Raul Fernandez Jadi Rookie Terbaik di MotoGP San Marino, Cetak Poin

Cuma Fernandez rookie yang finis di zona poin

Pada gelaran MotoGP 2022 San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (4/9/2022), Raul Fernandez berhasil tampil maksimal sekaligus jadi rookie dengan hasil balapan terbaik. Pembalap tim Tech3 KTM itu berhasil melewati garis finis di posisi ke-13.

Ia jadi satu-satunya rookie yang finis di zona lima belas besar. Dengan begitu, Raul Fernandez mendapatkan tambahan 3 poin penting di kejuaraan.

Lantas, bagaimana performa para pembalap debutan lainnya di MotoGP San Marino? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Raul Fernandez (13)

Raul Fernandez Jadi Rookie Terbaik di MotoGP San Marino, Cetak PoinRaul Fernandez (motogp.com)

Raul Fernandez memulai balapan dari uturan ke-25, tempat paling belakang di grid balap. Namun, pembalap yang pada MotoGP 2023 mendatang akan memperkuat tim RNF Aprilia itu bisa memetik hasil maksimal di Sirkuit Misano.

Pada awal balapan, tiga pembalap; Johann Zarco, Michele Pirro, dan Pol Espargaro, terlibat kecelakaan hingga terjatuh. Memanfaatkan kemelut di lintasan ini, Fernandez segera merangsek ke posisi depan.

Putaran demi putaran, ia pun mampu menjaga ritme dan finis di posisi ke-13. Raul Fernandez pun kini untuk sementara berhak mengoleksi 8 poin kejuaraan.

2. Darryn Binder (16)

Raul Fernandez Jadi Rookie Terbaik di MotoGP San Marino, Cetak PoinDarryn Binder (motogp.com)

Darryn Binder start dari urutan ke-21 di grid. Selama balapan, pembalap debutan di tim WithU RNF Yamaha ini bisa tampil cukup konsisten.

Setelah melewati 28 putaran, Darryn finis di posisi ke-16 sehingga tak ada poin tambahan untuknya. Oleh karena itu, untuk sementara ia masih mengoleksi 10 poin pada klasemen.

Baca Juga: 15 Potret Kemenangan Andrea Dovizioso di MotoGP

3. Marco Bezzecchi (17)

Raul Fernandez Jadi Rookie Terbaik di MotoGP San Marino, Cetak PoinMarco Bezzecchi (motogp.com)

Marco Bezzeccchi tak mampu tampil maksimal pada balapan kandang. Bezzecchi sejatinya tampil apik selama sesi kualifikasi hingga mampu merebut urutan start ke-4. Bahkan, ia akhirnya memulai balapan dari urutan ke-3, naik satu posisi lantaran Francesco Bagnaia terkena penalti turun tiga grid.

Sayangnya, rookie di tim Mooney VR46 Racing Team ini sempat terjatuh pada lap 2. Meski mampu melanjutkan balapan, ia harus puas finis di posisi ke-17.

Murid Valentino Rossi itu pun pulang tanpa mendulang poin. Kendati demikian, ia tetap berada di puncak klasemen Rookie of The Year dengan torehan 68 poin.

4. Remy Gardner (19)

Raul Fernandez Jadi Rookie Terbaik di MotoGP San Marino, Cetak PoinRemy Gardner (motogp.com)

Remy Gardner tak mampu meraup poin pada seri MotoGP 2022 San Marino. Pembalap tim Tech3 KTM yang start dari urutan ke-24 ini hanya mampu finis di posisi ke-19. Pada klasemen sementara, Remy Gardner kini baru mengoleksi 9 poin.

Remy memang sedang tak dalam kondisi terbaiknya di KTM. Ia masih terbebani terkait teka-teki masa depannya di dunia balap. Untuk musim 2023, ia dipastikan tak akan berkarier lagi di MotoGP.

5. Fabio Di Giannantonio (20)

Raul Fernandez Jadi Rookie Terbaik di MotoGP San Marino, Cetak PoinFabio Di Giannantonio (motogp.com)

Rookie asal Italia tak berjaya di home race kali ini. Selain Bezzecchi, Fabio Di Giannantonio pun terjatuh pada lap 3.

Pembalap tim Gresini Racing ini start dari urutan ke-14 dan hanya mampu finis di posisi ke-20 setelah kembali ke lintasan pasca insiden terjatuh. Pada klasemen sementara, pembalap yang biasa disebut Diggia itu sudah mengemas 23 poin.

MotoGP 2022 seri berikutnya akan digelar di Motorland Aragon, Spanyol, Minggu (18/9/2022). Balapan yang bertajuk Gran Premio Animoca Brands de Aragon itu merupakan seri balap ke-15. Siapa rookie yang bakal tampil impresif di seri mendatang?

Baca Juga: Francesco Bagnaia Cetak Sejarah di MotoGP, Quattrick Bersama Ducati

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya