6 Pembalap Repsol Honda yang Pernah Rebut Gelar Juara Dunia MotoGP

Marc Marquez paling banyak

Repsol Honda punya sejarah panjang di MotoGP. Pada musim 1995, Repsol menjadi sponsor utama untuk tim pabrikan berlogo sayap emas tersebut. Sejak saat itu, tim berlabel Repsol Honda pun terbentuk.

Tak hanya sejarahnya yang panjang, deretan trofi juara dunia yang mereka koleksi pun tak kalah panjangnya. Repsol Honda sudah mengumpulkan 15 gelar juara dunia pembalap di kelas MotoGP. Jumlah tersebut dipersembahkan oleh 6 pembalapnya. Siapa saja pembalap Repsol Honda yang pernah rebut gelar juara dunia MotoGP? Simak ulasannya berikut ini!

1. Marc Marquez (6 gelar)

6 Pembalap Repsol Honda yang Pernah Rebut Gelar Juara Dunia MotoGPMarc Marquez (motogp.com)

Marc Marquez adalah pembalap Repsol Honda dengan titel juara dunia terbanyak. Ia mengalahkan rekor sebelumnya milik Mick Doohan. Sejauh ini sudah 6 gelar yang Marquez koleksi pada 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019.

Marquez pun cetak banyak rekor selama berkarier dengan Repsol Honda. Pada musim pertamanya di kelas premier musim 2013, ia menjadi rookie yang mampu merebut gelar juara dunia. Pada musim 2019, Marquez raih pencapaian lain. Ia menjadi satu-satunya pembalap MotoGP yang mampu melampaui lebih dari 400 poin.

Pembalap berjuluk The Baby Alien ini masih jadi pembalap aktif. Dengan begitu, ia masih punya kesempatan untuk menambah raihan titel juara dunia.

2. Casey Stoner (1 gelar)

6 Pembalap Repsol Honda yang Pernah Rebut Gelar Juara Dunia MotoGPCasey Stoner (motogp.com)

Sebelum bergabung dengan Repsol Honda, Casey Stoner memperkuat Ducati selama empat tahun. Ia mempersembahkan satu-satunya titel juara dunia untuk pabrikan Borgo Panigale pada 2007.

Pada 2011, Stoner bergabung dengan Repsol Honda. Ia mengulangi kesuksesan dengan berhasil merebut gelar juara dunia. Itu adalah salah satu musim terbaiknya di kelas premier. Dalam semusim bersama Honda tersebut, Stoner bisa mengoleksi 16 podium, termasuk 10 kemenangan. Ia juga merebut 12 pole position.

3. Nicky Hayden (1 gelar)

6 Pembalap Repsol Honda yang Pernah Rebut Gelar Juara Dunia MotoGPNicky Hayden (motogp.com)

Nicky Hayden adalah pembalap asal Amerika Serikat terakhir yang merebut gelar juara dunia MotoGP. Bersama Repsol Honda, Hayden merebut gelar pada musim 2006.

Pembalap berjuluk Kentucky Kid itu mengoleksi 252 poin. Ia mengemas 10 podium yang 2 di antaranya kemenangan. Hayden mengalahkan Rossi yang menjadi runner-up kejuaraan dengan selisih hanya 5 poin.

Baca Juga: 5 Pembalap Rekan Setim Marc Marquez di Repsol Honda

4. Valentino Rossi (2 gelar)

6 Pembalap Repsol Honda yang Pernah Rebut Gelar Juara Dunia MotoGPValentino Rossi dan Honda RC211V (motogp.com)

Valentino Rossi memang identik dengan Yamaha lantaran berkali-kali menjadi juara dunia dengan motor pabrikan asal Iwata tersebut. Namun, pembalap berjuluk The Doctor ini merebut gelar juara dunia MotoGP pertamanya bersama Honda, lho.

Musim 2001, Rossi meraih gelar juara dunia di kelas premier bersama tim satelit Nastro Azzurro Honda. Setahun berikutnya, barulah Rossi menjadi pembalap tim pabrikan Repsol Honda.

Dua tahun berseragam Repsol Honda, The Doctor pun merebut dua gelar juara dunia musim 2002 dan 2003. Momen itu cukup bersejarah. Mengendarai RC211V, Rossi menjadi pembalap pertama yang menjadi juara dunia di era MotoGP 4-tak.

5. Alex Criville (1 gelar)

6 Pembalap Repsol Honda yang Pernah Rebut Gelar Juara Dunia MotoGPAlex Criville (motogp.com)

Alex Criville seorang pembalap pionir, khususnya bagi Spanyol. Criville adalah pembalap Spanyol pertama yang menjadi juara dunia di kelas premier.

Ia merebut titel tersebut pada musim 1999 ketika membalap untuk tim Repsol Honda. Criville membukukan 267 poin dan mengemas 10 podium, termasuk 6 kemenangan.

6. Mick Doohan (4 gelar)

6 Pembalap Repsol Honda yang Pernah Rebut Gelar Juara Dunia MotoGPMick Doohan (motogp.com)

Repsol Honda memang punya banyak pembalap mumpuni, salah satunya adalah Mick Doohan. Pembalap asal Australia ini sangat dominan pada eranya.

Saat berlaga untuk Repsol Honda, Doohan mencetak empat gelar juara dunia MotoGP musim 1995, 1996, 1997, dan 1998. Mengendarai Honda NSR500 yang menjadi andalannya, Doohan tercatat sebagai salah satu pembalap Honda tersukses.

 

Untuk musim 2023 dan 2024, Repsol Honda akan diperkuat oleh dua pembalap tangguh, Marc Marquez dan Joan Mir. Keduanya punya pengalaman menjadi juara dunia. Dengan Marquez dan Mir, bisakah Repsol Honda menambah koleksi gelarnya?

Baca Juga: Tanpa Rossi dan Marquez, MotoGP Mulai Kehilangan Fans

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya