Andrea Dovizioso Putuskan Pensiun dari MotoGP, Ini Alasannya

Dovizioso pensiun selepas San Marino

Jakarta, IDN Times - Keputusan mengejutkan diambil oleh Andrea Dovizioso. Pembalap RNF Yamaha itu memutuskan untuk pensiun dari MotoGP. Dia bahkan memutuskan pensiun sebelum musim 2022 tuntas, tepatmya setelah seri GP San Marino, September kelak.

Sejauh ini, Dovizioso sendiri baru mencetak 10 poin dari 11 balapan yang dilakoni di musim 2022. Apa sejatinya alasan yang membuat sosok asal Italia itu memutuskan berhenti dari MotoGP dalam waktu secepat ini?

Baca Juga: 10 Potret Jovi & Dovi, Kakak Adik yang Masuk YouTube Rewind Dunia

1. Dovizioso merasa MotoGP banyak berubah

Andrea Dovizioso Putuskan Pensiun dari MotoGP, Ini AlasannyaAndrea Dovizioso (motogp.com)

Dovizioso mengakui, pada awalnya dia bergabung dengan RNF Yamaha, karena dia merasa yakin dengan proyek yang tengah dikembangkan pabrikan asal Jepang itu. Akan tetapi, perlahan Dovizioso merasa MotoGP berubah drastis.

"Selama beberapa tahun terakhir, saya merasa dunia MotoGP sudah banyak berubah. Saya pun lebih banyak dapat hasil negatif, dan banyak tujuan kami yang tak tercapai," ujar Dovizioso, dilansir situs resmi MotoGP.

2. Dovizioso tidak nyaman dengan motor RNF Yamaha

Andrea Dovizioso Putuskan Pensiun dari MotoGP, Ini Alasannyapotret WithU Yamaha RNF (motogp.com)

Selain itu, Dovizioso juga mengaku dia tak pernah nyaman dengan motor RNF Yamaha. Meski banyak diskusi yang dia lakukan, terkait dengan pengembangan motor ini, rasa nyaman itu tak kunjung dia dapat.

"Saya juga tidak pernah nyaman dengan motor Yamaha ini. Saya juga tidak pernah bisa mengeluarkan potensi terbaik dari motor ini. Hasil yang kami dapat selalu negatif, dan akhirnya, saya pun memutuskan pergi," tutur Dovizioso.

Baca Juga: MotoGP Unlimited Jadi Judul Docuseries MotoGP di Amazon Prime

3. Dovizioso digantikan Cal Crutchlow

Andrea Dovizioso Putuskan Pensiun dari MotoGP, Ini AlasannyaCal Crutchlow, pembalap terakhir Inggris di kelas MotoGP. (motogp.com)

Selepas GP San Marino nanti, posisi Dovizioso akan digantikan oleh Cal Crutchlow, pembalap penguji RNF Yamaha. Dia akan jadi rekan setim Darryn Binder selama sisa kompetisi MotoGP 2022.

"Setelah diskusi yang panjang, kami akhirnya sepakat berpisah dengan Andrea Dovizioso setelah MotoGP Misano. Sekarang, mari kita nikmati sisa seri GP bersama Dovi," ujar Direktur Tim Yamaha, Lin Jarvis.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya