Comscore Tracker

Vinales Puas meski Finis P7 di MotoGP Thailand, Bisa Kuasai Trek Basah

Top Gun makin percaya diri libas lintasan basah

Perasaan Maverick Vinales campur aduk selama akhir pekan di seri MotoGP Thailand. Awalnya ia percaya diri bisa menaklukkan Sirkuit Buriram, trek di mana ia bisa meraih podium pada dua balapan sebelumnya.

Namun, saat sesi latihan bebas di lintasan kering hari Jumat (30/9/2022) dan Sabtu (1/10/2022), harapannya untuk tampil apik menguap. Ia mengalami kesulitan untuk menemukan pengaturan terbaik bagi RS-GP yang ia tunggangi.

Beruntungnya, keadaan berubah menjadi lebih baik pada hari Minggu (2/10/2022). Pada balapan yang diguyur hujan, pembalap tim Aprilia Racing itu mampu tampil ciamik.

1. Vinales finis P7 walau start dari urutan ke-17

Vinales Puas meski Finis P7 di MotoGP Thailand, Bisa Kuasai Trek BasahMaverick Vinales (motogp.com)

Maverick Vinales start dari urutan ke-17 grid. Secara bertahap, Vinales naik ke posisi depan setelah menyalip banyak pembalap di depannya.

Pada akhir balapan, Top Gun berhasil menyalip Alex Marquez (LCR Honda) dan mengamankan posisi ke-7. Ia pun membawa pulang tampahan 9 poin.

“Aku merasa lebih baik di atas motor. Di sini, di Thailand, bahkan sedikit lebih baik daripada di Jepang yang diguyur hujan seminggu lalu,” kata Vinales dilansir Speedweek.

2. Masalah saat latihan di lintasan kering tak muncul ketika balapan basah

Vinales Puas meski Finis P7 di MotoGP Thailand, Bisa Kuasai Trek BasahMaverick Vinales (motogp.com)

Balapan basah berdurasi 25 putaran itu menyenangkan bagi Vinales. Ia bisa mengoptimalkan kinerja Aprilia RS-GP yang sebelumnya bermasalah di sesi latihan dan kualifikasi.

“Aku perlahan bisa mengeluarkan kualitas motorku. Apa yang sangat menarik adalah masalah yang muncul ketika trek kering (saat latihan bebas dan kualifikasi) hilang ketika balapan basah. Misalnya saja, menikung jadi lebih baik,” ungkap Top Gun.

Baca Juga: Maverick Vinales Punya Motivasi Tinggi Taklukkan MotoGP Thailand

3. Hujan membawa berkah bagi Vinales

Vinales Puas meski Finis P7 di MotoGP Thailand, Bisa Kuasai Trek BasahMaverick Vinales (motogp.com)

Dengan finis di posisi ke-7, Vinales berhasil menyalip sepuluh posisi di depannya. Faktor hujan yang membuat lintasan basah menguntungkan performa Vinales dan Aprilia.

“Kami beruntung hujan turun hari itu. Meskipun saat sesi pemanasan aku punya ritme yang baik, tetapi aku tak cukup kuat untuk bisa mendapatkan hasil baik jika balapannya kering,” ujar Vinales dikutip Speedweek.

4. Vinales yakin bisa tampil lebih baik lagi jika start dari grid depan

Vinales Puas meski Finis P7 di MotoGP Thailand, Bisa Kuasai Trek BasahMaverick Vinales (motogp.com)

Vinales menyayangkan tak bisa start dari urutan lebih depan. Dengan ritme balap yang ia miliki, ia yakin bisa meraih hasil yang lebih baik.

“Jika kami mulai dari depan, kami bahkan bisa mencapai hasil lima besar di lintasan basah. Itu akan jadi hasil yang sangat bagus,” ungkap Vinales optimis.

5. Balapan basah? Siapa takut

Vinales Puas meski Finis P7 di MotoGP Thailand, Bisa Kuasai Trek BasahMaverick Vinales (motogp.com)

Hasil balapan di Sirkuit Buriram yang hujan meyakinkan Vinales bahwa performa balapnya kian meningkat. Menunggangi Aprilia, ia kini percaya diri jika harus melibas lintasan basah.

“Penting bagiku untuk bisa merasa percaya diri saat kondisi hujan, karena biasanya aku tak pernah tampil baik ketika balapan basah. Aku bisa menjadi sangat kuat dengan motor ini,” kata pembalap berusia 27 tahun itu dilansir Speedweek.

 

MotoGP seri berikutnya akan digelar di Sirkuit Phillip Island, Australia. Jika melihat sejarahnya, di sirkuit sepanjang 4,4 km ini ada kemungkinan turun hujan. Jika begitu, mampukah Vinales kembali mendapatkan hasil yang memuaskan?

Baca Juga: 8 Pembalap MotoGP 2022 Pernah Rebut Podium di Sirkuit Buriram

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya