Selisih Poin Fernandez dan Ogura di Moto2 Tipis Banget, Cuma 1,5 Poin

Perebutan titel juara makin ketat

Hujan membuat balapan Moto2 Thailand yang dihelat Minggu (2/10/2022) tak berjalan seperti biasanya. Balapan yang awalnya dipersiapkan kering harus diundur karena hujan deras melanda Sirkuit Buriram.

Tiap tim lantas bekerja keras mengganti ban motor yang sudah kadung ada di grid. Lintasan yang basah pun membuat jarak balapan dipangkas dari 24 menjadi 16 lap.

Kondisi basah membuat jalannya balapan sulit diprediksi. Banyak pembalap menahan diri untuk tampil tak terlalu agresif.

1. Balapaan dihentikan, Tony Arbolino menang

Selisih Poin Fernandez dan Ogura di Moto2 Tipis Banget, Cuma 1,5 PoinTony Arbolino (motogp.com)

Saat balapan dimulai, Tony Arbolino (Elf Marc VDS Racing) memacu motornya dengan hati-hati. Arbolino yang start dari urutan ke-2 sempat turun posisi ke urutan ke-9.

Lambat laun, Arbolino yang terbiasa dengan kondisi tersebut mulai bisa mendesak maju. Pada lap tujuh, ia mengambil alih pimpinan dari Filip Salac (Gresini Racing). Namun, hujan turun makin deras. Dua lap kemudian, balapan dihentikan karena hujan dinilai membahayakan.

Sejatinya balapan akan diulang usai jeda, tetapi hujan turun lagi. Race Director pun memutuskan balapan diakhiri dan posisi terakhir pembalap dinyatakan sebagai hasilnya.

Dengan begitu, Tony Arbolino memenangi balapan. Disusul oleh Salac dan Aron Canet (Flexbox HP40) yang finis di P2 dan P3. Sementara itu, para penantang gelar juara dunia terlempar dari posisi lima besar.

2. Di Sirkuit Buriram, Ai Ogura dan Augusto Fernandez cari aman

Selisih Poin Fernandez dan Ogura di Moto2 Tipis Banget, Cuma 1,5 PoinAugusto Fernandez (motogp.com)

Perebutan gelar juara dunia Moto2 kini didominasi dua nama. Augusto Fernandez (Red Bull KTM Ajo) dan Ai Ogura (Honda Team Asia) silih berganti memimpin klasemen. Keduanya mampu tampil konsisten dibandingkan rivalnya yang lain.

Kendati begitu, pada balapan basah di Sirkuit Buriram, Fernandez dan Ogura cari aman. Mereka tampil hati-hati. Saat balapan dihentikan, mereka mengamankan posisi ke-6 dan ke-7.

Baca Juga: Kemenangan Ai Ogura di Sirkuit Motegi, Pangkas Poin Klasemen Moto2

3. Pembalap mendapatkan setengah poin kejuaraan

Selisih Poin Fernandez dan Ogura di Moto2 Tipis Banget, Cuma 1,5 Poinilustrasi balapan basah Moto2 (motogp.com)

Hanya menuntaskan delapan putaran, poin yang diberikan kepada pembalap pun separuhnya. Pemenang yang biasanya memperoleh 25 poin kini membawa pulang 12,5 poin. Begitu seterusnya hingga posisi ke-15 yang mendapat setengah poin.

Dengan ketentuan seperti itu, Ogura yang finis P6 mendapatkan tambahan lima poin. Sedangkan, Fernandez yang finis P7 menambahkan 4,5 poin pada kantongnya.

4. Selisih poin tipis, perebutan gelar juara Moto2 makin ketat

Selisih Poin Fernandez dan Ogura di Moto2 Tipis Banget, Cuma 1,5 PoinAi Ogura (motogp.com)

Pada klasemen sementara, Augusto Fernandez masih berada di posisi puncak dengan 238,5 poin. Rival terdekatnya, Ogura, bertengger sebagai runner-up dengan raihan 237 poin. Selisih di antara mereka hanya 1,5 poin.

Dengan tiga seri balap yang tersisa, masih ada 75 poin yang bisa diperebutkan. Kesempatan keduanya untuk merebut gelar juara dunia Moto2 masih terbuka lebar, tetapi makin ketat.

5. Sepuluh besar klasemen sementara Moto2 usai seri Thailand

Selisih Poin Fernandez dan Ogura di Moto2 Tipis Banget, Cuma 1,5 PoinAugusto Fernandez (motogp.com)

Secara matematis, ada empat pembalap yang masih berada dalam rentang perebutan gelar. Jarak antara Celestino Vietti dengan Fernandez sekitar 73,5 poin. Meski begitu, kans terkuat tentu ada di tangan Fernandez dan Ogura.

Berikut ini sepuluh besar klasemen sementara Moto2 usai seri Thailand:

  1. Augusto Fernandez (Red Bull KTM Ajo) - 238,5 poin;
  2. Ai Ogura (Honda Team Asia) - 237 poin;
  3. Aron Canet (Flexbox HP40) - 185 poin;
  4. Celestino Vietti (Mooney VR46 Racing) - 165 poin;
  5. Tony Arbolino (Elf Marc VDS) - 150,5 poin;
  6. Pedro Acosta (Red Bull KTM Ajo) - 132 poin;
  7. Joe Roberts (Italtrans Racing) - 130 poin;
  8. Jake Dixon (GASGAS Aspar Team) - 127,5 poin;
  9. Somkiat Chantra (Honda Team Asia) - 120 poin; dan
  10. Alonso Lopez (Speed Up) - 110,5 poin.

Moto2 seri berikutnya akan digelar di Sirkuit Phillip Island, Australia. Di lintasan sepanjang 4,4 km tersebut, siapakah yang akan unggul dan menjauhi perolehan poin rivalnya?

Baca Juga: Pedro Acosta Bisa Bantu Augusto Fernandez Rebut Gelar Moto2

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya