7 Sirkuit MotoGP di Mana Marc Marquez Jadi Pemenang Terbanyak

Bakal bertambah lagi musim ini?

Karier Marc Marquez di kelas MotoGP dimulai pada 2013. Sejak itu, ia mencatatkan banyak prestasi gemilang. Mantan pembalap Repsol Honda selama 11 tahun itu merebut 6 gelar juara dunia, 59 kemenangan, dan 101 podium.

Jumlah kemenangan tersebut diprediksi akan bertambah karena Marc Marquez kini mengendarai Ducati, motor paling kompetitif saat ini. Apalagi, Marquez punya beberapa sirkuit yang menjadi andalannya. Kesempatan menang di sirkuit tersebut tentu cukup besar.

Setidaknya, ada tujuh sirkuit MotoGP ini di mana Marc Marquez membuktikan dominasinya dengan menjadi pemenang terbanyak. Pencapaian tersebut terlalu awet dan susah dipatahkan rivalnya. Mana saja ketujuh sirkuit tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

1. Sirkuit Sachsenring yang anti-clockwise identik dengan Marc Marquez

7 Sirkuit MotoGP di Mana Marc Marquez Jadi Pemenang Terbanyakpotret Marc Marquez (motogp.com)

Sirkuit Sachsenring di Jerman identik dengan Marc Marquez. Bagaimana tidak, Marquez merebut delapan kemenangan di lintasan sepanjang 3,7 km ini. Ia jadi kampiun tujuh kali beruntun pada 2013—2019 dan menang lagi pada 2021. Tak heran jika Marquez mendapat julukan SachsenKing.

Baca Juga: 5 Rekor yang Bisa Diukir Marc Marquez di MotoGP 2024, Peluangnya Besar

2. Marquez jadi raja di Circuit of The Americas (COTA)

7 Sirkuit MotoGP di Mana Marc Marquez Jadi Pemenang TerbanyakMarc Marquez menang di GP America 2021. (motogp.com)

Selain Sachsenring, sirkuit lain yang identik dengan Marc Marquez adalah Circuit of The Americas (COTA). Marquez juga mendapat julukan King of COTA lantaran menang tujuh kali di lintasan sepanjang 5,5 km ini. Ia menang beruntun enam kali pada 2013—2018 dan menang lagi pada 2021. Satu-satunya sirkuit di Amerika Serikat yang menghelat MotoGP ini memiliki putaran yang berlawanan arah jarum jam.

3. Marquez juga banyak menang di Sirkuit Aragon

7 Sirkuit MotoGP di Mana Marc Marquez Jadi Pemenang Terbanyakpotret Marc Marquez (motogp.com)

Di salah satu sirkuit Spanyol yang menggelar MotoGP, Marc Marquez juga merebut kemenangan terbanyak. Di Motorland Aragon yang panjangnya mencapai 5,1 km, pembalap yang kini berseragam Gresini Racing itu menang lima kali. Ia menang pada musim 2013, lalu menang empat kali beruntun pada 2016—2019.

4. Di Sirkuit Misano yang jadi kandang pembalap Italia, Marc Marquez banyak menang

7 Sirkuit MotoGP di Mana Marc Marquez Jadi Pemenang Terbanyakpotret Marc Marquez (motogp.com)

Meski Sirkuit Misano jadi kandang banyak pembalap Italia, pemenang terbanyak di lintasan sepanjang 4,2 km ini justru seorang Spaniard. Marc Marquez menang empat kali di sirkuit yang bernama lengkap Misano World Circuit Marco Simoncelli ini. ia menang pada 2015, 2017, 2019, dan 2021.

5. Marquez menang tiga kali di Sirkuit Termas de Rio Hondo

7 Sirkuit MotoGP di Mana Marc Marquez Jadi Pemenang TerbanyakMarc Marquez menang di GP Argentina 2019. (motogp.com)

Di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, Marc Marquez menang tiga kali. Spaniard menjadi kampiun pada 2014, 2016, dan 2019. Sayangnya, untuk musim 2024, sirkuit sepanjang 4,8 km ini tak menghelat MotoGP.

6. Sirkuit Motegi juga jadi salah satu lintasan tempat Marquez menang tiga kali

7 Sirkuit MotoGP di Mana Marc Marquez Jadi Pemenang Terbanyakpotret Marc Marquez (motogp.com)

Sirkuit Motegi adalah kandang Honda. Sebagai pembalap Repsol Honda selama lebih dari satu dekade, Marc Marquez mempersembahkan salah satu kemenangan terbanyak di sirkuit sepanjang 4,8 km ini. Selain Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, dan Loris Capirossi, Marc Marquez juga merebut kemenangan sebanyak tiga kali pada 2016, 2018, dan 2019.

7. Marc Marquez menang dua kali di Sirkuit Chang

7 Sirkuit MotoGP di Mana Marc Marquez Jadi Pemenang Terbanyakpotret Marc Marquez (motogp.com)

Chang International Circuit di Thailand baru menggelar MotoGP sejak 2018. Sirkuit ini absen sebagai tuan rumah ajang Grand Prix pada 2020 dan 2021 karena adanya pandemik COVID-19. Meski baru beberapa kali balapan di sirkuit sepanjang 4,55 km ini, Marc Marquez masih mencatatkan dirinya sebagai pembalap yang paling banyak menang. Ia menang dua kali pada 2018 dan 2019.

Untuk MotoGP 2024, Marc Marquez berseragam tim Gresini Racing. Memacu Ducati Desmosedici GP23 yang terbukti kompetitif, Marquez punya kans besar menambah raihan kemenangan di beberapa sirkuit andalannya. Bisakah itu jadi kenyataan?

Baca Juga: Fermin Aldeguer Resmi Berkiprah untuk MotoGP 2025

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya