Comscore Tracker

7 Sponsor Indonesia di Livery Tim Gresini MotoGP, Makin Banyak

Paling baru adalah jenama produk perawatan kulit

Gresini Racing jadi salah satu tim MotoGP yang menarik perhatian publik Indonesia. Pembalapnya, Enea Bastianini, sudah merebut tiga kemenangan dari tujuh balapan yang dilombakan. Tak aneh jika Bastianini jadi idola balap baru.

Namun, bukan itu saja yang membuat Gresini Racing diperhatikan fans asal Indonesia. Pada livery motor dan baju pembalapnya, banyak tercetak logo sponsor asal tanah air. Tim Gresini memang sudah lama menjalin hubungan dengan sponsor asal Indonesia.

Menurut Carlo Merlini, Direktur Pemasaran dan Komersial Gresini Racing, sponsor asal Indonesia termasuk jajaran sponsor yang loyal. Pada awal musim, Gresini punya lima sponsor asal Indonesia. Kini, jumlah sponsor itu kian bertambah.

Pada awal Februari 2022, jelang tes resmi di Sirkuit Mandalika, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menunjuk Gresini Racing sebagai duta Indonesia di MotoGP. Selang tujuh seri balapan kemudian, Gresini Racing kembali mendapatkan sponsor jenama asal Indonesia.

Setidaknya ada 7 sponsor Indonesia di livery balap tim Gresini Racing MotoGP. Apa saja?

1. MS GLOW for MEN

7 Sponsor Indonesia di Livery Tim Gresini MotoGP, Makin BanyakBanyak logo sponsor Indonesia di motor tim Gresini Racing. (gresiniracing.com)

Dalam laman situs resmi Gresini Racing, tim asal Italia itu mengumumkan bahwa mereka bekerjasama dengan jenama perawatan kulit asal Indonesia, MS GLOW for MEN. Logo jenama ini akan digunakan mulai seri balap MotoGP Italia di Sirkuit Mugello.

Tak hanya tercetak di baju balap dan motor milik Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio, logo itu juga akan terpasang di semua pitbox dan truk tim Gresini Racing. MS GLOW for MEN adalah sponsor Gresini Racing terbaru dari Indonesia.

2. Wonderful Indonesia

7 Sponsor Indonesia di Livery Tim Gresini MotoGP, Makin Banyakada logo Wonderful Indonesia di motor MotoGP (gresiniracing.com)

Pemerintah Indonesia melalui Kemenparekraf bekerja sama dengan tim Gresini Racing. Tim asal Italia itu ditunjuk untuk menjadi duta besar Indonesia pada ajang MotoGP.

Logo Wonderful Indonesia terpampang pada motor Ducati Desmosedici bernomor 23 milik Bastianini dan motor bernomor 49 milik Diggia. Logonya terletak pada bagian dalam winglet.

3. Federal Oil

7 Sponsor Indonesia di Livery Tim Gresini MotoGP, Makin BanyakGresini Racing (motogp.com)

Federal Oil sudah bermitra dengan tim Gresini sejak 2012. Ini adalah sponsor asal Indonesia pertama yang berkomitmen dengan proyek Gresini di kelas MotoGP.

Logo Federal Oil dan empat jenama lain terletak di bagian fairing. Selain itu, ada juga logo Federal Oil yang terpampang di bagian winglet.

Baca Juga: 10 Pembalap Tim Gresini Racing yang Pernah Podium di Kelas MotoGP

4. Antangin

7 Sponsor Indonesia di Livery Tim Gresini MotoGP, Makin BanyakFabio Di Giannantonio (motogp.com)

Antangin sudah menjadi sponsor sejak Gresini masih berlaga di kelas Moto2 pada 2018. Di kelas MotoGP, Antangain tetap setia mensponsori tim asal Italia ini.

Logo Antangin berada di bagian depan motor dekat windscreen, tepat di bawah logo nama julukan pembalap. Paling jelas, logo Antangin juga tercetak pada bagian tangan baju balap yang digunakan.

5. Aspira

7 Sponsor Indonesia di Livery Tim Gresini MotoGP, Makin BanyakFabio Di Giannantonio (motogp.com)

Aspira telah mensponsori Gresini sejak tahun 2013. Merek milik PT Astra Otoparts Tbk. itu tetap bekerja sama dengan Gresini di kelas MotoGP.

Sama dengan logo Federal Oil, logo Aspira terletak di bagian fairing motor. Saat peluncuran motor, Logo Aspira berada di bawah logo Ducati. Setelah kerjasama Gresini dengan MS GLOW for MEN, ada kemungkinan letak logo Aspira berada di bawah logo produk perawatan kulit ini.

6. Bold Riders

7 Sponsor Indonesia di Livery Tim Gresini MotoGP, Makin BanyakEnea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio (motogp.com)

Bold Riders sudah jadi sponsor Gresini sejak 2018. Bold Riders sendiri adalah penyelenggara acara kolaborasi antara komunitas sepeda motor dan pecinta motor di Indonesia.

Logo Bold Riders terpasang pada bagian depan motor. Logo tersebut tertempel tepat di bagian tengah antara winglet dan lubang fairing.

7. KYT, helm yang digunakan Enea Bastianini

7 Sponsor Indonesia di Livery Tim Gresini MotoGP, Makin BanyakTim Gresini Racing, Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio (motogp.com)

KYT adalah merek helm yang telah digunakan para pembalap top,  termasuk juga oleh pembalap yang berlaga di kategori kelas utama MotoGP.

Di tim Gresini Racing, helm bermerek Indonesia ini digunakan oleh Enea Bastianini. Sedangkan Diggia menggunakan helm asal Jepang, Shoei.

Indonesia tak saja dikenal sebagai negara asal para fans fanatik MotoGP. Namun, kini Indonesia telah punya nama sebagai sponsor balap di kelas premier. Setelah ada sponsor balap asal Indonesia, dan ada sirkuit balap internasional di Indonesia, mungkinkah akan ada pembalap asal Indonesia yang berlaga di kelas MotoGP dalam waktu dekat?

Baca Juga: Tim Gresini MotoGP: Kami Beruntung Punya Sponsor Setia dari Indonesia

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya