Comscore Tracker

6 Pembalap MotoGP 2022 yang Rebut Pole Position Musim Ini

Jadi penakluk sesi kualifikasi pada sebelas balapan terakhir

MotoGP Belanda menandai berakhirnya paruh pertama MotoGP musim ini. Beberapa pembalap mampu merebut kemenangan dan menjaga asa dalam perebutan gelar juara dunia.

Performa mereka yang hebat saat balapan tak terlepas dari kemampuan untuk menaklukkan sesi kualifikasi yang dihelat sehari sebelumnya. Sesi ini penting lantaran bisa menentukan siapa yang akan memulai perlombaan dari urutan terdepan.

Sepanjang awal musim 2022, ada 6 pembalap MotoGP yang mampu merebut pole position. Siapa saja mereka?

1. Francesco Bagnaia paling sering jadi pole sitter

6 Pembalap MotoGP 2022 yang Rebut Pole Position Musim IniFrancesco Bagnaia (motogp.com)

Francesco “Pecco” Bagnaia tak terkalahkan saat sesi kualifikasi. Dari sebelas balapan terakhir, pembalap tim Ducati Lenovo itu 4 kali merebut pole position. Pecco jadi pole sitter di MotoGP Spanyol, Prancis, Jerman, dan Belanda.

Hebatnya, ia pun memecahkan beberapa all time lap record. Pada MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, misalnya, Pecco mencetak catatan waktu 1 menit 31,504 detik. Raihan itu mengalahkan catatan waktu sebelumnya yang dicetak oleh Maverick Vinales, lalu Jorge Martin.

2. Aleix Espargaro rebut 2 pole position

6 Pembalap MotoGP 2022 yang Rebut Pole Position Musim IniAleix Espargaro (motogp.com)

Aleix Espargaro tampil sangat trengginas musim ini. Memacu motor Aprilia RS-GP, pembalap asal Spanyol itu jadi salah satu rider tercepat di lintasan. Aleix tak hanya cepat saat balapan, sejak latihan bebas dan kualifikasi pun ia selalu ada di urutan depan.

Sepanjang musim 2022, Aleix Espargaro sudah mengeklaim 2 pole position. Pertama, ia tampil dominan di MotoGP Argentina. Kedua, ia mampu menunjukkan performa yang kuat saat balapan kandang di Catalunya.

3. Jorge Martin koleksi 2 pole position

6 Pembalap MotoGP 2022 yang Rebut Pole Position Musim IniJorge Martin (motogp.com)

Pembalap yang mengendarai Ducati tampil cukup kuat musim ini. Jorge Martin yang memacu Desmosedici GP22 mampu tampil cepat dalam beberapa kesempatan.

Pembalap tim Prima Pramac Racing itu bisa merebut 2 pole position. Ia jadi pole sitter saat seri balapan pertama di Qatar dan pada akhir pekan di Amerika Serikat.

Baca Juga: Jorge Martin Masih Berharap Bisa Perkuat Tim Utama Ducati

4. Fabio Quartararo raih pole position di Mandalika

6 Pembalap MotoGP 2022 yang Rebut Pole Position Musim IniFabio Quartararo (motogp.com)

Tak ada yang meragukan kecepatan Fabio Quartararo. Faktanya, El Diablo adalah pemimpin klasemen sementara musim ini yang sudah mengantongi 6 podium yang 3 di antaranya adalah kemenangan.

Dalam hal kualifikasi, Fabio Quartararo pun mampu bersaing di barisan depan. Ia meraih satu kali pole position pada balapan MotoGP pertama di Sirkuit Mandalika, Indonesia.

5. Johann Zarco jadi pole sitter di Portugal

6 Pembalap MotoGP 2022 yang Rebut Pole Position Musim IniJohann Zarco (motogp.com)

Johann Zarco jadi salah satu pembalap Ducati yang bisa menguasai sesi kualifikasi. Rekan setim Jorge Martin ini juga memacu Desmosedici GP22.

Pada paruh pertama musim ini, Johann Zarco sekali merebut pole position saat balapan di MotoGP Portugal. Rider asal Prancis itu mampu menguasai Sirkuit Algarve sepanjang 4,6 km yang karakter lintasannya mirip seperti roller coaster.

6. Fabio Di Giannantonio jadi rookie yang bisa raih pole position

6 Pembalap MotoGP 2022 yang Rebut Pole Position Musim IniFabio Di Giannantonio (motogp.com)

Fabio Di Giannantonio jadi satu-satunya rookie di daftar ini. Pembalap yang biasa disapa Diggia itu juga memacu Ducati Desmosedici, tetapi versi GP21.

Memperkuat tim Gresini Racing, Diggia tampil trengginas pada sesi kualifikasi MotoGP Italia. Ia mampu menyisihkan para seniornya di kelas premier dan menjadi yang tercepat di Sirkuit Mugello. Hasil itu sekaligus menjadi pole position pertamanya di kelas MotoGP.

 

Kompetisi musim ini masih menyisakan sembilan balapan. Paruh kedua musim akan dimulai di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada 7 Agustus 2022. Siapa lagi yang akan merebut pole position?

Baca Juga: Profil Fabio Di Giannantonio, Rookie MotoGP yang Ganti Nomor Start

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya