Bartolini-Baldassarri Kalahkan Rossi-Marini di La 100km dei Campioni

Ini adalah ajang balap tahunan milik The Doctor

Valentino Rossi sukses menggelar La 100km dei Campioni. Balapan ketahanan edisi ke-8 tersebut dihelat pada Jumat hingga Minggu (25 hingga 27 November 2022). Sejatinya, balapan dijadwalkan untuk hari Jumat dan Sabtu saja. Namun, hujan lebat mengguyur VR46 Motor Ranch di Tavullia pada Sabtu sehingga sesi utama pun diundur ke hari Minggu.

Kendati begitu, keseruan balapan sama sekali tak terganggu. Malah ada kejutan terjadi ketika pasangan muda berhasil mengalahkan juara bertahan. Simak ulasan keseruan dari ajang balap tahunan milik The Doctor berikut ini.

1. Bartolini dan Baldassarri curi kemenangan dari Rossi dan Marini

Bartolini-Baldassarri Kalahkan Rossi-Marini di La 100km dei Campioniperaih podium La 100km dei Campioni musim 2022 (motogp.com)

La 100km dei Campioni musim 2022 diikuti oleh 40 pembalap atau 20 pasangan. Balapan ini bergaya endurance tradisional, di mana para pembalap berlari ke arah motor saat start, kemudian memacu motornya.

Pada sesi utama endurance race, pemenangnya adalah pasangan Elia Bartolini dan Lorenzo Baldassarri. Bartolini yang merupakan rookie Moto3 dan Baldassarri yang merupakan runner-up World Supersport bersaing ketat dengan pasangan adik kakak Valentino Rossi dan Luca Marini.

Duel di antara kedua tandem tersebut terjadi hingga lap terakhir. Hanya saja, semangat muda Bartolini dan Baldassarri tak bisa dikalahkan.

Rossi dan Marini harus puas finis P2. Sedangkan podium terakhir ditempati pembalap Moto2, Celestino Vietti dan Nicolo Antonelli.

2. Kemenangan beruntun Valentino Rossi terhenti

Bartolini-Baldassarri Kalahkan Rossi-Marini di La 100km dei CampioniLa 100km dei Campioni musim 2022 (motogp.com)

Valentino Rossi sudah empat kali memenangi La 100km dei Campioni. Pada 2018, Rossi menang saat berpasangan dengan Franco Morbidelli.

Untuk musim 2019—2021, The Doctor menjadi kampiun ketika berpasangan dengan Luca Marini. Kini, Rossi harus merelakan kemenangan beruntunnya terhenti.

“Kami tahu Elia dan Balda sangat cepat dan kami bertarung sejak awal balapan. Akhirnya kami finis ke-2. Itu akhir pekan yang luar biasa dan balapannya menjadi sangat kompetitif dari tahun ke tahun. Ini cara terbaik untuk mengakhiri musim,” kata Rossi dilansir Crash.

Baca Juga: Performa Murid Valentino Rossi Sepanjang MotoGP 2022, Siapa Terhebat?

3. Luca Marini menang lagi di sesi Americana

Bartolini-Baldassarri Kalahkan Rossi-Marini di La 100km dei CampioniLuca Marini (motogp.com)

Selain sesi utama endurance pada Minggu, La 100km dei Campioni juga melombakan sesi balap Americana Race yang diselenggarakan hari Jumat. Pada sesi perorangan ini, Luca Marini kembali jadi kampiun.

“Aku rasa aku memenangkan ham atau sosis lagi, yang selalu enak disantap saat musim dingin. Bercanda, (kemenangan) ini selalu merupakan emosi yang hebat, dan menyenangkan bisa mengonfirmasi diriku setiap tahun,” kata Marini dikutip Crash.

4. Para peserta puas menutup akhir musim dengan berlomba di trek milik The Doctor

Bartolini-Baldassarri Kalahkan Rossi-Marini di La 100km dei CampioniLa 100km dei Campioni musim 2022 (motogp.com)

Para peserta menikmati balapan ‘senang-senang’ di lintasan balap milik The Doctor tersebut. Andrea Dovizioso bahkan menyebut trek ini sebagai surga.

“Kami berada di trek yang merupakan surga. Tak ada trek sebesar ini di mana pun di dunia untuk disiplin ini. Ada kemungkinan untuk berlatih, tetapi juga bisa digunakan untuk balapan yang sangat kompetitif. Sangat menyenangkan,” kata Dovizioso dikutip Corsedimoto.

5. Daftar peserta La 100km dei Campioni edisi 2022

Bartolini-Baldassarri Kalahkan Rossi-Marini di La 100km dei CampioniLa 100km dei Campioni musim 2022 (motogp.com)

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, La 100km dei Campioni dipenuhi pembalap papan atas dunia. Ada delapan pembalap MotoGP musim 2023 yang turut serta dalam kompetisi tahunan ini.

Selain Luca Marini, ada juga juara dunia Francesco Bagnaia, lalu Franco Morbidelli, Marco Bezzecchi, Fabio Di Giannantonio, Alex Rins, Jorge Martin, dan Augusto Fernandez.

Ada juga pembalap MotoGP yang telah pensiun. Selain Rossi sendiri, 100 km of Champion edisi ke-8 ini pun diramaikan oleh Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, dan Tito Rabat.

Berikut ini daftar peserta La 100km dei Campioni edisi 2022:

  1. Valentino Rossi;
  2. Albert Arenas;
  3. Alberto Surra;
  4. Alessandro Gramigni;
  5. Alessandro Zaccone;
  6. Alex Rins;
  7. Alex Salvini;
  8. Andrea Dovizioso;
  9. Andrea Migno;
  10. Augusto Fernandez;
  11. Axel Bassani;
  12. Celestino Vietti;
  13. Danilo Petrucci;
  14. Elia Bartolini;
  15. Fabio Di Giannantonio;
  16. Federico Fuligni;
  17. Ferran Cardus;
  18. Filippo Farioli;
  19. Filippo Fuligni;
  20. Francesco Bagnaia;
  21. Franco Morbidelli;
  22. Gautier Paulin;
  23. Jorge Martin;
  24. Lorenzo Baldassarri;
  25. Lorenzo Gabellini;
  26. Luca Marini;
  27. Manuel Gonzalez;
  28. Marco Belli;
  29. Marco Bezzecchi;
  30. Matteo Ferrari;
  31. Matteo Patacca;
  32. Mattina Pasini;
  33. Michael Rinaldi;
  34. Niccolo Antonelli;
  35. Pedro Acosta;
  36. Raffaele De Rosa;
  37. Sammy Halbert;
  38. Stefano Manzi;
  39. Tito Rabat; dan
  40. Xavier Artigas.

 

Valentino Rossi dan VR46 Riders Academy berhasil menjadikan La 100km dei Campioni sebagai ajang tahunan yang diikuti para pembalap dunia. Ciri khas perlombaannya pun tak hilang, yaitu balapan untuk bersenang-senang.

Baca Juga: Valentino Rossi Podium Lagi! Ini 5 Keseruan La 100km dei Campioni

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya