Comscore Tracker

12 Sirkuit di Asia yang Pernah Menggelar MotoGP

Sebagian di antaranya masih aktif untuk balapan Grand Prix

Dengan rentang sejarah yang panjang, MotoGP sudah menyambangi banyak sirkuit di dunia. Semua benua pernah didatangi untuk menghelat ajang Grand Prix sejak 1949.

Benua Eropa, Amerika, Australia, Afrika, dan Asia punya banyak trek yang tercatat dalam sejarah penyelenggaraan Grand Prix. Khusus di Asia, setidaknya ada belasan sirkuit yang pernah jadi tuan rumah MotoGP.

Semua bermula pada 1963, ketika Sirkuit Suzuka menggelar balapan Grand Prix untuk pertama kalinya. Sejak saat itu, sebanyak 12 Sirkuit di Asia pernah menggelar MotoGP.

1. Sirkuit Suzuka, Jepang

12 Sirkuit di Asia yang Pernah Menggelar MotoGPpotret Sirkuit Suzuka dari udara (motogp.com)

Sirkuit Suzuka terletak di Jepang. Sirkuit ini langganan menggelar MotoGP pada 1963—1965, 1987—1998, dan 2000—2003.

Suzuka tak lagi menjadi tuan rumah MotoGP setelah ada kecelakaan tragis. Pada gelaran GP Jepang musim 2003, Daijiro Kato tewas akibat kecelakaan saat balapan.

2. Sirkuit Fuji, Jepang

12 Sirkuit di Asia yang Pernah Menggelar MotoGPilustrasi balap tahun 1960-an (motogp.com)

Sirkuit Fuji atau Fuji Speedway merupakan salah satu lintasan di Jepang yang pernah menggelar MotoGP. Tepatnya pada musim 1966 dan 1967.

Sirkuit ini terletak di kaki Gunung Fuji. Panjang lintasannya saat itu mencapai 6 km.

3. Sirkuit Shah Alam, Malaysia

12 Sirkuit di Asia yang Pernah Menggelar MotoGPMotoGP di Sirkuit Shah Alam pada tahun 1994. (motogp.com)

Sirkuit Shah Alam yang berlokasi di Malaysia menggelar MotoGP pada periode 1991—1997. Sirkuit ini dikenal juga dengan nama Batu Tiga Speedway Circuit (BTSC).

Shah Alam cukup bersejarah di Asia Tenggara. Pasalnya, inilah sirkuit pertama di kawasan yang menjadi tuan rumah MotoGP.

4. Sirkuit Sentul, Indonesia

12 Sirkuit di Asia yang Pernah Menggelar MotoGPTadayuki Okada mengalahkan Mick Doohan pada GP Sentul tahun 1997. (twitter.com/bgmotogp)

Sirkuit Sentul menjadi sirkuit pertama di Indonesia yang menggelar MotoGP pada musim 1996 dan 1997. Sesuai namanya, sirkuit ini terletak di Desa Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Panjang lintasan Sirkuit Sentul mencapai 4,12 km dengan 11 tikungan. Trek lurus terpanjangnya mencapai 900 meter.

5. Sirkuit Johor, Malaysia

12 Sirkuit di Asia yang Pernah Menggelar MotoGPMick Doohan berduel dengan Max Biaggi di Sirkuit Johor pada 1998. (twitter.com/bgmotogp)

Sirkuit Johor hanya satu kali menggelar MotoGP, yaitu pada musim 1998. Saat itu, sirkuit sepanjang 3,86 km ini memang sebagai sirkuit pengganti.

Sirkuit Shah Alam yang jadi langganan tuan rumah MotoGP Malaysia sedang direnovasi. Sementara Sirkuit Sepang masih dalam tahap pembangunan.

Baca Juga: 8 Pembalap MotoGP 2022 Pernah Rebut Podium di Sirkuit Buriram

6. Sirkuit Sepang, Malaysia

12 Sirkuit di Asia yang Pernah Menggelar MotoGPJack Miller saat uji coba di Sirkuit Sepang pada 2019. (motogp.com)

Sirkuit Sepang menjadi kebanggaan Malaysia dan aktif menjadi tuan rumah MotoGP. Sirkuit sepanjang 5,5 km ini sudah menjadi lokasi balapan Grand Prix sejak tahun 1999.

Sirkuit Sepang memiliki 15 tikungan, dengan 5 tikungan ke kiri dan 10 tikungan ke kanan. Lebar lintasannya sekitar 16 meter.

7. Sirkuit Motegi, Jepang

12 Sirkuit di Asia yang Pernah Menggelar MotoGPpotret Sirkuit Motegi (motogp.com)

Sirkuit Motegi yang terletak di Jepang ini digunakan untuk ajang MotoGP sejak 1999 hingga sekarang. Pernah menggelar balapan dengan nama seri GP Jepang dan GP Pasifik.

Panjang lintasannya sekitar 4,8 km. Sirkuit yang kini bernama Mobility Resort Motegi itu punya 6 tikungan ke kiri dan 8 tikungan ke kanan.

8. Sirkuit Lusail, Qatar

12 Sirkuit di Asia yang Pernah Menggelar MotoGPpotret Sirkuit Losail (motogp.com)

Sirkuit Lusail terletak di Qatar dan sudah sejak 2004 menghelat ajang Grand Prix. Sirkuit ini merupakan satu-satunya tuan rumah MotoGP yang menggelar balapan malam hari.

Sirkuit Lusail memiliki panjang lintasan 5,4 km. Tikungannya berjumlah 16, dengan 6 tikungan ke kiri dan 10 tikungan ke kanan.

9. Sirkuit Shanghai, China

12 Sirkuit di Asia yang Pernah Menggelar MotoGPDani Pedrosa naik podium di Sirkuit Shanghai. (motogp.com)

Sirkuit Shanghai pernah menjadi tuan rumah gelaran Grand Prix. Sirkuit yang terletak di China ini menggelar MotoGP pada musim 2005 hingga 2008.

Ada tiga pembalap kelas premier yang pernah jadi kampiun di trek sepanjang 5,2 km itu. Mereka adalah Valentino Rossi yang dua kali menang, lalu Dani Pedrosa dan Casey Stoner yang pernah sekali menang.

10. Istanbul Park, Turki

12 Sirkuit di Asia yang Pernah Menggelar MotoGPCasey Stoner dan Marco Melandri pernah menang di Istanbul Park, Turki. (motogp.com)

Istanbul Park terletak di Turki, sebuah negara yang wilayahnya berada di dua benua, Eropa dan Asia. Meskipun Turki adalah negara anggota Uni Eropa, tetapi sebagian besar wilayahnya terletak di Asia. Oleh karena itu, bolehlah menjadikan Istanbul Park masuk dalam daftar ini.

Istanbul Park sendiri menggelar MotoGP pada tahun 2005—2007. Pembalap yang pernah menang di lintasan sepanjang 5,3 km ini adalah Marco Melandri dan Casey stoner.

11. Sirkuit Buriram, Thailand

12 Sirkuit di Asia yang Pernah Menggelar MotoGPpotret Sirkuit Buriram (motogp.com)

Sirkuit Buriram bernama resmi Chang International Circuit. Sirkuit yang baru menggelar MotoGP sejak 2018 ini jadi kebanggaan Thailand.

Sirkuit Buriram memiliki panjang lintasan 4,6 km. Total ada 12 tikungan, dengan rincian 5 tikungan ke kiri dan 7 tikungan ke kanan.

12. Sirkuit Mandalika, Indonesia

12 Sirkuit di Asia yang Pernah Menggelar MotoGPSirkuit Mandalika (motogp.com)

Sirkuit Mandalika sukses menghelat ajang Grand Prix pertamanya pada musim 2022. Sirkuit yang terletak di Lombok ini akan jadi sirkuit andalan sebagai tuan rumah MotoGP Indonesia.

Bernama resmi Mandalika International Street Circuit, panjang lintasannya sekitar 4,3 km dengan lintasan lurus terpanjangnya mencapai 507 meter. Sirkuit Mandalika punya 17 tikungan, yaitu 6 tikungan ke kiri dan 11 tikungan ke kanan.

 

Kawasan Asia punya potensi besar untuk menjadi tuan rumah ajang Grand Prix. Penggemar MotoGP di Asia memang termasuk besar.

Pihak Dorna selaku penyelenggara MotoGP bahkan telah resmi mengadakan balapan MotoGP di Kazakhstan dan India pada musim 2023, yaitu Sirkuit Sokol di Kazakhstan dan Sirkuit Buddh di India. Sirkuit di Asia makin ramai!

Baca Juga: 3 Sirkuit di Jepang yang Pernah Jadi Tuan Rumah MotoGP

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya