2 Wasit Indonesia Tugas di FIBA Asia Cup 2022, Siapa Saja?

Harja dan Budi jadi wasit asal Indonesia di FIBA Asia Cup

Jakarta, IDN Times - Indonesia bukan cuma hanya diwakili Timnas Basket di FIBA Asia Cup 2022. Indonesia juga diwakili oleh dua wasit yang akan bertugas memimpin pertandingan dalam ajang tersebut. Mereka adalah Budi Marfan dan Raden Harja Jaladri.

Keduanya terpilih bukan karena status sebagai wasit asal Indonesia atau rekomendasi dari Perbasi. Mereka memang memiliki rekam jejak mumpuni, sehingga dipanggil oleh Komisi Wasit FIBA untuk bertugas di FIBA Asia Cup 2022. Seperti apa profil keduanya?

1. Profil singkat Budi dan Harja

2 Wasit Indonesia Tugas di FIBA Asia Cup 2022, Siapa Saja?Wasit Indonesia di FIBA Asia Cup 2022. (Dok. FIBA)

Budi dan Harja merupakan wasit senior yang disegani di Indonesia. Budi yang lahir pada 30 Maret 1977, mengantongi lisensi wasit FIBA sejak 2003. Sementara Harja yang lahir pada 17 September 1976, mendapatkan lisensi wasit FIBA pada 2005.

Di pentas basket nasional, keduanya merupakan wasit yang disegani. Jam terbang tinggi membuat mereka tenang dalam menghadapi pemain dan situasi pertandingan ketat. Budi dan Harja kerap dianugerahi gelar wasit terbaik di kompetisi basket tertinggi Tanah Air.

Sementara, di event regional atau dunia, keduanya kerap dipanggil untuk memimpin pertandingan. Bahkan ada kalanya mereka dipanggil hanya untuk memimpin laga uji coba antarnegara sebagai wasit netral.

Bahkan, sebelum FIBA Asia Cup 2022 ini, keduanya bersama-sama menjadi ofisial pertandingan Grup A Kualifikasi FIBA World Cup 2023 yang digelar secara terpusat di Melbourne, Australia.

Baca Juga: Marques Bolden Siap Tempur di FIBA Asia Cup 2022

2. Harja dan Budi dikabari sejak dua bulan lalu

2 Wasit Indonesia Tugas di FIBA Asia Cup 2022, Siapa Saja?Proses undian grup FIBA Asia Cup 2022. (dok. FIBA Asia)

Harja mengaku dikabari untuk bertugas di FIBA Asia Cup 2022 sejak dua bulan lalu. Mereka pun melakoni tes hingga akhirnya terpilih jadi wasit untuk ajang yang dihelat di Indonesia tersebut.

"Saya dikabari akan bertugas di FIBA Asia Cup sekitar kurang dari dua bulan lalu. Saya dan Budi menjalani Yo-Yo Test, merekamnya, dan mengirimkannya ke FIBA Asia. Kami sudah melakukannya di Cirebon," kata Harja dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times.

Terpilih sebagai wasit di FIBA Asia Cup 2022 membuat Budi bangga. Wasit asal Bogor ini sebelumnya sudah beberapa kali memimpin pertandingan level Asia. Namun kebanyakan berada di level kelompok usia dan wanita.

"Ini pertama kali saya akan bertugas di FIBA Asia Cup. Pastilah bangga karena berhasil terpilih dari banyak wasit basket di Asia untuk memimpin pertandingan di sini. Apalagi FIBA Asia Cup event paling bergengsi di Asia, dan digelarnya juga di negara sendiri," kata Budi.

3. Harja dan Budi akan menjalani tes fisik lagi

2 Wasit Indonesia Tugas di FIBA Asia Cup 2022, Siapa Saja?Proses undian grup FIBA Asia Cup 2022. (dok. FIBA Asia)

Harja dan Budi sudah bergabung dengan para wasit lainnya yang akan bertugas di FIBA Asia Cup pada Minggu (10/7/2022). Selanjutnya, mereka akan menjalani tes fisik lagi sebelum memimpin pertandingan mulai Selasa (12/7/2022).

"Belum tahu pertandingan apa yang akan kami pimpin di FIBA Asia Cup 2022. Biasanya sehari sebelumnya baru diketahui. Namun, apa pun pertandingannya nanti, kami harus siap," kata Harja.

Baca Juga: Trofi FIBA Asia Cup Dipamerkan, Bakal Keliling Jakarta

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya