Takaaki Nakagami Tetap di LCR di MotoGP 2023, Honda Lengkap

Honda incar hasil lebih baik musim depan

LCR Honda dan Takaaki Nakagami sepakat meneken perpanjangan kontrak hingga 2023. Pengumuman ini dirilis pada Selasa (13/9/2022) jelang seri MotoGP Aragon.

“Aku sangat senang bisa melanjutkan balapan di MotoGP 2023 bersama LCR Honda Idemitsu. Aku mengucapkan terima kasih kepada Idemitsu dan Honda HRC atas dukungan mereka yang berlanjut.

Aku menantikan musim berikutnya, dan aku akan memberikan segalanya untuk mencapai hasil terbaik bersama tim,” kata Nakagami dilansir laman resmi MotoGP.

Dengan sudah pastinya masa depan Nakagami, maka lengkaplah line-up pembalap tim Honda untuk musim depan. Honda mengandalkan empat pembalap berpengalaman di garasi tim satelit LCR dan tim pabrikan Repsol Honda.

1. Takaaki Nakagami pembalap senior di LCR Honda

Takaaki Nakagami Tetap di LCR di MotoGP 2023, Honda LengkapTakaaki Nakagami perpanjang kontrak dengan LCR Honda. (motogp.com)

Takaaki Nakagami sudah bergabung dengan tim LCR Honda Idemitsu sejak 2018. Musim 2023 akan menandai hubungan 6 tahun mereka yang panjang.

Pembalap kelahiran 1992 ini sudah melakoni 80 balapan di kelas MotoGP. Ia pernah menjadi pembalap independen dengan hasil finis terbaik pada lima kesempatan. Nakagami pun pernah merebut 1 pole position dan 4 kali start balapan dari barisan depan.

Nakagami hanya belum pernah menaiki podium. Kendati begitu, ia adalah pembalap yang mampu diandalkan.

Sejak Marc Marquez cedera, Nakagami sering jadi pembalap Honda dengan hasil terbaik. Pada klasemen sementara 2022, ia berada tepat di bawah Marquez, tetapi mengungguli Pol Espargaro dan Alex Marquez.

2. Alex Rins perkuat LCR Honda di samping Nakagami

Takaaki Nakagami Tetap di LCR di MotoGP 2023, Honda LengkapAlex Rins bergabung degan LCR Honda. (motogp.com)

Kehilangan tempat di Suzuki yang hengkang dari MotoGP, Alex Rins berlabuh di garasi balap LCR Honda. Ia menggantikan Alex Marquez yang pindah ke Gresini Racing.

Bagi Rins, bergabung dengan Honda jadi tantangan baru yang harus ia taklukkan. Pembalap berusia 26 tahun ini menandatangani kontrak sepanjang 2 tahun.

“Aku senang bergabung dengan LCR Honda Team. Mengubah tim dan motor adalah sebuah tantangan, tetapi aku siap memberikan 100 persen dan melakukan semua yang pernah aku pelajari selama bertahun-tahun di kelas MotoGP,” ujar Rins dilansir laman MotoGP.

Baca Juga: Alasan Honda untuk Pertahankan Takaaki Nakagami di MotoGP

3. Marc Marquez jagoan utama di tim Repsol Honda

Takaaki Nakagami Tetap di LCR di MotoGP 2023, Honda LengkapMarc Marquez (motogp.com)

Repsol Honda tentu saja punya pembalap MotoGP terhebat di garasi balapnya. Marc Marquez yang sudah mengoleksi delapan gelar juara dunia (6 MotoGP, 1 Moto2, 1 125cc) masih akan memperkuat pabrikan berlogo sayap emas hingga akhir 2024.

Sejak 2013, pembalap berjuluk The Baby Alien ini jadi pembalap paling dijagokan. Tanpa Marquez, Honda kelimpungan.

Beruntungnya Marquez sudah pulih. Kabar terbaru, pembalap yang sudah mengoleksi 59 kemenangan di kelas premier ini akan comeback di MotoGP Aragon. Ia pun bersiap untuk kembali tampil ganas pada musim depan.

4. Joan Mir akan beraksi di atas RC213V mulai musim depan

Takaaki Nakagami Tetap di LCR di MotoGP 2023, Honda LengkapJoan Mir dan Marc Marquez (motogp.com)

Di samping Marc Marquez, ada Joan Mir yang melengkapi kursi pembalap di tim Repsol Honda. Mir yang merupakan juara dunia MotoGP 2020 bisa jadi tandem sepadan bagi Marquez.

“Terima kasih kepada HRC telah memercayaiku dan memberiku kesempatan untuk memperkuat warna tim bersejarah ini, yang penuh dengan sejarah dan gelar dunia.

Aku akan memanfaatkan semua pengalamanku yang terakumulasi selama bertahun-tahun di Suzuki MotoGP untuk berkontribusi sebanyak mungkin pada proyek ini, dan berjuang bersama untuk menjadi juara dunia lagi,” kata Mir dikutip laman resmi MotoGP.

5. Daftar sementara pembalap MotoGP 2023

Takaaki Nakagami Tetap di LCR di MotoGP 2023, Honda Lengkapline-up pembalap MotoGP 2023 (motogp.com)

Dengan resminya Takaaki Nakagami tetap memperkuat LCR Honda, kini hanya tersisa satu kursi kosong untuk MotoGP 2023. GASGAS Factory Racing belum meresmikan Augusto Fernandez untuk menemani Pol Espargaro.

Daftar sementara pembalap MotoGP 2023:

  • Repsol Honda Team: Marc Marquez dan Joan Mir;
  • LCR Honda Castrol/Idemitsu: Alex Rins dan Takaaki Nakagami;
  • Ducati Lenovo Team: Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini;
  • Prima Pramac Racing: Johann Zarco dan Jorge Martin;
  • Gresini Racing: Fabio Di Giannantonio dan Alex Marquez;
  • Mooney VR46 Racing Team: Luca Marini dan Marco Bezzecchi;
  • Monster Energy Yamaha: Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli;
  • Aprilia Racing: Aleix Espargaro dan Maverick Vinales;
  • WithU RNF MotoGP: Miguel Oliveira dan Raul Ferndanez;
  • Red Bull KTM Factory Racing: Brad Binder dan Jack Miller;
  • GASGAS Factory Racing Team: Pol Espargaro dan to be confirmed.

Honda diperkuat empat pembalap berpengalaman. Dua di antaranya adalah peraih gelar juara dunia MotoGP. Dengan line-up pembalap seperti itu, bisakah Honda kembali menjadi penantang gelar juara?

Baca Juga: Senyum Semringah Alex Rins usai Tanda Tangan Kontrak Bersama LCR Honda

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya