5 Pencapaian Fabio Quartararo Usai Menang di MotoGP Portugal

El Diablo tampil dominan di Sirkuit Algarve

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, tampil dominan di MotoGP Portugal pada, Minggu (24/4/2022). Quartararo merebut podium utama setelah tampil mengesankan sepanjang 25 putaran di Sirkuit Algarve.

Memulai balapan dari urutan ke-5, Quartararo start dengan agresif dan langsung merangsek ke posisi depan. Ia berada di belakang Joan Mir yang memimpin balapan. Pada lap keempat, Quartararo mampu menyalip Mir dan terus mempertahankan posisinya hingga melewati garis finis.

Fabio Quartararo naik podium ditemani oleh kompatriotnya, Johann Zarco, di posisi ke-2, dan Aleix Espargaro di podium ke-3. Kemenangannya di Portugal memberi Quartararo banyak pencapaian baru.

Apa saja pencapaian tersebut? Simak uraiannya berikut ini, yuk!

1. Kembali menjadi pemimpin klasemen sementara

5 Pencapaian Fabio Quartararo Usai Menang di MotoGP Portugalpotret Fabio Quartararo (motogp.com)

Usai menang di Sirkuit Algarve, Fabio Quartararo berhak mengantongi 25 poin. Jumlah ini cukup signifikan menambah perolehan poin bagi pembalap berjuluk El Diablo itu.

Quartararo yang sebelumnya menempati posisi ke-5 di kejuaraan dunia, kini menjadi pemuncak klasemen sementara dengan raihan 69 poin. Untuk pertama kalinya pada musim 2022 juara dunia bertahan ini menjadi pemimpin klasemen.

2. Merebut kemenangan pertamanya pada musim 2022

5 Pencapaian Fabio Quartararo Usai Menang di MotoGP Portugalpotret Fabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Kemenangan di Sirkuit Algarve pun jadi titik poin kebangkitan Quartararo. Pada balapan sebelumnya, hasil terbaik yang bisa diraih juara dunia bertahan ini hanya finis di urutan ke-2 di MotoGP Indonesia. Selebihnya, ia hanya bisa finis di luar posisi enam besar.

Tampil apik di MotoGP Portugal pun sekaligus bikin Quartararo merebut kemenangan pertamanya untuk musim 2022. Ini bahkan menjadi kemenangan pertamanya sejak Agustus 2021 saat menang di Sirkuit Silverstone, Inggris.

Baca Juga: [BREAKING] Quartararo Tak Terbendung, Jadi Juara MotoGP Portugal

3. Pembalap MotoGP yang paling banyak menang di Sirkuit Algarve

5 Pencapaian Fabio Quartararo Usai Menang di MotoGP Portugalpotret Fabio Quartararo dan Johann Zarco (motogp.com)

Sirkuit Algarve termasuk sirkuit yang baru menggelar MotoGP. Sejak pertama kali menggelar ajang balap grand prix di tahun 2020, sirkuit sepanjang 4,6 km itu pun baru empat kali jadi tuan rumah MotoGP.

Miguel Oliveira dan Francesco Bagnaia masing-masing mengantongi satu kemenangan di sini. Hanya Quartararo yang sudah menang dua kali sekaligus menjadikannya sebagai pembalap MotoGP dengan kemenangan terbanyak di Sirkuit Algarve sejauh ini.

4. Fabio Quartararo jadi yang tercepat, menang dengan selisih waktu dominan

5 Pencapaian Fabio Quartararo Usai Menang di MotoGP Portugalpotret Fabio Quartararo (motogp.com)

Kemenangan Fabio Quartararo di Sirkuit Algarve pun mencetak rekor baru. Meski Yamaha YZR-M1 musim 2022 cenderung lebih lambat daripada motor pabrikan lain, di Portugal ia buktikan bisa jadi yang tercepat.

Quartararo membalap dengan dominan sepanjang laga. Ia mencatatkan waktu lap tercepat di angka 1 menit 39,435 detik. Selisih waktu finis antara Quartararo dan pembalap lain pun cukup jauh. El Diablo finis 5,4 detik lebih cepat dari Johann Zarco yang mengakhiri balapan di urutan kedua.

5. Membawa pabrikan Jepang menang lagi di MotoGP

5 Pencapaian Fabio Quartararo Usai Menang di MotoGP Portugalpotret Fabio Quartararo (motogp.com)

Siapa sangka ternyata pabrikan asal Jepang sudah lama tak menang di balapan MotoGP. Sampai dengan MotoGP Amerika, motor pabrikan Jepang (Honda, Yamaha, dan Suzuki) tak bisa menang di enam balapan sebelumnya. Marc Marquez jadi pembalap motor Jepang terakhir yang menang di kelas premier pada GP Emilia Romagna musim 2021 silam.

Itu menjadi kegagalan terlama bagi para pembalap pabrikan Jepang karena tak bisa menang dalam enam kali balapan beruntun. Fenomena ini terakhir kali terjadi pada era awal 1970-an, tepatnya antara musim 1973 dan 1974. Beruntungnya, Quartararo bisa memutus rantai kegagalan tersebut lewat kemenangannya di GP Portugal.

Seri balapan di Eropa baru saja dimulai. Seri berikutnya akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (1/5/2022). Mampukah Fabio Quartararo tetap memimpin klasemen kejuaraan dunia?

Baca Juga: Dovizioso: Cuma Fabio Quartararo yang Bisa Kendarai Yamaha

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya