Toprak Razgatlioglu Mulai Buka Opsi Pindah Ke MotoGP

Tahun depan akan uji coba Yamaha YZR-M1

Toprak Razgatlioglu mulai terbuka dengan kemungkinan pindah ke MotoGP. Pembalap yang baru saja menjadi juara dunia WorldSBK 2021 ini akan mengikuti beberapa tes Yamaha musim depan.

Toprak sempat menolak tawaran untuk pindah ke MotoGP. Meski sudah ada tawaran dari tim Petronas SRT Yamaha (sekarang WithU RNF Racing) untuk jadi salah satu pembalapnya, Toprak lebih memilih untuk memperpanjang kontraknya di WorldSBK hingga 2023.

1. Toprak akan mengetes motor MotoGP pada beberapa kesempatan

Toprak Razgatlioglu Mulai Buka Opsi Pindah Ke MotoGPToprak Razgatlioglu (worldsbk.com)

Pada musim balap 2022, Toprak Razgatlioglu memang masih akan mengaspal di WorldSBK. Namun, ia telah memastikan bahwa dirinya akan mengikuti beberapa tes Yamah YZR-M1 tahun depan.

“Aku akan mencoba M1 pada beberapa tes privat pada 2022. Pada saatnya nanti aku akan bersama Cal Crutchlow,” katanya dikutip Visordown.

2. Toprak berharap akan bisa debut di MotoGP pada 2023

Toprak Razgatlioglu Mulai Buka Opsi Pindah Ke MotoGPToprak Razgatlioglu (instagram.com/toprak_tr54)

Yamaha sudah tertarik kepada Toprak sejak awal tahun ini. Ketika ditawari untuk pindah ke MotoGP, Toprak menolak dengan alasan ingin fokus merebut juara dunia WorldSBK. Kini, setelah ia berhasil meraih mimpinya, Toprak mulai berkeinginan debut di MotoGP.

“Aku berharap untuk bisa debut di MotoGP pada 2023. Saat ini semua perhatianku ada pada WorldSBK musim depan,” ungkap Toprak.

Baca Juga: Toprak Razgatlioglu: MotoGP? Mungkin Dua Tahun Lagi

3. Kursi pembalap MotoGP 2022 sudah penuh, tetapi pada 2023 nanti akan banyak kesempatan

Toprak Razgatlioglu Mulai Buka Opsi Pindah Ke MotoGPToprak Razgatlioglu (worldsbk.com)

Jika melihat line-up MotoGP musim depan, kursi pembalap di semua tim sudah terisi penuh. Tim pabrikan Yamaha sudah memastikan Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Sedangkan, tim satelit Yamaha, WithU RNF Racing, sudah mengunci Andrea Dovizioso dan Darryn Binder.

Meski begitu, banyak kontrak pembalap MotoGP yang akan selesai pada akhir musim 2022. Di Yamaha sendiri, hanya Franco Morbidelli yang masih memiliki kontrak hingga 2023. Toprak memiliki kesempatan untuk mengisi kursi kosong di Yamaha.

4. Toprak Razgatlioglu memiliki daya tarik tersendiri bagi tim satelit Yamaha MotoGP

Toprak Razgatlioglu Mulai Buka Opsi Pindah Ke MotoGPRazlan Razali, bos tim satelit Yamaha di MotoGP. (motogp.com)

Dilansir Visordown, Toprak Razgatlioglu memiliki kemungkinan yang besar untuk bergabung ke tim WithU RNF Racing pada 2023 nanti. Sebagai pembalap MotoGP pertama asal Turki, Toprak diprediksi akan didukung banyak sponsor asal negerinya.

Selain itu, Toprak juga kemungkinan akan mendapatkan motor Yamaha dengan spesifikasi pabrikan. Ini tentunya akan membuat tim satelit menjadi lebih kompetitif.

5. Toprak terbukti bisa mengembalikan gelar juara dunia WorldSBK kepada Yamaha

Toprak Razgatlioglu Mulai Buka Opsi Pindah Ke MotoGPToprak Razgatlioglu (worldsbk.com)

Memang tak aneh jika Toprak menjadi incaran tim MotoGP. Sepanjang tahun, Toprak memberikan performa yang luar biasa. Pembalap asal Turki ini mampu mematahkan dominasi Jonathan Rea yang sudah juara dunia selama 6 tahun beruntun.

Toprak menjadi juara dunia WorldSBK dengan mengumpulkan total 29 podium. Raihan itu termasuk dengan 13 kemenangan, 9 podium kedua, dan 7 podium ketiga. Kesuksesan ini menjadikannya pembalap Turki pertama yang menjadi juara dunia. Selain itu, Toprak menjadi pembalap yang mampu memberikan gelar juara dunia kepada Yamaha sejak terakhir kali dimenangkan Ben Spies pada 2009.

Toprak Razgatlioglu memang pantas dilirik tim Yamaha di MotoGP. Jika tahun 2023 Toprak memang pindah, maka persaingan di MotoGP akan makin kompetitif. Kita tunggu saja.

Baca Juga: 10 Fakta Toprak Razgatlioglu, Juara World Superbike 2021 

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya