4 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Menang di GP Monako

Deretan pembalap hebat di sirkuit legendaris

GP Monako menjadi balapan selanjutnya di kalender Formula 1 2023 ini setelah GP Emilia Romagna dibatalkan. Balapan di Sirkuit Monte Carlo tersebut akan berlangsung pada 26–28 Mei 2023.

Dari 20 pembalap musim ini, ada 4 yang sudah pernah meraih podium tertinggi di GP Monako. Siapa saja keempat pembalap tersebut?

Inilah pembalap Formula 1 2023 yang pernah menang di GP Monako!

1. Fernando Alonso

4 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Menang di GP MonakoFernando Alonso mengangkat trofi kemenangan GP Monako 2006. (twitter.com/BWT Alpine F1 Team)

Fernando Alonso memenangi balapan Formula 1 yang berlangsung di Sirkuit Monte Carlo dalam 2 tahun berturut-turut. Kemenangan pertama terjadi pada 2006 ketika ia membela Renault. Pembalap Spanyol tersebut, yang memulai balapan dari pole position, sempat mendapatkan lawan terberat, yakni Kimi Raikkonen. Namun, pembalap Finlandia tersebut mengalami kendala pada mesin mobilnya dan gagal finis, sehingga Alonso dengan tenang memacu mobilnya untuk menjadi pembalap pertama yang melewati garis finis.

Satu musim berikutnya, Alonso yang membela McLaren membawa timnya menang 1-2 dengan rekannya saat itu, Lewis Hamilton. Seperti 2006, ia kembali start dari pole position dan melewati garis finis sekitar 4 detik di depan Hamilton dan 69 detik di depan Felipe Massa yang menghuni podium ketiga. Menariknya, Alonso berhasil melakukan overlap pembalap yang finis di posisi keempat hingga posisi terakhir.

2. Lewis Hamilton

4 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Menang di GP MonakoLewis Hamilton memegang trofi juara pertama di GP Monako 2008. (twitter.com/McLaren)

Lewis Hamilton sudah tiga kali menjadi pemenang GP Monako. Kemenangan pertama terjadi pada 2008 ketika ia berseragam McLaren. Saat itu, balapan dimulai dengan lintasan yang basah dan berakhir dengan lintasan yang kering. Banyak insiden yang terjadi di tengah kondisi yang kurang bersahabat, termasuk mobil Hamilton yang sempat menyenggol tembok dan membuat ban kanan belakangnya pecah. Untungnya, ia masih dapat melanjutkan balapan hingga finis.

Dua kemenangan berikutnya diraih bersama Mercedes. Pada 2016, meski start dari posisi ketiga, Hamilton sukses meraih kemenangan dan mencatatkan fastest lap. Tiga musim berselang, ia meraih kemenangan dari pole position.

Baca Juga: Lewis Hamilton Bicara Peluang Balapan di F1 hingga Usia 50 Tahun

3. Max Verstappen

4 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Menang di GP MonakoMax Verstappen menerima trofi kemenangan GP Monako 2021. (twitter.com/Oracle Red Bull Racing)

Max Verstappen baru satu kali meraih kemenangan di GP Monako, yakni pada 2021. Ini sekaligus menjadi podium pertama Verstappen di Monako. Menariknya lagi, hasil yang didapatnya serupa dengan Hamilton. Pembalap Belanda tersebut pertama kali memenangi GP Monako pada musim di mana ia meraih gelar juara dunia pertamanya.

Di GP Monako 2021, Verstappen menempati posisi start kedua di belakang jagoan tuan rumah, Charles Leclerc, yang meraih pole position. Sayangnya, sesaat sebelum balapan dimulai, mobil Leclerc mengalami masalah pada drive shaft yang memaksanya tidak dapat mengikuti balapan. Verstappen, yang menjadi pembalap terdepan, nyaris tidak mendapatkan tekanan berarti dari pembalap di belakangnya dari start hingga finis.

4. Sergio Perez

4 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Menang di GP MonakoSergio Perez mengangkat trofi juara pertama di GP Monako 2022. (img.redbull.com)

Sergio Perez menjadi pemenang GP Monako 2022. Hasil ini merupakan kemenangan ketiganya di Formula 1. Hingga saat ini, pembalap Meksikko tersebut sudah enam kali menjadi pemenang. GP Monako 2022 menjadi 1 dari 5 kemenangan yang diraih di sirkuit jalan raya.

Sejak awal balapan, Perez yang start dari posisi ketiga tetap berada di posisi ketiga di depan Max Verstappen. Keduanya berada di belakang dua pembalap Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz. Menariknya, berkat strategi pit stop Red Bull yang jitu dan tepat, Perez berhasil melompat ke posisi pertama. Ia bertahan hingga finis, ditemani Verstappen yang berhasil naik ke podium ketiga.

Dari keempat pembalap di atas, Lewis Hamilton menjadi pembalap dengan kemenangan terbanyak di GP Monako, yaitu sebanyak tiga kali. Namun, kemungkinan besar ia sulit meraih kemenangan keempat di Sirkuit Monte Carlo musim ini karena mobil Mercedes kurang kompetitif. Sementara itu, dua pembalap Red Bull berpeluang paling besar untuk merebut podium tertinggi mengingat mobil yang sangat dominan musim ini.

Ada satu pembalap yang bisa saja memberi kejutan, yaitu Fernando Alonso. Ia yang sudah menang dua kali tentu termotivasi untuk meraih kemenangan ketiga di sirkuit legendaris yang terkenal dengan sulitnya melakukan overtaking ini. Bila Alonso berhasil meraih posisi start terdepan, ia bisa saja kembali naik podium dan bukan tidak mungkin meraih kemenangan.

Baca Juga: Perjalanan Karier Sergio Perez, Jawara Meksiko di Formula 1

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya