5 Fakta Menarik Sepanjang MotoGP 2021

MotoGP 2021 hadirkan beberapa catatan unik

Jakarta, IDN Times - MotoGP 2021 tuntas terlaksana. Seri Valencia yang dihelat pada Minggu (14/11/2021) menjadi penutup dari rangkaian seri MotoGP musim 2021. Fabio Quartararo keluar sebagai juara musim ini.

Sementara, Francesco Bagnaia dan Joan Mir, finis di posisi kedua dan ketiga. Untuk posisi keempat, ada Jack Miller, ditambah Johann Zarco yang finis di posisi lima. Sementara itu, Marc Marquez finis di posisi tujuh.

Selama gelaran MotoGP 2021 ini, ada beberapa catatan menarik yang tercipta. Berikut IDN Times merangkum catatan-catatan tersebut untuk kamu.

1. Gelar pertama untuk Prancis dan Quartararo

5 Fakta Menarik Sepanjang MotoGP 2021motogp.com

Quartararo sukses merengkuh gelar juara musim ini. Gelar tersebut bahkan sudah didapatkannya sejak di seri Misano, Oktober 2021 lalu. Quartararo sukses mengungguli Bagnaia, pesaing terdekatnya, yang justru jatuh di Misano saat tengah memimpin balapan.

Bagi Quartararo, gelar ini jadi yang perdana buatnya. Tidak cuma itu, dia juga jadi pembalap asal Prancis pertama yang berhasil menjuarai gelar MotoGP. Quartararo juga membawa Yamaha kembali berjaya, setelah terakhir juara pada 2015 silam.

Baca Juga: Penyesalan Valentino Rossi Selama Berkarier di MotoGP

2. Ducati menguasai MotoGP 2021

5 Fakta Menarik Sepanjang MotoGP 2021motogp.com

Di antara pabrikan yang tampil di MotoGP 2021, Ducati jadi salah satu yang cukup mencuri perhatian. Para pembalap mereka, mulai dari tim pabrikan (Ducati Lenovo) hingga satelit (Pramac Racing), semua tampil ciamik.

Total, Ducati sukses menorehkan 357 poin selama gelaran MotoGP 2021. Torehan itu membawa mereka jadi juara pabrikan musim ini, mengungguli Yamaha dan Suzuki. Sayang, pembalap mereka gagal meraih gelar juara usai kalah saing dengan Quartararo.

3. Musim terakhir Valentino Rossi

5 Fakta Menarik Sepanjang MotoGP 2021motogp.com

Musim 2021 jadi masa yang sedih bagi Valentino Rossi. Musim tersebut jadi momen terakhir kalinya Rossi membalap di MotoGP. Awalnya, Rossi belum memutuskan akan pensiun, tetapi pikirannya berubah memasuki pertengahan musim.

Sadar sudah mulai sulit berkompetisi dengan pembalap-pembalap lain, Rossi pun akhirnya memutuskan pensiun di akhir musim 2021. Keputusan ini dia umumkan jelang MotoGP Styria, sekaligus jadi momen baginya menepati janji kepada publik yang menanti keputusannya.

4. Kebangkitan Marc Marquez

5 Fakta Menarik Sepanjang MotoGP 2021Pembalap dari Repsol Honda Marc Marquez melakukan selebrasi setelah berhasil menjuarai MotoGP Jerman 2021, di Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal, Jerman, Minggu (20/6/2021). Ini merupakan podium pertama bagi Marquez setelah kembali dari cedera patah tulang lengan kanan yang dialaminya pada musim lalu dan posisi kedua dan ketiga ditempati Miguel Oliveira (KTM) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). ANTARA FOTO/Reuters-Matthias Rietschel.

Marc Marquez awalnya tidak diperhitungkan di musim 2021. Baru mulai membalap di seri ketiga, Marquez juga sempat terseok-seok. Dia bahkan sampai gagal finis tiga kali, tepatnya di MotoGP Prancis, Italia, dan Catalunya. Namun, selepas itu, Marquez bangkit.

Dimulai dari posisi pertama di MotoGP Jerman, Marquez mulai menebar ancaman. Terakhir, dia mampu finis di posisi pertama dalam dua seri berturut-turut, yakni di MotoGP Amerika dan Misano. Sayang, dia gagal membalap di Algarve dan Valencia karena divonis terkena diplopia.

5. Perseteruan Maverick Vinales dan Yamaha

5 Fakta Menarik Sepanjang MotoGP 2021motogp.com

Perseteruan internal terjadi di gelaran MotoGP 2021. Maverick Vinales berseteru dengan Yamaha, yang berakibat keluarnya Vinales dari Yamaha, di tengah kontraknya yang masih berlaku sampai akhir musim 2021.

Tidak butuh waktu lama, Vinales langsung mendapatkan tim baru untuk sisa MotoGP 2021. Dia bergabung dengan Aprilia, dan akan jadi bagian dari Aprilia pada musim 2022 mendatang. Vinales juga merasa puas usai bergabung dengan Aprilia.

Baca Juga: [BREAKING] Ducati Kuasai MotoGP Valencia, Rossi Finis ke-10

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya