Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Perlu Olahraga Biliar, Manfaatnya Banyak

Selain menyenangkan, ada manfaat lainnya juga!

Olahraga biliar adalah sebuah cabang olahraga yang termasuk dalam kategori olahraga konsentrasi. Selain itu perkembangan olahraga modern ini, merupakan salah satu olahraga yang turut ikut diperlombakan. Dalam turnamen atau event olahraga Nasional atau PON, maupun Internasional.

Namun tahukah kamu? Selain menyenangkan untuk hiburan bareng teman dan keluarga. Ternyata olahraga yang berasal dari negara Eropa Timur dan Perancis ini mempunyai beberapa manfaat lainnya. Yuk, kepoin apa saja sih manfaat dari olahraga biliar ini. 

1. Meningkatkan kemampuan berpikir lebih tajam dan lebih fokus

5 Alasan Kamu Perlu Olahraga Biliar, Manfaatnya Banyakilustrasi fokus memukul bola (istockphoto.com/Aksonov)

Selain menyenangkan olahraga biliar juga bisa mengasah pikiran menjadi lebih tajam. Alasannya ketika permainan bola dimulai kamu perlu fokus. Konsentrasi dan improvisasi sangat penting untuk permainan olahraga ini. Pool membutuhkan perkiraan dan perhitungan matematis mental, seperti geometri dasar dan fisika. 

Ketrampilan ini dibutuhkan untuk menghitung sudut dan lintasan yang tepat selama serangan ditetapkan agar tidak melampaui target. Ketika kamu sedang fokus menyodok bola diperlukan daya konsentrasi dan skill tersendiri bukan? Jadi, tanpa kamu sadari olahraga biliar telah mampu melatih mempertajam atau mengasah pikiran menjadi lebih fokus.

2. Mempertajam penglihatan mata

5 Alasan Kamu Perlu Olahraga Biliar, Manfaatnya Banyakilustrasi bermain billiar (istockphoto.com/simon2579)

Olahraga biliar terlihat santai dan membahagiakan bagi pemainnya. Selain dapat mempertajam pikiran dan bisa lebih fokus, namun juga dapat meningkatkan penglihatan. Jika kamu tidak memperhatikan dengan baik dalam permainan, maka semua konsentrasi akan buyar. 

Dikarenakan koordinasi antara tangan dengan mata yang terlihat merupakan faktor penting. Ini adalah manfaat yang baik untuk melatih penglihatan kamu, lho. Dari fokus yang diperlukan dalam permainan, ternyata berhubungan dengan kemampuan mata untuk melihat. Penglihatan yang baik dan berfokus pada tangan, memungkin bola masuk kedalam lubang permainan dengan tepat.

3. Membakar kalori

5 Alasan Kamu Perlu Olahraga Biliar, Manfaatnya Banyakilustrasi bermain billiar (istockphoto.com/simon2579)

Hampir semua jenis olahraga bisa membakar kalori, termasuk permainan olahraga bola sodok ini. Namun ini bukan olahraga seperti mengangkat beban. Pastinya menjadi sebuah pertanyaan, bagaimana bisa membakar kalori?  

Ada jumlah mengejutkan dari berjalan kaki saat mengelilingi satu kali putaran meja biliar. Dalam sesi dua jam saja bermain bola 8 atau bola 9 yang khas. Kamu mendapatkan seratus kali langkah kaki saat mengelilingi meja. Bayangkan, perkiraannya adalah sama dengan berjalan hampir tiga seperempat dari satu mil. Jadi, saat melakukan putaran pada meja biliar dua jam saja telah berhasil membakar banyak kalori. 

Baca Juga: 5 Manfaat Sehat Bermain Biliar, Apa Saja?

4. Meningkatkan ketrampilan kognitif atau kecerdasan

5 Alasan Kamu Perlu Olahraga Biliar, Manfaatnya Banyakilustrasi bermain biliar (istockphoto.com/EmirMemedovski)

Jika kamu sering bermain olahraga biliar, kamu pasti memiliki sifat cenderung tidak panik. Bahkan disaat kondisi kritis sekalipun. Dikarenakan kamu mampu berpikir secara logis. Permainan konsentrasi ini memungkinkan kamu memeriksa fakta dan detailnya. Dalam situasi ini mendorong kamu beraksi tanpa menjadi histeris. Baik itu dalam kehidupan sehari-hari ataupun saat bermain biliar.

Dari sinilah kecerdasan itu semakin meningkat. Kamu akan membayangkan kearah mana bola akan melaju. Dengan kecerdasan ini akan meningkatkan ketrampilan bermain bukan? Karena pada setiap permainan akan menciptakan imajinasi, visualisasidan pemecahan masalah yang membutuhkan improvisasi. 

5. Dapat mengelola emosi menjadi lebih baik

5 Alasan Kamu Perlu Olahraga Biliar, Manfaatnya Banyakilustrasi bermain biliar (istockphoto.com/LordHenriVoton)

Secara tidak langsung olahraga biliar ternyata juga bisa mengelola emosi. Secara logika otak motorik yang terlatih, telah mampu membantumu mengelola emosi menjadi lebih baik. Tidak mudah marah atau emosian.

Pikiran dan emosi saat bermain biliar, merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan untuk menang. Jika emosi dan pikiran sedang kacau, tentunya permainan juga akan menjadi kacau atau buyar bukan? 

Ternyata tanpa kita sadari, olahraga biliar ini memiliki banyak manfaatnya, ya. 

Baca Juga: 5 Manfaat Sehat Bermain Biliar, Apa Saja?

Salma Wati Photo Verified Writer Salma Wati

Let it flow in its own time

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya