3 Momen Tak Terlupakan dari MotoGP 2021

MotoGP 2021 memiliki momen-momen manis

Jakarta, IDN Times - MotoGP 2021 sudah tuntas. Seri Valencia yang dihelat pada Minggu (14/11/2021) di Sirkuit Ricardo Toro jadi seri penutup gelaran MotoGP musim 2021. Yamaha akhirnya kembali merasakan manisnya gelar juara lewat Fabio Quartararo, dengan Francesco Bagnaia sebagai runner-up.

Sepanjang musim 2021, ada banyak momen-momen yang bisa dibilang tak terlupakan. Selain momen juara Quartararo yang sudah dipastikan sejak di MotoGP Misano, ada beberapa momen lain yang juga layak dikenang. Apa sajakah itu?

1. Marc Marquez finis pertama di Sachsenring

3 Momen Tak Terlupakan dari MotoGP 2021Pembalap dari Repsol Honda Marc Marquez melakukan selebrasi setelah berhasil menjuarai MotoGP Jerman 2021, di Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal, Jerman, Minggu (20/6/2021). Ini merupakan podium pertama bagi Marquez setelah kembali dari cedera patah tulang lengan kanan yang dialaminya pada musim lalu dan posisi kedua dan ketiga ditempati Miguel Oliveira (KTM) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). ANTARA FOTO/Reuters-Matthias Rietschel.

Sebelum MotoGP Jerman di Sachsenring, Marc Marquez tengah berada dalam tren negatif. Dalam tiga seri beruntun, yakni Prancis, Italia, dan Catalunya, Marquez selalu gagal finis. Tidak ada yang menjagokan Marquez bisa juara di Sachsenring.

Namun, Marquez memang senang mendobrak batas imajinasi orang-orang. Start dari posisi lima, Marquez menggebrak. Dia menunjukkan kualitasnya dan bersaing dengan Quartararo, Bagnaia, hingga Miguel Oliveira. Marquez menunjukkan kelas sebagai juara dunia.

Pria Spanyol itu akhirnya finis pertama di MotoGP Jerman. Kemenangan ini disambut suka cita oleh Repsol Honda, sekaligus jadi awal mula Marquez menapaki hasil-hasil positif di MotoGP 2021.

Baca Juga: Valentino Rossi Jajal Motor Ducati Lagi di MotoGP

2. Ribut-ribut Maverick Vinales dengan Yamaha

3 Momen Tak Terlupakan dari MotoGP 2021motogp.com

Yamaha mengambil keputusan mengejutkan jelang MotoGP Austria, Minggu (15/8/2021). Mereka memutuskan menjatuhkan hukuman kepada Maverick Vinales.

Menurut pernyataan resmi tim, Yamaha menghukum Vinales lantaran tindakannya di MotoGP Styria. Melalui serangkaian analisis, Yamaha berkesimpulan cara membalap Vinales dianggap aneh dan tidak wajar di Styria, dan itu berpotensi merusak YZR-M1.

"Yamaha berkesimpulan tindakan Vinales di Styria dapat merusak mesin YZR-M1. Bahkan, bisa saja ada risiko yang akan dialami Vinales, bisa berdampak pada pembalap-pembalap MotoGP lainnya," ujar pernyataan resmi Yamaha.

Perselisihan ini meruncing dengan putusnya kontrak Yamaha dan Vinales tak lama setelah insiden ini. Beruntung, selepas itu Yamaha dan Vinales menemukan kebahagiaan masing-masing. Yamaha keluar sebagai juara bersama Quartararo, sedangkan Vinales bahagia bersama Aprilia.

3. Perpisahan Valentino Rossi di Valencia

3 Momen Tak Terlupakan dari MotoGP 2021Valentino Rossi dan Yamaha YZR-M1 (motogp.com)

Seri Valencia terasa spesial di musim 2021. Sirkuit Ricardo Tormo jadi saksi bisu pensiunnya Valentino Rossi dari dunia MotoGP, tempat yang membesarkan namanya. Setelah 26 tahun berkarier, tirai itu akhirnya harus ditutup juga oleh Rossi.

Perpisahan besar-besaran pun dilakukan di Ricardo Tormo untuk Rossi. Tagar #GrazieVale bertebaran di sirkuit, mengantarkan Rossi pensiun dalam damai. Bahkan, legenda Brasil, Ronaldo Nazario, sampai datang ke Valencia, untuk menyaksikan balapan terakhir Rossi.

Meski hanya finis di posisi 10, Rossi menunjukkan performa impresif dalam balapan terakhirnya di MotoGP. Dia mampu tampil stabil dan tidak terjatuh, kendati gagal merangsek ke papan atas. Rossi pun mendapatkan tepuk tangan meriah dari para penonton yang hadir.

Baca Juga: Mimpi Buruk Valentino Rossi yang Berakhir Indah

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya