang grand prix. Saat itu, pada 2015, ia menang balap saat masih berlaga di kelas Moto3. Siapa nama pembalap itu? Ya, Miguel Oliveira.

Portugal memang tak punya banyak pembalap di MotoGP. Jika tak ada Oliveira, Portugal mungkin tak akan masuk daftar negara yang pembalapnya pernah menaklukkan balapan grand prix. Namun, bukan berarti tak ada pembalap asal Portugal lain yang pernah turun balap di ajang motor paling bergengsi ini.

Dilansir berbagai sumber, berikut ini sederet pembalap asal Portugal yang bernah mengaspal di kejuaraan dunia grand prix. Ada yang jadi pembalap reguler, banyak juga yang hanya jadi pembalap wildcard. Siapa saja mereka?

1. Miguel Oliveira mengaspal di MotoGP

5 Pembalap Asal Portugal yang Pernah Mengaspal di MotoGPpotret Miguel Oliveira (motogp.com)

Miguel Oliveira adalah salah satu pembalap berprestasi di MotoGP. Pembalap tim Red Bull KTM Factory Racing ini sudah sejak 2019 turun balap di kelas premier dan sudah mengumpulkan 6 podium, dimana 4 di antaranya merupakan kemenangan.

Oliveira menjadi pembalap Portugal pertama yang menang balapan di ajang grand prix, sekaligus rider Portugal pertama yang pernah rebut pole position. Jika dijumlahkan dari sejak ia berlaga di kelas Moto3, total Oliveira sudah mengumpulkan 16 kemenangan.

2. Felisberto Teixeira turun balap di kelas 500cc

5 Pembalap Asal Portugal yang Pernah Mengaspal di MotoGPilustrasi balap kelas premier di Sirkuit Estoril, Portugal (motogp.com)

Felisberto Teixeira adalah pembalap Portugal pertama yang berpartisipasi di kelas premier. Pada GP Spanyol 1998, ia mencetak sejarah dengan turun balap di kelas 500cc sebagai wildcard di Sirkuit Jerez meskipun tak merebut poin lantaran finis di posisi ke-22.

Teixeira bernaung di bawah tim Honda Shell Australia. Saat itu, ia mengendarai Honda NSR 500 dan membalap dengan kondisi tulang ekor yang cedera akibat terjatuh saat sesi latihan bebas.

Baca Juga: Menilik Peluang Ai Ogura Menggantikan Takaaki Nakagami di MotoGP

3. Joao Fernandes jadi wildcard di kelas 250cc

5 Pembalap Asal Portugal yang Pernah Mengaspal di MotoGPilustrasi balap kelas 250cc di Sirkuit Estoril, Portugal (motogp.com)

Joao Fernandes merupakan pembalap asal Portugal kelahiran Lisbon, Portugal, 7 Maret 1977. Ia pernah turun balap di kelas 250cc pada musim 2006 di GP Portugal.

Memulai balapan dari urutan ke-27, Fernandes finis di posisi ke-24. Ia membalap untuk tim China, Zongshen Team, menggunakan motor Aprilia.

4. Miguel Praia wildcard untuk kelas 250cc

5 Pembalap Asal Portugal yang Pernah Mengaspal di MotoGPilustrasi balap kelas 250cc (motogp.com)

Miguel Praia pernah turun balap di kelas 250cc pada 2003 di GP Portugal. Sebagai pembalap wildcard, Praia finis di urutan ke-22.

Miguel Praia lantas berkarier di World Superbike dan World Supersport. Selama dua tahun ia mengaspal di Superbike bersama Ducati dan Yamaha (2004 dan 2005), serta enam tahun di Supersport bersama Honda (2006—2011).

5. Beberapa pembalap Portugal pernah wildcard di kelas 125cc

5 Pembalap Asal Portugal yang Pernah Mengaspal di MotoGPilustrasi balap kelas 125cc di Sirkuit Estoril, Portugal (motogp.com)

Selain di kelas 250cc atau 500cc, beberapa pembalap asal Portugal juga banyak turun di kelas 125cc. Biasanya mereka turun balap pada GP Portugal di Sirkuit Estoril.

Beberapa rider pernah membalap di kelas 125cc pada tahun 2000-an. Mereka adalah Joao Pinto, Filipe Costa, Pedro Monteiro, dan Ivo Relvas.

Portugal memang tak punya sejarah panjang di ajang MotoGP. Kebanyakan pembalapnya hanya berstatus sebagai pembalap wildcard. Meski begitu, kehadiran Miguel Oliveira bisa membuat lagu kebangsaan Portugal berkumandang beberapa kali di podium. Pada gelaran MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Minggu (24/4/2022) nanti, bisakah Miguel Oliveira kembali merebut kemenangan?

Baca Juga: 10 Hal Menarik tentang Miguel Oliveira, Sudah Tahu Belum?

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya