3 Pembalap yang Selalu Raih Poin di Main Race MotoGP 2024, Konsisten

Bisa bertahan sampai kapan, ya?

Jelang seri MotoGP Catalunya, hanya ada 3 dari 22 pembalap reguler yang selalu merebut poin main race musim 2024. Mayoritas atau sebanyak 18 pembalap lainnya pernah tak finis balapan alias did not finish (DNF). Sementara itu, satu pembalap lainnya selalu finis, tetapi tak pernah masuk dalam zona poin.

MotoGP Catalunya adalah seri keenam di kalender balap. Masih ada belasan seri lainnya yang harus diikuti pembalap di kelas para raja. Ketiga pembalap yang selalu finis tersebut punya tantangan besar untuk terus menjaga konsistensinya. Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini!

1. Enea Bastianini selalu finis lima besar

3 Pembalap yang Selalu Raih Poin di Main Race MotoGP 2024, Konsistenpotret Enea Bastianini (motogp.com)

Enea Bastianini masuk dalam daftar pembalap yang masih konsisten mendapat poin dalam lima seri balap terakhir. Rider tim Ducati Lenovo ini punya kecepatan untuk bersaing di barisan depan, tetapi belum bisa menjadi kampiun. Meski begitu, dibanding musim lalu, The Beast tampil jauh lebih kompetitif.

Sebagai pembalap yang sedang memperebutkan kursi tim pabrikan Ducati musim 2025, Bastianini dituntut tampil sempurna. Sayangnya, ia belum bisa menyaingi hasil balap Jorge Martin (Pramac Racing) dan Marc Marquez (Gresini Racing) yang jadi saingan utamanya. Hasil terbaik Bastianini sejauh ini adalah finis runner-up di Portugal.

Berikut ini hasil main race Enea Bastianini hingga seri Prancis:

  • Seri Qatar: P5;
  • Seri Portugal: P2;
  • Seri Amerika: P3;
  • Seri Spanyol: P5; dan
  • Seri Prancis: P4.

Baca Juga: Aleix Espargaro Umumkan Pensiun dari MotoGP di Akhir 2024

2. Brad Binder bisa finis 9 besar di 5 seri balap awal musim

3 Pembalap yang Selalu Raih Poin di Main Race MotoGP 2024, Konsistenpotret Brad Binder (motogp.com)

Selain Enea Bastianini, pembalap lain yang langganan dapat poin adalah Brad Binder. Rider andalan tim Red Bull KTM Factory Racing ini biasa finis di posisi sembilan besar. Hasil balapan terbaiknya adalah menjadi runner-up di seri Qatar.

Binder memang konsisten mendulang poin main race. Namun, ia kalah trengginas dibandingkan Pedro Acosta, rookie di tim Red Bull GASGAS Tech3, yang menggeber motor sama. Di klasemen sementara, Binder mengoleksi 67 poin. Sementara itu, Acosta sedikit di atasnya dengan 73 poin.

Berikut ini hasil main race Brad Binder dari awal musim hingga seri Prancis:

  • Seri Qatar: P2;
  • Seri Portugal: P4;
  • Seri Amerika: P9;
  • Seri Spanyol: P6; dan
  • Seri Prancis: P8.

3. Fabio Di Giannantonio langganan finis 10 besar, tetapi belum pernah masuk 5 besar

3 Pembalap yang Selalu Raih Poin di Main Race MotoGP 2024, Konsistenpotret Fabio Di Giannantonio (instagram.com/fabiodiggia49)

Fabio Di Giannantonio jadi pembalap lainnya yang selalu finis balapan di lima seri awal musim 2024. Pembalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team ini bisa finis sepuluh besar. Hasil terbaiknya adalah finis P6 di Amerika Serikat dan Prancis.

Sejauh ini, Diggia jadi pembalap tim milik Valentino Rossi yang paling konsisten. Perolehan poinnya pun masih lebih tinggi dibandingkan kompatriotnya, Marco Bezzecchi. Hanya saja, Bezzecchi yang DNF di Prancis pernah menaiki podium di Spanyol.

Berikut ini hasil main race Fabio Di Giannantonio hingga seri Prancis:

  • Seri Qatar: P7;
  • Seri Portugal: P10;
  • Seri Amerika: P6;
  • Seri Spanyol: P7; dan
  • Seri Prancis: P6.

Enea Bastianini, Brad Binder, dan Fabio Di Giannantonio selalu mendulang poin main race. Mereka punya peluang untuk menjadi pembalap paling konsisten musim ini. Di seri MotoGP Catalunya yang bakal berlangsung pada 24—26 Mei 2024, bisakah mereka mempertahankan konsistensinya?

Baca Juga: MotoGP 2023, Musim Paling Gila dengan 10 Raja Jalanan!

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya