12 Potret Livery Tim MotoGP 2024, Beberapa Berubah Drastis

Ducati masih dominan merah

Intinya Sih...

  • Ducati Lenovo tetap diperkuat Bagnaia dan Bastianini, dengan Desmosedici GP24 berlivery merah mentereng
  • Pramac Racing mengandalkan Martin dan Morbidelli dengan livery ungu, merah, dan hitam yang mencolok
  • Gresini Racing menarik perhatian dengan Marc Marquez dan Alex Marquez serta Ducati Desmosedici GP23

MotoGP 2024 ditandai dengan beberapa perubahan drastis di beberapa tim balap. Di tim pabrikan Repsol Honda, misalnya, tak ada lagi pembalap bernomor 93 di garasinya. Marc Marquez kini berseragam Gresini Racing dengan mengendarai Ducati.

Ada juga perubahan di tim satelit. CryptoDATA RNF MotoGP tak lagi mengaspal di lintasan balap. Sebagai gantinya, Trackhouse Racing Aprilia debut di ganasnya balapan MotoGP. Tim asal Amerika Serikat ini ingin mengembalikan kejayaan nama Negeri Paman Sam di kelas premier.

Dengan adanya beberapa perubahan pembalap dan tim, maka tak heran jika livery balap mereka pun berubah. Seperti apa potret livery tim MotoGP 2024? Simak ulasannya berikut ini!

1. Ducati Lenovo masih berwarna merah seperti sebelumnya

12 Potret Livery Tim MotoGP 2024, Beberapa Berubah Drastispotret tim Ducati Lenovo musim 2024 (motogp.com)

Ducati Lenovo masih diperkuat Francesco Bagnaia (1) dan Enea Bastianini (23). Tim pabrikan asal Borgo Panigale ini mengandalkan Ducati Desmosedici GP24. Livery motor mereka masih dibalut dengan warna merah mentereng.

2. Prima Pramac Racing punya warna ungu mencolok

12 Potret Livery Tim MotoGP 2024, Beberapa Berubah Drastispotret tim Prima Pramac Racing musim 2024 (motogp.com)

Prima Pramac Racing mengandalkan Jorge Martin (89) dan Franco Morbidelli (21). Sebagai tim satelit utama, mereka dipasok Ducati Desmosedici GP24 yang sama dengan tim pabrikan. Pramac Racing juga menyajikan livery anyar perpaduan warna ungu yang mencolok, merah, serta hitam.

3. Livery tim MotoGP 2024 dari Gresini Racing tidak terlalu berubah

12 Potret Livery Tim MotoGP 2024, Beberapa Berubah Drastispotret tim Gresini Racing musim 2024 (motogp.com)

Gresini Racing jadi sorotan. Sepanjang 2024, tim asal Italia ini akan diperkuat Marc Marquez (93) dan Alex Marquez (73). Keduanya akan menunggangi Ducati Desmosedici GP23 yang corak livery motornya tak terlalu berubah dari musim lalu.

4. Pertamina Enduro VR46 Racing Team mengalami perubahan signifikan

12 Potret Livery Tim MotoGP 2024, Beberapa Berubah Drastispotret tim Pertamina Enduro VR46 Racing Team musim 2024 (motogp.com)

Ada perubahan signifikan di tim balap milik Valentino Rossi. Setelah mendapatkan sponsor utama anyar, tim ini kini bernama Pertamina Enduro VR46 Racing Team. Kedua pembalapnya, Marco Bezzecchi (72) dan Fabio Di Giannantonio (49), mengendarai Ducati Desmosedici GP23 berdesain anyar dibalut warna kuning yang mencolok.

5. Red Bull KTM Factory Racing juga masih mirip dengan musim lalu

12 Potret Livery Tim MotoGP 2024, Beberapa Berubah Drastispotret tim Red Bull KTM Factory Racing musim 2024 (motogp.com)

Sama seperti tahun lalu, Red Bul KTM Factory Racing masih mengandalkan duet Brad Binder (33) dan Jack Miller (43). Keduanya masih akan mengaspal di atas KTM RC16. Motor asal pabrikan Mattighofen ini tetap mempertahankan corak oranye khasnya.

6. Red Bull GASGAS Tech3 berwarna dominan merah

12 Potret Livery Tim MotoGP 2024, Beberapa Berubah Drastispotret tim Red Bull GASGAS Tech3 musim 2024 (motogp.com)

Setelah kedatangan rookie Pedro Acosta (31) dan sponsor anyar, tim milik Herve Poncharal ini kini bernama Red Bull GASGAS Tech3. Acosta berpasangan dengan Augusto Fernandez (37). Meski berlabel GASGAS, mereka mengandalkan motor KTM RC16 yang berwarna dominan merah.

Baca Juga: Enea Bastianini Tak Puas dengan Hasil MotoGP Qatar 2024

7. Aprilia Racing kembali dibalut warna hitam

12 Potret Livery Tim MotoGP 2024, Beberapa Berubah Drastispotret tim Aprilia Racing musim 2024 (motogp.com)

Aprilia Racing masih percaya dengan duet Aleix Espargaro (41) dan Maverick Vinales (12). Bersenjatakan inovasi di bagian aerodinamika, tim pabrikan Noale mengandalkan kehebatan Aprilia RS-GP. Motor ini masih didominasi balutan warna hitam.

8. Trackhouse Racing punya desain mirip bendera Amerika Serikat

12 Potret Livery Tim MotoGP 2024, Beberapa Berubah Drastispotret livery tim Trackhouse Racing musim 2024 (motogp.com)

Trackhouse Racing jadi tim paling anyar di grid MotoGP. Tim satelit Aprilia ini diperkuat Miguel Oliveira (88) dan Raul Fernandez (25). Motor Aprilia RS-GP yang mereka gunakan dibalut warna biru, merah, dan putih bedesain bendera Amerika Serikat.

9. Monster Energy Yamaha tidak mengalami perubahan livery berarti

12 Potret Livery Tim MotoGP 2024, Beberapa Berubah Drastispotret tim Monster Energy Yamaha musim 2024 (motogp.com)

Monster Energy Yamaha tetap mengandalkan kedigdayaan Fabio Quartararo (20). Hanya saja, satu-satunya tim yang menggeber Yamaha YZR-M1 ini kedatangan pembalap anyar, Alex Rins (42). Pada bagian desain, tak terlihat ada perubahan berarti pada livery motor mereka.

10. Livery tim MotoGP 2024 Repsol Honda berubah drastis meski dengan warna yang sama

12 Potret Livery Tim MotoGP 2024, Beberapa Berubah Drastispotret tim Repsol Honda musim 2024 (motogp.com)

Untuk MotoGP 2024, Repsol Honda diperkuat duet Joan Mir (36) dan Luca Marini (10). Setelah ditinggal Marc Marquez, desain livery motor RC213V berubah drastis. Meski tetap mempertahankan warna oranye Repsol, desainnya kini didominasi warna biru-merah khas HRC. Tulisan Honda pun lebih besar dibandingkan label Repsol.

11. LCR Honda Castrol punya dua desain livery

12 Potret Livery Tim MotoGP 2024, Beberapa Berubah Drastispotret Johann Zarco dari tim LCR Honda Castrol (motogp.com)

LCR Honda jadi satu-satunya tim yang mengusung dua sponsor utama. Dengan begitu, tim milik Lucio Cecchinello ini punya dua livery motor. Untuk Johann Zarco (5), Honda RC213V yang ia tunggangi berbalut kombinasi hijau, merah, dan putih dengan label Castrol.

12. Livery LCR Honda Idemitsu tidak jauh berbeda dari sebelumnya

12 Potret Livery Tim MotoGP 2024, Beberapa Berubah Drastispotret Takaaki Nakagami dari tim LCR Honda Idemitsu (motogp.com)

Sementara itu, Takaaki Nakagami (30) bakal mengenakan livery motor berlabel Idemitsu. Honda RC213V milik pembalap Jepang ini tetap bernuansa merah, putih, dan hitam. Desainnya tak jauh berbeda dengan musim-musim sebelumnya.

MotoGP 2024 dijadwalkan berlangsung dalam 21 seri Grand Prix. Sebanyak 22 pembalap dari 11 tim bakal beradu kecepatan di panasnya lintasan balap. Siapa pembalap favoritmu?

Baca Juga: Hasil Kurang Oke Fabio Quartararo di MotoGP Qatar 2024

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya