Banyak Opsi, Alberto Puig Belum Putuskan Siapa Tandem Marc Marquez

Belum ada kepastian juga siapa yang akan perkuat tim satelit

Dari 22 slot pembalap MotoGP yang tersedia untuk musim 2023, sejauh ini baru ada delapan tempat yang terisi. Salah satunya adalah milik Marc Marquez yang menempati kursi di tim pabrikan Honda hingga 2024.

Honda sendiri punya slot empat kursi. Itu berarti Honda masih harus mencari tiga pembalap lain untuk memperkuat timnya untuk musim depan. Namun, hingga saat ini belum ada keputusan tentang siapa yang akan jadi tandem Marc Marquez di Repsol Honda dan siapa yang akan jadi andalan di tim LCR Honda.

Siapa yang paling berpeluang membalap bersama Honda musim depan?

1. Joan Mir bukan satu-satunya calon rekan setim Marc Marquez

Banyak Opsi, Alberto Puig Belum Putuskan Siapa Tandem Marc MarquezMarc Marquez dan Joan Mir (motogp.com)

Masa depan Pol Espargaro di Repsol Honda hampir pasti tak akan berlanjut. Pol sendiri dikabarkan merapat ke KTM untuk menjadi bagian di tim satelit Tech3. Mengenai siapa penggantiya, Alberto Puig masih belum punya keputusan. Manajer Tim Honda itu masih melihat perkembangan bursa pembalap.

“Kami sedang memantau (perkembangannya). Kami masih memiliki sedikit batas (waktu) dan kami memanfaatkannya. Kami punya berbagai opsi dan kami sedang mengevaluasi.

Joan Mir adalah salah satu pilihan. Di luar sana ada banyak pembalap. Jadi, tentu saja pilihannya bukan hanya Mir. Semua pembalap yang belum teken kontrak menghubungi kami,” kata Puig dikutip Motosan.

2. Alex Rins punya peluang menggantikan Alex Marquez di tim LCR Honda

Banyak Opsi, Alberto Puig Belum Putuskan Siapa Tandem Marc MarquezAlex Rins (motogp.com)

Untuk pembalap di tim satelit Honda, Alberto Puig pun masih mencari kandidat terbaik. Salah satunya adalah Alex Rins yang santer dikabarkan sedang bernegosiasi dengan tim LCR untuk menggantikan Alex Marquez.

“Pada dasarnya kami telah berbicara dengan semua pembalap. Mereka tak punya motor (untuk musim depan). Jika kamu tak punya peralatan (untuk membalap), itu hal yang normal jika kamu menghubungi,” ujar Puig.

Baca Juga: Kala Lorenzo Kenang Persaingan dengan Rossi dan Marquez

3. Alex Marquez masih dievaluasi apakah akan diperpanjang atau tidak

Banyak Opsi, Alberto Puig Belum Putuskan Siapa Tandem Marc MarquezAlex Marquez (motogp.com)

Siapa saja yang akan mengisi kursi di tim LCR Honda musim depan memang belum pasti. Puig mengaku masih mempelajari perkembangan performa dari para pembalapnya.

“Kami juga sedang mempertimbangkan (kontrak Alex Marquez). Keputusan ini sedikit lebih banyak tergantung dari keputusan tim Lucio Cecchinelli. Akan tetapi, Alex telah bersama kami untuk waktu yang cukup lama, dan saat ini ia masih di sini. Tentu saja Lucio punya pilihan, tapi memang belum ada keputusan,” ungkap Puig dilansir Motosan.

4. Nasib Takaaki Nakagami langsung diputuskan dari Jepang

Banyak Opsi, Alberto Puig Belum Putuskan Siapa Tandem Marc MarquezTakaaki Nakagami (motogp.com)

Selain Alex Marquez, posisi Takaaki Nakagami di tim LCR pun terancam. Nakagami berpeluang digantikan oleh Ai Ogura yang saat ini tengah tampil apik di Moto2. Nakagami sendiri diisukan akan jadi pembalap penguji bersama Stefan Bradl. Namun, kabar ini masih belum terkonfirmasi.

“Nakagami juga belum ada keputusan. Selain itu, jika aku boleh jujur, Nakagami yang merupakan pembalap asal Jepang adalah topik yang langsung dibahas dari Jepang. Dan itu adalah informasi yang selalu datang lebih lambat,” ujar Puig.

5. Honda ingin punya keputusan sebelum libur musim panas

Banyak Opsi, Alberto Puig Belum Putuskan Siapa Tandem Marc MarquezAlberto Puig (motogp.com)

Dari empat kursi Honda di MotoGP, hanya Marc Marquez yang sudah memiliki kontrak hingga musim 2024. Untuk sisanya, Alberto Puig berharap bisa mengambil keputusan sebelum libur musim panas.

“Kami ingin semuanya lebih jelas sebelum liburan. Balapan di Finlandia telah dibatalkan. Kami akan mencoba memutuskannya sebelum liburan. Minggu depan atau minggu berikutnya lagi aku pikir kita akan melihat keputusannya,” kata Puig dikutip Motosan.

Performa Honda sendiri berlakangan memang sedang tak baik-baik saja. Tanpa kehadiran Marc Marquez, Honda di lintasan balap jadi bulan-bulanan pabrikan lain. Mau tak mau, Honda harus segera mencari pembalap yang bisa diandalkan jika Marquez masih perlu waktu untuk memulihkan cederanya.

Baca Juga: 10 Pembalap yang Melampaui Rekor Marc Marquez di Sachsenring

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya