7 Pembalap Formula 1 2024 yang Pernah Naik Podium di GP Arab Saudi

Ada yang 3 kali berada di podium dalam 3 musim

Hanya berselang sepekan setelah GP Bahrain 2024 usai, penggemar Formula 1 akan mengikuti GP Arab Saudi 2024 yang berlangsung selama 7–9 Maret 2024. Rangkaian event bakal diadakan di Jeddah Corniche Circuit. Sama seperti balapan GP Bahrain 2024, balapan GP Arab Saudi 2024 juga diadakan pada hari Sabtu.

Musim ini, GP Arab Saudi menjalani balapan keempat sejak debut di kalender Formula 1 pada 2021. Dari 20 pembalap Formula 1 2024, ada 7 pembalap di antaranya yang sudah pernah meraih podium di GP Arab Saudi. Masih ingat siapa saja mereka?

1. Lewis Hamilton menjadi pembalap pertama yang menang di Arab Saudi

7 Pembalap Formula 1 2024 yang Pernah Naik Podium di GP Arab SaudiLewis Hamilton mengangkat trofi juara pertama di GP Arab Saudi 2021. (twitter.com/Mercedes-AMG Petronas F1 Team)

Lewis Hamilton menjadi pembalap pertama yang mencetak hattrick di GP Arab Saudi pada 2021. Ini berarti, ia start dari pole position, menjadi pemenang, dan mencatatkan fastest lap. Uniknya, kemenangan GP Arab Saudi 2021 adalah kemenangan ke-103 dan terakhir Lewis Hamilton di Formula 1 sejauh ini.

Baca Juga: Lewis Hamilton Masih Bersama Mercedes Hingga Formula 1 2025

2. Max Verstappen sudah tiga kali naik podium

7 Pembalap Formula 1 2024 yang Pernah Naik Podium di GP Arab SaudiMax Verstappen mengangkat trofi juara kedua di GP Arab Saudi 2021. (twitter.com/Max Verstappen)

Selanjutnya ada Max Verstappen. Pembalap Belanda ini selalu finis di atas podium dalam tiga balapan GP Arab Saudi perdana. Ia finis kedua pada 2021, menjadi pemenang pada 2022, dan kembali finis kedua pada 2023. Pada ketiga balapan tersebut, Max Verstappen belum pernah meraih pole position. Akan tetapi, ia pernah sekali mencatatkan fastest lap pada edisi Formula 1 2023.

3. Valtteri Bottas meraih podium terakhir bersama Mercedes

7 Pembalap Formula 1 2024 yang Pernah Naik Podium di GP Arab SaudiValtteri Bottas mengangkat trofi juara ketiga di GP Arab Saudi 2021. (mercedesamgf1.com)

Yang ketiga ialah Valtteri Bottas. Pembalap Finlandia ini meraih podium di GP Arab Saudi pada 2021, yang tak lain merupakan musim terakhirnya bersama Mercedes. Pada balapan tersebut, Bottas finis ketiga mendampingi Lewis Hamilton yang menjadi pemenang di atas podium. Podium itu adalah yang ke-67 sepanjang karier Bottas di Formula 1 sekaligus podium terakhirnya bersama Mercedes. Sejak saat itu, Bottas belum berhasil naik podium lagi.

4. Charles Leclerc meraih podium ke-15 di Formula 1

7 Pembalap Formula 1 2024 yang Pernah Naik Podium di GP Arab SaudiCharles Leclerc mengangkat trofi sebagai penghuni podium kedua di GP Arab Saudi 2022. (ferrari.com)

Charles Leclerc ialah pembalap keempat yang berhasil naik podium di GP Arab Saudi. Ia meraihnya pada 2022 dengan finis di posisi kedua dalam balapan tersebut. Ini adalah podium ke-15 dari 30 podium yang pernah diraih pembalap Monako tersebut di Formula 1. Meski tidak menjadi pemenang, saat itu Charles Leclerc berhasil mencatatkan fastest lap pada GP Arab Saudi 2022.

Baca Juga: Deretan Foto Pemenang GP Bahrain selama 20 Musim di Formula 1

5. Carlos Sainz meraih podium ke-8 di Formula 1

7 Pembalap Formula 1 2024 yang Pernah Naik Podium di GP Arab SaudiCarlos Sainz mengangkat trofi juara ketiga di GP Arab Saudi 2022. (ferrari.com)

Carlos Sainz juga baru sekali naik podium di GP Arab Saudi. Pembalap Spanyol tersebut finis kedua di GP Arab Saudi 2022 untuk meraih podium ke-8 di Formula 1. Ia tentunya mendampingi rekannya, Charles Leclerc yang menempati podium kedua. Hal ini membuat Ferrari menjadi tim kedua yang berhasil menempatkan kedua pembalapnya di atas podium GP Arab Saudi menyusul Mercedes.

6. Sergio Perez menjadi pemenang ketiga di Arab Saudi

7 Pembalap Formula 1 2024 yang Pernah Naik Podium di GP Arab SaudiSergio Perez mengangkat trofi kemenangan GP Arab Saudi 2023. (honda.racing)

Sergio Perez sukses mencatatkan namanya sebagai pembalap ketiga yang pernah memenangi GP Arab Saudi. Momen itu terjadi pada Formula 1 2023 dalam balapan yang ia mulai dari pole position. Kemenangan tersebut merupakan pembalasan dari pole position Perez di GP Arab Saudi 2022 yang tak berbuah kemenangan ataupun finis di atas podium. Tak sekadar menjadikan Red Bull tim ketiga yang menempatkan kedua pembalapnya di atas podium, kemenangan kelimanya di Formula 1 ini makin istimewa karena ia turut membawa Red Bull menjadi tim pertama yang finis 1-2 di GP Arab Saudi. Saat itu Max Verstappen finis kedua. Uniknya, momen itu sekaligus menjadi cacatan pertama kalinya ia memimpin hasil finis 1-2 untuk tim yang ia bela.

7. Fernando Alonso meraih podium yang ke-100 di Formula 1

7 Pembalap Formula 1 2024 yang Pernah Naik Podium di GP Arab SaudiFernando Alonso meraih podium ke-100 di Formula 1 dengan finis di podium ketiga di GP Arab Saudi 2003. (formula1.com)

Ketujuh adalah Fernando Alonso, pembalap paling senior pada Formula 1 2024. Pembalap Spanyol ini berhasil finis ketiga di GP Arab Saudi 2023 dalam balapan keduanya bersama Aston Martin. Podium itu semakin istimewa sekaligus merupakan podium ke-100 untuk dirinya selama berkarier di ajang balapan jet darat ini.

Selama 3 musim kalender Formula 1, GP Arab Saudi sudah memiliki tiga pemenang yang berbeda. Ada tiga tim yang sudah pernah meraih podium ganda. Nah, belajar dari penampilan Red Bull di GP Bahrain 2024, Max Verstappen atau Sergio Perez kemungkinan besar akan kembali naik podium dan memenangi GP Arab Saudi akhir pekan ini. 

Baca Juga: 5 Sirkuit yang Pernah Menjadi Tempat Balapan Pembuka Formula 1

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Go Racing!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya