Alasan Honda, Suzuki, Yamaha Bakal Mendominasi di Sirkuit Mandalika

"Biasanya di sirkuit seperti ini, balapannya akan seru."

Jakarta, IDN Times - Pengamat otomotif Arief Kurniawan mengatakan Sirkuit Mandalika memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan sirkuit lainnya di dunia. Menurutnya, Mandalika memiliki karakter fast-flowing, sama seperti Sirkuit Assen dan Phillip Island.

"Mandalika jadi sirkuit ketiga setelah Assen dan Phillip Island yang fast flowing, mengalir. Biasanya di sirkuit seperti ini, balapannya akan seru. Beda dengan Losail kemarin, karakter sirkuitnya berbeda," ujar Arief di Mandalika GP Hub, Kuningan, Senin (7/3/2022).

1. Tantangan di Sirkuit Mandalika komplet

Alasan Honda, Suzuki, Yamaha Bakal Mendominasi di Sirkuit MandalikaWilayah di sekitar Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Aldila Muharma)

Sementara itu, mantan pembalap asal Indonesia, Ahmad Jayadi, menyebut bahwa tantangan di Mandalika ini komplet. Sirkuit ini menuntut pembalap untuk bisa high speed, menikung dengan baik, plus meliuk di U turn dengan ciamik.

"Mandalika bisa jadi tempat rutin digelarnya pramusim MotoGP. Karena jika setelan motor di Mandalika cocok, maka di sirkuit lain motor bisa apik juga," ujar Jayadi.

Baca Juga: Aprilia Satu-satunya Tim Konsesi di MotoGP 2022, Apa itu Tim Konsesi?

2. Honda, Suzuki, dan Yamaha dapat keuntungan di sini

Alasan Honda, Suzuki, Yamaha Bakal Mendominasi di Sirkuit MandalikaHari 1 pra musim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika pada Jumat (11/2/2022). (IDN Times/Aldila Muharma)

Arief memprediksi Honda, Suzuki, dan Yamaha punya keuntungan lebih di sirkuit ini. Sebab, ketiga pabrikan itu punya motor yang bisa meliuk. Sedangkan bagi Ducati dan KTM, Mandalika menghadirkan kesulitan. Namun, dia juga menyebut balapan akan tetap berlangsung terbuka.

"Prediksi saya, Honda, Suzuki, dan Yamaha akan kuat di Mandalika, sedangkan Ducati dan KTM di tidak kuat. Mandalika butuh skill meliuk-liuk, sedangkan KTM dan Ducati tidak memiliki sejarah motor yang bisa meliuk-liuk," ujar Arief.

3. Indonesia akan menggelar MotoGP pada Maret 2022

Alasan Honda, Suzuki, Yamaha Bakal Mendominasi di Sirkuit MandalikaHari 1 pra musim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika pada Jumat (11/2/2022). (IDN Times/Aldila Muharma)

Setelah sukses menggelar ajang pramusim MotoGP pada 11 sampai 13 Februari 2022 lalu, Sirkuit Mandalika harus kembali bersiap. Pada 18 sampai 20 Maret 2022 mendatang, mereka akan menggelar ajang balap MotoGP.

Tidak cuma MotoGP, balapan Moto3 dan Moto2 juga akan dihelat di Sirkuit Mandalika. Berbagai persiapan pun telah dilakukan oleh panitia penyelenggara. Terbaru, proses pengaspalan ulang lintasan tengah dilakukan di sirkuit ini.

Baca Juga: The Mandalika Sukses jadi Tuan Rumah “Mandalika Ultra Trail 100”

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya